Fakta Unik Kesehatan

Tak Hanya Nikmat, Ini 5 Kegunaan Teh Rosella untuk Kesehatan

Apakah Kamu pernah minum teh rosella? Teh rosella tak hanya nikmat diminum hangat-hangat. Teh yang satu ini ternyata mempunyai banyak sekali kegunaan {untuk} kesehatan yang mungkin tak pernah Kamu bayangkan sebelumnya. Berikut kegunaan teh rosella yang sayang jika dilewatkan.

Kegunaan teh rosella {untuk} kesehatan

minum teh saat hamil Tak Hanya Nikmat, Ini 5 Kegunaan Teh Rosella untuk Kesehatan Tak Hanya Nikmat, Ini 5 Kegunaan Teh Rosella untuk Kesehatan 10 things might happen body switch coffee tea muscle risk cancer DragonImages 701x467

1. Menurunkan tekanan darah

Beberapa kajia penelitian menemukan fakta sesungguhnya teh herbal yang satu ini mampu menurunkan tekanan darah. Kajia penelitian di tahun 2010 yang diterbitkan di Journal of Nutrition menemukan fakta sesungguhnya minum teh rosella membantu menurunkan tekanan darah pada orang yang berisiko hipertensi.

Dengan begitu, teh rosella bisa menjadi sebuah cara yang aman dan alami {untuk} membantu menurunkan tekanan darah. Akan tetapi, perlu diingat sesungguhnya teh herbal yang satu ini juga dapat bereaksi negatif pada obat.

Oleh sebab itu, teh ini tidak dibolehkan diminum oleh orang yang mengonsumsi obat hydrochlorothiazide, sejenis diuretik yang dipakai {untuk} menyembuhkan tekanan darah tinggi.

2. Menurunkan kadar lemak

Selain menurunkan tekanan darah, teh rosella juga dapat membantu menurunkan kadar lemak darah. Tingginya lemak darah di dalam {{tubuh}} menjadi sebuah pemicu penyakit jantung.

Dalam kajia penelitian yang dilakukan pada 60 pengidap diabetes didapati fakta sesungguhnya orang yang minum teh rosella mengalami peningkatan kadar kolesterol baik, penurunan kadar kolesterol total, kolesterol jahat, dan trigliserida.

Meski tidak semua kajia penelitian serupa mempunyai simpulan yang serupa, sebagian besarnya menunjukkan sesungguhnya rosella mampu menurunkan kadar lemak. Oleh karena itu, tak ada salahnya menyeduh teh rosella sesekali supaya {{tubuh}} terhindar dari risiko penyakit jantung.

3. Membantu melawan infeksi bakteri

Beberapa kajia penelitian membuktikan fakta sesungguhnya ekstrak rosella ternyata mampu menghambat berbagai aktivitas bakteri E. coli di dalam {{tubuh}}. Bakteri yang satu ini biasanya menjadi penyebab berbagai masalah seperti kram, kembung, dan diare.

Bahkan, kajia penelitian lain juga menunjukkan fakta sesungguhnya ekstrak rosella mampu melawan delapan jenis bakteri di dalam {{tubuh}}. Selain itu, ekstrak rosella juga mempunyai efektivitas yang serupa dengan obat yang dipakai {untuk} menyembuhkan infeksi bakteri. Namun, berbagai kajia penelitian ini dilakukan pada hewan dan masih perlu dibuktikan keampuhannya pada manusia.

4. Membantu menurunkan berat badan

Senyawa di dalam rosella ternyata bisa menurunkan berat badan yang pada akhirnya menangkal Kamu terkena obesitas. Kajia penelitian yang dilakukan pada 36 peserta dengan berat badan berlebih ini menemukan fakta sesungguhnya ekstrak rosella mampu mengurangi berat badan, lemak {{tubuh}}, indeks massa {{tubuh}}, dan rasio pinggul.

Akan tetapi, rosella mampu memberikan efek yang cukup berarti akibat menggunakan dosis yang terkonsentrasi. Oleh sebab itu, {{butuh}} kajia penelitian lebih lanjut {untuk} mengetahui apakah teh rosella memang bisa menjadi alternatif minuman alami {untuk} menurunkan berat badan.

5. Melawan radikal bebas

Teh rosella kaya akan antioksidan yang cukup kuat. Antioksidan merupakan molekul pelawan radikal bebas yang biasanya merusak sel-sel {{tubuh}} yang sehat.

Sebuah kajia penelitian yang dilakukan pada tikus contohnya, menemukan bukti sesungguhnya ekstrak rosella meningkatkan jumlah enzim antioksidan yang pada akhirnya mengurangi efek berbahaya akibat radikal bebas sampai 92 persen. Kajia penelitian lainnya yang juga dilakukan pada tikus menunjukkan bukti serupa sesungguhnya tumbuhan rosella, terutama daunnya, mempunyai sifat antioksidan yang cukup kuat.

Melihat kegunaan teh rosella yang beragam, Kamu bisa mulai mencoba rutin minum teh yang satu ini {untuk} membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan. Akan tetapi, tetap konsultasikan dengan dokter sebelum meminumnya. Apalagi jika Kamu sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close