Kebugaran Jasmani

Yuk, Coba 6 Gerakan Peregangan Ini Sebelum Tidur Supaya Lebih Nyenyak

Sering susah tidur, bahkan tidur berasa kurang nyenyak? Jika ya, mungkin sekarang saat yang tepat bagi Kamu {untuk} coba melakukan yoga atau tai chi, yang menurut review terbaru dari Sleep Medicine Reviews bisa membantu tidur lebih cepat dan nyenyak. Akan tetapi, bila ingin yang cara lebih singkat, Kamu bisa melakukan peregangan sebelum tidur. Apa tujuannya dan bagaimana cara melakukannya? Berikut ulasannya.

Kegunaan melakukan peregangan sebelum tidur

Selayaknya gerakan olahraga, gerakan peregangan sebelum tidur akan membantu memusatkan pikiran Kamu pada gerak {{tubuh}} dan pengaturan napas. Secara tidak langsung, pikiran mengenai stres dan hal-hal tidak mengenakkan lainnya yang telah terjadi hari ini akan terlupakan.

Melakukan peregangan sebelum tidur dapat membantu meredakan otot-otot {{tubuh}} yang tegang, sekaligus menangkal kram saat tidur yang kerap membuat Kamu terbangun di malam hari.

Ragam gerakan peregangan sebelum tidur

1. Seated forward

Yuk, Coba 6 Gerakan Peregangan Ini Sebelum Tidur Supaya Lebih Nyenyak seatedforwardfold 1490110562
Sumber: Prevention

Gerakan peregangan ini akan membantu merilekskan otot kaki, paha, punggung, dan bahu.

Caranya:

  1. {{Duduk}} depan posisi kedua kaki lurus ke depan dan kedua tangan terangkat ke atas.
  2. Arahkan {{tubuh}} ke depan dengan posisi tangan masih tetap sama (lihat gambar), seolah sedang mencium lutut.
  3. Jika punggung berasa sakit, tekuk sedikit lutut Kamu atau beri penyangga di bagian bawah lutut guna memberikan tekanan.
  4. Tahan posisi ini sampai sekitar 5 menit.

2. Bear hug

Yuk, Coba 6 Gerakan Peregangan Ini Sebelum Tidur Supaya Lebih Nyenyak bear

Dengan melakukan gerakan peregangan ini sebelum tidur, bisa melemaskan otot-otot bagian punggung. Apalagi bagi Kamu yang mengeluhkan sakit di bagian bahu dan punggung akibat sering membawa beban berat atau posisi {{duduk}} yang salah.

Caranya:

  1. Berdiri tegak dengan posisi kedua tangan terbuka lebar, setelah itu tarik napas dalam.
  2. Buang napas perlahan, sembari menyilangkan kedua tangan sampai ke bagian punggung (lihat gambar).
  3. Tahan posisi tersebut selama 30 detik.
  4. Lanjutkan dengan melebarkan kedua tangan kembali, sembari menarik napas dalam.
  5. Ulangi gerakan menyilangkan tangan dan membuang napas perlahan.
  6. Lakukan hal ini secara bergantian sampai sekitar 7 kali.

3. Neck Stretches

Yuk, Coba 6 Gerakan Peregangan Ini Sebelum Tidur Supaya Lebih Nyenyak neck stret

Ingin meredakan otot-otot kepala, leher, dan bahu yang tegang? Gerakan peregangan sebelum tidur ini pas {untuk} dilakukan!

Caranya:

  1. {{Duduk}} atau berdiri dengan posisi badan tegak, setelah itu angkat tangan melingkari kepala sampai memegang telinga kiri.
  2. Masih dengan posisi yang serupa, miringkan kepala sampai hampir menyentuh bahu kanan.
  3. Tahan posisi tersebut sekitar 8 detik, lalu ulangi pada sisi yang berlawanan.
  4. Jika sudah, ganti gerakan lain dengan meletakkan dagu di dada dan tahan selama 8 detik.
  5. Kembali ke posisi semula (kepala dan badan tegak lurus), lalu ulangi gerakan sebelumnya sampai sekitar 5 kali.

4. Child’s pose

Yuk, Coba 6 Gerakan Peregangan Ini Sebelum Tidur Supaya Lebih Nyenyak child pose peregangan sebelum tidur

Selain membantu membuat {{tubuh}} lebih rileks, mengatur pernapasan, dan mengurangi stres, gerakan {{tubuh}} ini dapat membantu mengusir rasa sakit dan kekakuan pada otot punggung, bahu, dan leher.

Caranya:

  1. {{Duduk}} dengan posisi lutut menyentuh lantai, dan bokong bertumpu pada tumit,
  2. Lemaskan lutut dan kaki di lantai, lalu biarkan {{tubuh}} Kamu seperti tengkurap ke arah depan dengan posisi muka menghadap ke lantai (lihat gambar).
  3. Rentangkan tangan ke depan guna melemaskan otot-otot bahu dan tangan. Supaya lebih nyaman, Kamu bisa menggunakan bantal yang diletakkan di bawah paha maupun wajah guna memberi tenaga lebih banyak.
  4. Tarik napas dalam, setelah itu keluarkan secara perlahan.
  5. Tahan posisi ini sampai sekitar 3-5 menit.
  6. Gerakan seperti ini dapat dilakukan di antara gerakan peregangan sebelum tidur lainnya {untuk} memberikan sedikit jeda istirahat bagi {{tubuh}}.

5. Legs up the wall

Yuk, Coba 6 Gerakan Peregangan Ini Sebelum Tidur Supaya Lebih Nyenyak leggs up the wall peregangan sebelum tidur

Tujuan gerakan ini adalah supaya punggung, bahu, dan leher yang sering berasa kaku dan pegal bisa lebih nyaman saat tidur.

Caranya:

  1. Berbaring dengan posisi kedua kaki diangkat dan menempel di dinding.
  2. Tempatkan pinggul dan kaki pada dinding, setelah itu pilih seberapa jauh jaraknya dengan dinding sesuai kenyamanan.
  3. Supaya lebih nyaman, Kamu bisa menempatkan bantal di bawah pinggul.
  4. Letakkan tangan pada posisi yang nyaman, bisa berada di samping {{tubuh}} (lihat gambar).
  5. Tahan posisi ini sampai 5-8 menit.

6. Reclining bound angle pose

Yuk, Coba 6 Gerakan Peregangan Ini Sebelum Tidur Supaya Lebih Nyenyak peregangan sebelum tidur

Setelah menjalani hari yang cukup melelahkan, melakukan gerakan peregangan ini bisa membantu mengurangi ketegangan pada otot pinggul dan sekitar selangkangan. Apalagi kalau Kamu sering menghabiskan waktu {untuk} {{duduk}} seharian.

Caranya:

  1. {{Duduk}} di lantai dengan posisi kedua telapak kaki saling bertemu. Otomatis kaki akan tertekuk dan terbuka lebar.
  2. Secara perlahan, bawa {{tubuh}} ke belakang sampai punggung menempel pada lantai (lihat gambar). Bila perlu, gunakan bantal di bawah lutut supaya lebih nyaman.
  3. Letakkan tangan di posisi yang nyaman, bisa di samping badan.
  4. Tarik napas dalam, dan rasakan relaksasi dari pinggang dan paha.
  5. Tahan gerakan ini sampai 5-8 menit.
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close