fbpx
Tips Kesehatan

Tips Memilih Nebulizer yang Tepat untuk di Rumah

Bagi Kamu yang kerap bermasalah dengan sistem pernapasan, mungkin Kamu sudah akrab dengan alat bernama nebulizer. Bahkan, mungkin saja Kamu sudah memilikinya.

Advertisement

Nebulizer adalah suatu alat yang dapat mengubah obat berbentuk cair menjadi uap untuk menyembuhkan penyakit saluran pernapasan. Dengan mengubah bentuk obat menjadi uap, obat akan masuk dengan lebih efektif ke paru-paru dan menyembuhkan masalah yang Kamu miliki.

Advertisement

Meski terkadang penderita asma dapat meredakan gejalanya tanpa bantuan nebulizer, alat satu ini kehadirannya tetap dibutuhkan terutama jika Kamu memiliki anak kecil dengan asma. Penggunaan nebulizer akan memudahkan Kamu memasukkan obat untuk melegakan pernapasannya.

Menggunakan nebulizer, atau biasa dikenal dengan istilah ‘diuap’, mungkin tadinya hanya dapat dilakukan di rumah sakit yang pada akhirnya membuat Kamu kerepotan. Akan tetapi kini, nebulizer yang penggunaannya mudah sudah banyak dijual dipasaran, dan dapat digunakan di rumah. Dengan memiliki nebulizer pribadi, Kamu mungkin bisa melakukan pertolongan darurat saat Kamu atau anak Kamu mendapatkan serangan asma tanpa harus repot-repot ke rumah sakit.

Namun, bagaimana caranya memilih nebulizer yang tepat untuk di rumah?

Kenali {dulu} jenis-jenis nebulizer berikut ini

Di pasaran terdapat banyak jenis nebulizer yang dijual. Masing-masingnya mungkin memiliki perbedaan fitur. Untuk pertama kali Kamu mungkin akan kebingungan, apa perbedaan tipe yang satu dengan yang lainnya. Oleh akibat itu, mengetahui jenis-jenis nebulizer menjadi penting supaya Kamu bisa memilih sesuai dengan yang Kamu butuhkan.

Nebulizer dibedakan berdasarkan lamanya pengobatan yang dibutuhkan, ukuran partikel obat, ketahanan alat, kemudahan membawa, dan aspek lain dalam terapi. Secara {umum}, terdapat tiga jenis nebulizer yang kerap dijumpai, yaitu nebulizer kompresor, nebulizer ultrasonik, dan nebulizer mesh.

Nebulizer kompresor

Nebulizer kompresor bekerja dengan mengalirkan gas bertekanan dengan kecepatan tinggi melewati obat cair dan mengubahnya menjadi bentuk uap.

Kelebihan: Nebulizer kompresor memungkinkan Kamu mengatur kecepatan obat menjadi rendah yang pada akhirnya Kamu bisa bernapas dengan lebih mudah. Umumnya, nebulizer ini juga digunakan untuk anak-anak, akibat dapat mengubah obat menjadi berbagai ukuran partikel. Umumnya, alat ini lebih murah dibandingkan yang lain.

Kekurangan: alat ini cenderung berukuran lebih besar dibandingkan dengan yang lainnya. Lagipula, alat ini menghasilkan suara bising yang pada akhirnya terkadang menakutkan bagi sebagian anak. Obat-obatan biasanya juga lebih banyak terbuang ketika menggunakan nebulizer kompresor.

Nebulizer ultrasonik

Nebulizer ultrasonik menghasilkan getaran frekuensi tinggi yang mengubah obat cair menjadi uap.

Kelebihan: alat ini cenderung tidak menimbulkan suara berisik. Alat ini juga memiliki kemampuan menguapi yang lebih tinggi dibandingkan dengan sistem kompresor sampai 10 kalinya yang pada akhirnya pengobatan menggunakan nebulizer ultrasonik bisa berlangsung dengan lebih cepat.

Kekurangan: alat ini lebih mahal dibandingkan dengan sistem kompresor. Alat ini juga tidak mendukung pemberian obat berbentuk suspensi atau cairan yang kental. Ditambah lagi kualitas beberapa obat mungkin akan berkurang akibat tenaga ultrasonik yang cukup tinggi.

Nebulizer mesh

Nebulizer tipe ini menggunakan listrik atau gelombang ultrasonik untuk menghasilkan getaran yang menyebabkan obat cair masuk melewati membran mesh yang memiliki lubang mikroskopik yang pada akhirnya menghasilkan tetesan atau partikel yang sangat halus.

Kelebihan: Alat ini bisa difungsikan dengan baterai. Ukurannya yang mudah dan stabil memungkinkan Kamu menggunakan alat ini dalam posisi dan kondisi apa pun.

Kekurangan: akibat kecanggihan yang ditawarkan otomatis menjadikan alat ini sebagai yang paling mahal dibandingkan yang lainnya. Selain itu, diperlukan ketelitian khusus untuk membersihkan membran mesh di dalamnya.

Bagaimana cara memilih nebulizer yang tepat?

Ketika memutuskan untuk memiliki nebulizer pribadi di rumah, yang pertama kali harus Kamu perhatikan adalah mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Kamu. Nebulizer yang ideal adalah yang mampu mengantarkan obat dengan efisien dan cepat, hemat biaya, dan dapat dipakai untuk semua jenis sediaan obat serta mudah digunakan dan dibawa.

Ingatlah sesungguhnya Kamu membeli nebulizer untuk penggunaan di rumah. Artinya, ada satu aspek yang dapat Kamu abaikan, yaitu portabilitasnya. Membeli nebulizer yang berukuran lebih besar mungkin bukan masalah akibat Kamu hanya akan menggunakannya di rumah.

Konsultasikanlah dengan dokter Kamu jika memang berniat membeli alat ini. Dokter Kamu akan memberikan saran yang sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button