Tips Kesehatan

Tak Perlu Waktu Lama, Coba Bermeditasi 5 Menit Saja untuk Usir Stres

Kamu sedang suntuk berat akibat dirundung stres berkepanjangan akhir-akhir ini? Entah akibat tumpukan pekerjaan di kantor atau bertengkar dengan pasangan, akhirnya Kamu malah jadi tidak fokus beraktivitas. Jika cuti berlibur tidak memungkinkan untuk saat ini, Kamu tetap bisa kok mengusir stres dengan cara yang lebih cepat dan murah meriah. Yuk, jajal teknik meditasi yang satu ini! Cuma {butuh} waktu 5 menit, kok.

Teknik meditasi paling mudah dan efektif

Selain bermanfaat untuk menghilangkan stres, meditasi juga dapat menjadi cara yang mampu untuk mengembalikan fokus Kamu. Tenang. Bermeditasi tidak perlu serumit yang Kamu lihat di film-film layar kaca.

Berikut caranya yang paling mudah.

1. Cari posisi ternyaman

cara meditasi untuk meningkatkan fokus tak perlu waktu lama, coba bermeditasi 5 menit saja untuk usir stres Tak Perlu Waktu Lama, Coba Bermeditasi 5 Menit Saja untuk Usir Stres meditasi untuk fokus

Tidak perlu sampai mendaki ke puncak pegunungan nun jauh di mata untuk mulai bermeditasi. Cukup cari tempat di sekitar Kamu yang nyaman, sepi, dan minim gangguan.

Setelah itu, carilah posisi yang paling enak untuk Kamu bersantai. Boleh {duduk} menyender dengan kaki selonjoran atau {duduk} bersila dengan letakkan tangan kiri dan kanan di atas lutut. Atau cari posisi lainnya yang menyebabkan Kamu nyaman dan santai.

Pastikan juga pakaian yang Kamu gunakan saat ini berasa nyaman dan longgar, ya. Pakaian yang sempit atau posisi {duduk} yg tidak nyaman bisa mengganggu kelancaran meditasi Kamu. Yang ada, suasana hati Kamu malah jadi kacau.

Kalau takut kebablasan bersantai, pasang alarm selama 5 menit. Dengan begitu, Kamu bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk rileks sejenak dari rutinitas.

2. Rilekskan {tubuh}

duduk nyaman saat ambeien tak perlu waktu lama, coba bermeditasi 5 menit saja untuk usir stres Tak Perlu Waktu Lama, Coba Bermeditasi 5 Menit Saja untuk Usir Stres tips duduk nyaman saat ambeien 700x467

Tutup kedua mata dan kendurkan bahu Kamu supaya lebih rileks. Ambil napas dalam lewat hidung, setelah itu embuskan pelan-pelan.

Coba bayangkan di kepala Kamu. Saat Kamu menarik napas, rasakan semua energi positif masuk ke dalam {tubuh} lewat sela-sela jari Kamu. Sementara ketika menghela napas, bayangkan semua stres yang menumpuk dalam pikiran Kamu ikut terbuang.

Kamu bisa memutar musik atau menggunakan aromaterapi untuk membantu menenangkan pikiran. Akan tetapi kalau Kamu justru susah fokus dengan adanya musik atau wewangian, tidak masalah bila Kamu tak ingin menggunakannya.

3. Buang semua pikiran negatif

istirahat santai tak perlu waktu lama, coba bermeditasi 5 menit saja untuk usir stres Tak Perlu Waktu Lama, Coba Bermeditasi 5 Menit Saja untuk Usir Stres shutterstock 657473734 700x467

Sembari mengatur napas, buang jauh-jauh semua pikiran negatif di kepala Kamu. Bayangkan saat Kamu dimarahi bos di kantor, bertengkar dengan pasangan, atau kejadian lainnya yang menyebabkan Kamu suntuk. Setelah itu, segera lupakan semua masalah tersebut dan ambil sisi positifnya.

Ketika Kamu berusaha membersihkan pikiran, alam bawah sadar sedang membantu Kamu melepaskan semua energi negatif yang bersarang di kepala. Semakin besar penerimaan Kamu, maka semakin mudah pula Kamu menjernihkan pikiran dari kepenatan.

4. Fokus pada tujuan

tips semangat bekerja saat puasa tak perlu waktu lama, coba bermeditasi 5 menit saja untuk usir stres Tak Perlu Waktu Lama, Coba Bermeditasi 5 Menit Saja untuk Usir Stres shutterstock 648072208 700x467

Setelah berhasil menenangkan pikiran selama 5 menit, buka mata Kamu dan rasakan perbedaannya. Kamu dijamin akan lebih fokus dan santai menjalani aktivitas. Bahkan kalau pikiran kembali penat esok hari, Kamu akan lebih mampu mengendalikannya dengan tenang.

Supaya hasilnya lebih maksimal, ulangi teknik meditasi ini sesering mungkin dan tambah waktunya. Misalnya bila Kamu sudah berhasil melakukan teknik meditasi selama 5 menit, coba perpanjang durasinya menjadi 10 atau 20 menit.

Teknik meditasi yang dilakukan secara rutin tak hanya sekadar membantu Kamu jauh lebih rileks dan tenang, tapi juga membuat Kamu semakin kebal pada stres. Bahkan, Kamu mungkin akan tertarik untuk mencoba berbagai jenis meditasi lainnya yang lebih bermanfaat, seperti dikutip dari Psychology Today.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close