Kebugaran Jasmani

Tak Masalah Harus Pulang Pergi Jauh Tiap Hari, Ini 6 Kunci Supaya Tetap Sehat

Tinggal di pinggiran kota besar adalah tantangan bagi sebagian orang ketika harus menuju ke tempat beraktivitas di pusat kota. Pekerja yang commute atau harus pulang pergi dengan jarak yang jauh antara rumah dan tempat beraktivitasnya harus rela antri, menunggu, dan berhimpitan di transportasi {umum} ataupun di jalan. Lalu bagaimana cara hidup sehat supaya lebih aktif meskipun selalu menjalani aktivitas commute ini? Tenang, Kamu bisa mengikuti tips-tips di bawah ini.

Trik tetap sehat meski menempuh perjalanan pulang-pergi yang jauh

1. Gunakan pakaian yang nyaman

pakai baju merah tak masalah harus pulang pergi jauh tiap hari, ini 6 kunci supaya tetap sehat Tak Masalah Harus Pulang Pergi Jauh Tiap Hari, Ini 6 Kunci Supaya Tetap Sehat shutterstock 558515194 752x467

Sebelum berangkat, pastikan Kamu menggunakan pakaian yang nyaman untuk bergerak aktif di jalan. Pilihlah baju dengan bahan yang nyaman, tidak terlalu pas badan, dan pastikan pakaian tersebut juga tidak mudah sekali lecek dibawa berhimpitan di transportasi {umum}. Dengan begitu pergerakan Kamu di jalan akan leluasa.

2. Utamakan jalan kaki!

manfaat jalan kaki tak masalah harus pulang pergi jauh tiap hari, ini 6 kunci supaya tetap sehat Tak Masalah Harus Pulang Pergi Jauh Tiap Hari, Ini 6 Kunci Supaya Tetap Sehat manfaat jalan kaki 623x467

Kalau dari stasiun atau halte masih bisa jalan ke tempat tujuan, kenapa harus menggunakan alat transportasi lain? Ini justru cara hidup sehat yang jangan sampai Kamu sia-siakan. Sisipkan gaya hidup sehat ini di tengah kesibukan. Jalan di pagi hari justru juga jadi cara Kamu mengumpulkan energi atau pemanasan untuk memulai aktivitas.

Bukan hanya itu, berjalan kaki rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko terjadinya diabetes bahkan sampai 40% lebih rendah dibandingkan orang yang menggunakan alat transportasi berbasis mesin seperti mobil dan motor menurut kajia penelitian di Imperial College London yang dilaporkan dalam laman American Association for the Advancement of Science.

Nah, maka itu kalau memang ada kesempatan jalan di perjalanan pulang pergi Kamu, jangan disia-siakan, ya. Jangan lupa, gunakan alas kaki yang nyaman selama berjalan supaya tidak menyiksa kaki Kamu sendiri.

3. Perhatikan lingkungan

mudik perjalanan kereta api tak masalah harus pulang pergi jauh tiap hari, ini 6 kunci supaya tetap sehat Tak Masalah Harus Pulang Pergi Jauh Tiap Hari, Ini 6 Kunci Supaya Tetap Sehat mudik perjalanan kereta api 702x467

Tahukah Kamu ketika Kamu mendengarkan dan mengamati orang di sekitar, secara tidak sadar Kamu mendapatkan gagasan atau ide-ide baru yang mungkin ini diperlukan untuk membantu pekerjaan Kamu.

Setidaknya, dengan memerhatikan lingkungan sekitar, Kamu mendapatkan informasi baru yang dibaca orang, dipakai orang, dan dikatakan orang lain.

Wawasan ini membuka cara pikir Kamu untuk selalu berkembang dan tidak hanya pusing memikirkan beban kerja yang Kamu miliki. Meskipun sepele, akan tetapi cara hidup sehat satu ini bisa buat lebih rileks sejenak setelah menemui banyak pekerjaan.

4. Berkenalan dengan orang sekitar

manusia bersosialisasi tak masalah harus pulang pergi jauh tiap hari, ini 6 kunci supaya tetap sehat Tak Masalah Harus Pulang Pergi Jauh Tiap Hari, Ini 6 Kunci Supaya Tetap Sehat interaksi sosial daya ingat 700x467

Pulang pergi jauh, jangan sampai membuat Kamu hanya tertuju pada smartphone. Melihat sesekali smartphone boleh saja, tetapi di jalan adalah waktunya untuk bersosialisasi.

Kamu bisa berangkat bersama-sama teman ke tempat tujuan dan menghabiskan waktu perjalanan dengan mengobrol untuk mengurangi stres yang Kamu hadapi. Tahukah Kamu saat Kamu terbuka dengan lingkungan sekitar, suasana hati akan lebih bahagia dan ini akan memengaruhi cara Kamu dalam berpikir. Produktivitas kerja Kamu pun bisa jadi lebih baik dengan hati yang bahagia.

5. Selalu bawa minum

kebutuhan minum air putih untuk perokok tak masalah harus pulang pergi jauh tiap hari, ini 6 kunci supaya tetap sehat Tak Masalah Harus Pulang Pergi Jauh Tiap Hari, Ini 6 Kunci Supaya Tetap Sehat minum air putih untuk perokok 700x467

Perjalanan yang panjang, {butuh} banyak transit, dan macet selalu menghantui Kamu setiap hari. Semakin banyak tekanan dan polusi yang ada di sekitar {tubuh} Kamu.

Saat situasi ini pun Kamu jadi sulit mendapatkan air minum. Maka itu, jangan lupa cara hidup sehat yang paling mendasar yakni bawa botol minum. Minum sangat penting untuk menjaga hidrasi tubuh Kamu dengan selama di perjalanan. Status hidrasi ini sangat penting supaya Kamu bisa konsentrasi dengan baik dan semakin aktif.

Akan tetapi jangan terlalu banyak minum air selama di jalan, sebab bisa membuat Kamu bolak-balik ke kamar mandi. Bawa botol dari rumah supaya lebih praktis di jalan.

Kamu hanya perlu mengisi botol minum bisa di malam hari, dan pagi hari segera berangkat ke tempat tujuan.

6. Lakukan hal yang berguna

Masalah yang telah terjadi di jalan bisa membuat orang justru semakin stres. Akan tetapi, untuk mengatasi ini lakukan hal yang dapat bermanfaat untuk Kamu selanjutnya. Misalnya, membuat to do list esok hari, membaca {buku}, dan lain sebagainya.

Perilaku yang Kamu lakukan di jalan benar-benar memengaruhi kondisi mental dan fisik Kamu sendiri. Maka itu, lakukan hal yang memang bermanfaat di sepanjang jalan.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close