Tips Kesehatan

Tak Perlu Pakai Masker Khusus, 5 Cara Ini Bisa Atasi Tidur Ngorok (Sleep Apnea) Secara Alami

Orang yang mempunyai masalah tidur ngorok yang kronis alias sleep apnea sering disarankan {untuk} tidur pakai CPAP. Sayangnya, masker CPAP sering kali membuat tidur jadi tak nyenyak akibat Kamu tidak bisa memilih posisi tidur yang nyaman. Akan tetapi Kamu tak perlu khawatir. Kamu sebenarnar dapat mengurangi kebiasaan mendengkur dan gejala sleep apnea lainnya dengan cara yang lebih alami. Lalu, bagaimana cara menghilangkan ngorok tanpa bantuan CPAP? Baca terus review berikut ini.

Cara menghilangkan ngorok secara alami

Tak hanya sekadar tidur ngorok, penderita sleep apnea sering kali tiba-tiba terbangun saat tidur akibat berhenti bernapas. Hal ini tentu saja membuat tidur Kamu jadi tak nyaman dan jauh dari kata berkualitas.

Memang, sebuah solusi yang efektif mengatasi tidur ngorok adalah memakai alat CPAP. Akan tetapi akibat harus dipakai terus selama tidur, beberapa pasien mengeluh tidak nyaman akibat tidak bisa gonta-ganti posisi tidur.

Eits, jangan khawatir {{dulu}}. Sebenarnar, ada beberapa cara menghilangkan ngorok akibat sleep apnea yang lebih mudah dan alami, alias tanpa alat. Berikut caranya:

1. Ubah posisi tidur

mengatasi skoliosis Tak Perlu Pakai Masker Khusus, 5 Cara Ini Bisa Atasi Tidur Ngorok (Sleep Apnea) Secara Alami Tak Perlu Pakai Masker Khusus, 5 Cara Ini Bisa Atasi Tidur Ngorok (Sleep Apnea) Secara Alami posisi tidur untuk mengatasi skoliosis 700x467

Jika selama ini Kamu suka tidur telentang setiap tidur, coba ubah posisi tidur Kamu mulai malam ini. Alih-alih bikin tidur nyenyak, posisi tidur telentang justru bisa memperparah dengkuran.

Tidur telentang mengakibatkan pangkal lidah terdorong ke belakang dan menyumbat jalur udara. Akibatnya, suara dan udara bergabung menjadi getaran dan menimbulkan suara ngorok yang kencang saat tidur.

Maka itu, coba ubah posisi Kamu dengan tidur miring ke kanan atau kiri. Posisi tidur menyamping dapat membantu melonggarkan tenggorokan dan membantu aliran udara kembali normal.

2. Mengendalikan berat badan

berat badan terlalu kurus menopause Tak Perlu Pakai Masker Khusus, 5 Cara Ini Bisa Atasi Tidur Ngorok (Sleep Apnea) Secara Alami Tak Perlu Pakai Masker Khusus, 5 Cara Ini Bisa Atasi Tidur Ngorok (Sleep Apnea) Secara Alami badan terlalu kurus menopause 705x467

Dokter biasanya mengajurkan penderita sleep apnea {untuk} menurunkan berat badan. Obesitas, khususnya penumpukan lemak pada {{tubuh}} bagian atas, dapat meningkatkan risiko penyumbatan pada jalan napas dan saluran hidung.

Kondisi ini menghambat aliran udara yang masuk ke dalam {{tubuh}}. Bukan cuma itu, hal ini juga dapat membuat Kamu berhenti bernapas secara tiba-tiba dan dalam waktu yang lama saat tidur.

Akibat itulah, mengendalikan berat badan adalah sebuah cara menghilangkan ngorok yang penting {untuk} Kamu lakukan. Dengan berat badan yang normal, tekanan pada saluran pernapasan jadi berkurang, bukaannya lebih lebar, dan pada akhirnya mengurangi gejala sleep apnea.

3. Yoga

pose yoga untuk diabetes Tak Perlu Pakai Masker Khusus, 5 Cara Ini Bisa Atasi Tidur Ngorok (Sleep Apnea) Secara Alami Tak Perlu Pakai Masker Khusus, 5 Cara Ini Bisa Atasi Tidur Ngorok (Sleep Apnea) Secara Alami shutterstock 592445930 696x467

Sleep apnea terjadi pada saat jumlah oksigen yang masuk ke dalam {{tubuh}} berkurang akibat jalur pernapasan yang menyempit. {Untuk} mengatasinya, yuk, coba rutin yoga dari sekarang.

Bukan hanya menguatkan jantung, latihan pernapasan saat yoga akan membantu mendorong aliran oksigen ke dalam {{tubuh}}. Jika dilakukan secara rutin, sistem pernapasan Kamu akan jadi lebih kuat dan sehat. Kamu pun bisa bernapas dengan lega dan tak lagi terganggu dengan kebiasaan ngorok.

4. Pasang humidifier

cara membersihkan humidifier Tak Perlu Pakai Masker Khusus, 5 Cara Ini Bisa Atasi Tidur Ngorok (Sleep Apnea) Secara Alami Tak Perlu Pakai Masker Khusus, 5 Cara Ini Bisa Atasi Tidur Ngorok (Sleep Apnea) Secara Alami shutterstock 609102329 700x467

Cara menghilangkan ngorok akibat sleep apnea juga dapat menggunakan humidifier. Humidifier adalah sejenis alat yang berfungsi {untuk} menjaga kelembapan udara di dalam ruangan yang cenderung kering.

Itulah sebabnya, alat ini bermanfaat {untuk} melegakan pernapasan dan mengurangi iritasi pada saluran bronkial. Udara yang terhirup akan berasa lebih lembap dan melunakkan peradangan pada saluran pernapasan.

Supaya hasilnya lebih maksimal, tambahkan beberapa minyak esensial yang tak hanya bikin {{tubuh}} rileks, tapi juga menenangkan saluran pernapasan. Contohnya minyak lavender, peppermint, atau kayu putih. Ketiga minyak esensial ini mempunyai sifat antiradang yang bisa menangkal penyumbatan otot tenggorokan.

5. Berhenti merokok dan minum alkohol

Tak Perlu Pakai Masker Khusus, 5 Cara Ini Bisa Atasi Tidur Ngorok (Sleep Apnea) Secara Alami Tak Perlu Pakai Masker Khusus, 5 Cara Ini Bisa Atasi Tidur Ngorok (Sleep Apnea) Secara Alami 204898189 Hello Sehat 703x467

Bila Kamu terbiasa minum alkohol, maka tak heran kalau Kamu akan mengeluarkan suara dengkuran saat tidur. Minum alkohol memang dapat mengendurkan otot-otot {{tubuh}}, termasuk otot tenggorokan.

Jika otot tenggorokan terlalu rileks, hal ini akan membuat lidah terdorong ke belakang dan menyumbat pernapasan. Selain itu, kandungan alkohol dapat memicu peradangan di saluran pernapasan yang menghalangi aliran udara.

Mirip dengan alkohol, kebiasaan merokok dapat membuat saluran pernapasan membengkak. Semakin besar pembengkakannya, maka jalur napas akan semakin sempit dan memicu suara dengkuran.

Bukan cuma demi kesehatan Kamu, berhenti merokok dan minum alkohol juga menjadi cara menghilangkan ngorok yang paling efektif. Hindari juga minum obat tidur dan berbagai antihistamin yang bisa mengendurkan saluran napas.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close