Fakta Unik Kesehatan

Tidak Hanya Cantik Dipandang, Ini 5 Kegunaan Tumbuhan Dandelion yang Perlu Kamu Tahu

Dandelion, atau Taraxacum spp, adalah tumbuhan yang biasanya didapati di pegunungan atau tempat-tempat di dataran tinggi lainnya. Meski tidak sepopuler bunga mawar atau melati, tapi tumbuhan yang punya bunga berwarna kuning cerah saat sudah mekar dan berwarna putih saat masih menjadi benih ini, ternyata punya beragam kegunaan baik. Apa saja, ya, kegunaan dandelion {untuk} kesehatan?

Berbagai kegunaan dandelion yang mungkin belum Kamu tahu

Berbagai bagian dari tumbuhan dandelion, meliputi akar, bunga, daun, maupun batangnya, dapat diolah menjadi obat herbal yang baik {untuk} menunjang maupun menjaga kesehatan {{tubuh}}. Tidak percaya? Simak serangkaian kegunaan dandelion berikut ini:

bunga dandelion manfaat dandelion Tidak Hanya Cantik Dipandang, Ini 5 Kegunaan Tumbuhan Dandelion yang Perlu Kamu Tahu Tidak Hanya Cantik Dipandang, Ini 5 Kegunaan Tumbuhan Dandelion yang Perlu Kamu Tahu shutterstock 415314847 700x467

1. Mengatur gula darah

Dandelion mengandung 2 senyawa bioaktif, yakni asam chicoric dan chlorogenic di seluruh bagian tanamannya, yang dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah kajia penelitian yang dimuat dalam Biochemical and Biophysical Research Communications.

Menurut hasil kajia penelitian, kedua senyawa tersebut dapat membantu meningkatkan sekresi insulin pada pankreas sekaligus melancarkan proses penyerapan glukosa dalam darah hewan coba. Ditambah lagi, kajia penelitian dari Journal of the Society for Biomedical Diabetes Research di tahun 2016, menelusuri sifat antihyperglycemic, antioksidan, dan antiradang pada dandelion yang diduga dapat membantu menyembuhkan penyakit diabetes tipe 2.

Akan tetapi tentu saja, dibutuhkan kajia penelitian lanjutan {untuk} benar-benar membuktikan keampuhan kegunaan dandelion ini pada {{tubuh}} manusia.

2. Sumber antioksidan

Seperti yang mungkin sudah Kamu tahu, antioksidan bertugas {untuk} menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit kronis. Demi memperbanyak jumlah sekaligus menunjang kerja antioksidan yang sudah terdapat pada {{tubuh}}, dandelion menyumbang banyak antioksidan berupa beta karoten guna melindungi sel-sel {{tubuh}} dari kerusakan.

Selain itu, dandelion juga dilengkapi oleh antioksidan bernama polifenol yang banyak adanya pada bunga, akar, daun, serta batangnya.

3. Meningkatkan sistem kekebalan {{tubuh}}

Dandelion dipercaya mempunyai sifat antivirus dan antibakteri yang bisa memperbaiki kemampuan {{tubuh}} dalam melawan serangan infeksi. Ya, beberapa kajia penelitian pun {{turut}} menemukan sesungguhnya ekstrak tumbuhan dandelion memang mampu mengurangi kemampuan virus {untuk} bereplikasi, alias memperbanyak jumlah dirinya.

Meski begitu, sejauh ini masih diperlukan kajia penelitian yang lebih dalam {untuk} menarik kesimpulan pasti mengenai kegunaan dandelion atau si bunga berwarna kuning cerah ini. Khususnya {untuk} melawan infeksi virus dan bakteri pada {{tubuh}} manusia.

4. Meredakan peradangan

Berbagai senyawa bioaktif, salah satunya polifenol, yang terkandung di dalam dandelion dapat membantu mengurangi peradangan akibat penyakit di dalam {{tubuh}}. Para peneliti memang baru melakukan pengujian yang terbatas pada hewan coba saja, tapi terlihat perkembangan positif pada respon peradangan {{tubuh}} yang diobati dengan tumbuhan dandelion.

Supaya hasil yang didapati lebih optimal, masih diperlukan banyak kajia penelitian {untuk} mencari tahu bagaimana perkembangannya pada {{tubuh}} manusia.

5. Sebagai bahan dasar perawatan kulit

Kegunaan dandelion tidak hanya sebatas {untuk} menunjang kesehatan {{tubuh}} saja. Dandelion dapat digunakan {untuk} menjaga kecantikan kulit, contohnya melindungi dari paparan sinar matahari, penuaan kulit, sampai jerawat.

Sebuah kajia penelitian yang diterbitkan oleh Oxidative Medicine and Cellular Longevity, menemukan sesungguhnya dandelion dapat mengurangi kerusakan sel-sel sulit yang diakibatkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV). Terlebih pada saat ekstrak daun dan bunga dandelion tersebut digunakan pada kulit tepat sebelum atau segera setelah terkena sinar matahari.

Sedangkan, ekstrak dari akar dandelion diyakini mampu mempercepat regenerasi sel-sel kulit baru sekaligus menghambat proses penuaan. Bukan itu saja, ekstrak tumbuhan dandelion tak kalah bermanfaat {untuk} meredakan peradangan pada kulit, iritasi kulit, meningkatkan hidrasi, dan memperbanyak produksi kolagen.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close