fbpx
Tips Kesehatan
Trending

Tak Hanya Membuat Berkeringat, Ini 6 Kegunaan Sauna yang Perlu Kamu Ketahui

Sauna sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu dan sampai hari masih tetap populer. Tak hanya sekadar membuat Kamu berkeringat, berbagai kajia penelitian ternyata menemukan sesungguhnya sauna alias mandi uap menawarkan banyak kegunaan untuk kesehatan {tubuh} Kamu. Apa saja? Simak berbagai kegunaan sauna dalam artikel ini.

Advertisement

Kegunaan sauna berdasarkan kajia penelitian

Sauna adalah sebuah ruangan khusus yang dipanaskan dengan suhu tinggi di antara 70 sampai 100 derajat Celcius. Tak heran jika mandi uap dapat menaikkan suhu {tubuh} Kamu sampai mencapai 40 derajat Celsius. Suhu {tubuh} yang meningkat mengakibatkan pembuluh darah melebar, sirkulasi darah mengalir lancar, keringat keluar lebih banyak yang pada akhirnya Kamu pun menjadi lebih relaks.

Secara {umum}, sebuah jurnal tinjauan pustaka (systematic review) menyimpulkan sesungguhnya mandi dry sauna secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah (sistolik dan/atau diastolik), menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat), dapat mengurangi stres, serta mampu meningkatkan toleransi rasa nyeri.

Advertisement

Berikut adalah berbagai kegunaan sauna yang perlu Kamu ketahui:

1. Menurunkan tekanan darah

Kajia penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Human Hypertension menunjukkan sesungguhnya mandi uap selama 30 menit dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik (angka atas) dan tekanan darah diastolik (angka bawah). Tidak cumna itu, para peserta yang dilibatkan dalam kajia penelitian juga diketahui memiliki tekanan darah sistolik yang cenderung tetap rendah selama 30 menit setelah mandi uap. Hal ini terjadi akibat suhu panas yang dihasilkan ketika mandi uap dapat membantu melebarkan pembuluh darah yang pada akhirnya memperlancar sirkulasi darah.

Akan tetapi, jika Kamu ingin mendapatkan kegunaan sauna satu ini, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter diawal. Pasalnya, mandi uap tidak disarankan untuk orang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

2. Meredakan nyeri

Selain membantu menurunkan tekanan darah, sirkulasi darah yang lancar akibat mandi uap dapat meringankan rasa nyeri di {tubuh}. Hal ini mengacu pada sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Alternative and Complementary Medicine. Berdasarkan kajia penelitian tersebut diketahui sesungguhnya sauna dapat membantu meredakan nyeri dan meringankan gejala sakit kepala tegang yang kronis.

Meski dibutuhkan kajia penelitian lebih lanjut untuk memastikan kegunaan sauna satu ini, para peneliti percaya sesungguhnya mandi uap adalah sebuah cara sederhana untuk mengurangi berbagai nyeri kronis termasuk nyeri otot dan sendi.

3. Mempercepat pemulihan {tubuh} setelah olahraga

Pada sebuah kajia penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Springerplus, mandi uap dengan menggunakan teknik tradisional ataupun inframerah dapat mempercepat pemulihan {tubuh} setelah olahraga. Hal ini terjadi akibat mandi uap membantu memperbaiki jaringan otot yang mengalami cedera setelah olahraga.

Bahkan, satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Human Kinetics menemukan sesungguhnya mandi uap selama 30 menit dapat merangsang hormon pertumbuhan (HGH) pada wanita, yang berfungsi untuk memecah lemak dan membentuk otot.

4. Meredakan stres

Menurut terapis dari New York, Kathryn Smerling, Ph.D, meskipun tidak benar-benar menghilangkan stres, mandi uap bisa jadi sebuah tempat menepi untuk menenangkan diri. Suhu ruang yang hangat dan suasana tenang dapat membuat Kamu lebih relaks dan nyaman.

Satu kajia penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychosomatic Medicine bahkan menemukan sesungguhnya mandi uap dapat meningkatkan relaksasi pada pasien dengan depresi.

Hal ini sebenarnya tidak mengherankan. Pasalnya, segala hal yang menyebabkan jiwa dan pikiran Kamu lebih tenang dan damai akan memberikan efek positif pada kesehatan mental Kamu. Kathryn menambahkan sesungguhnya kegunaan sauna untuk kesehatan mungkin tidak begitu terlihat pada awalnya. Akan tetapi, seiring waktu, mandi uap dapat memengaruhi kesehatan mental Kamu secara berarti.

5. Menurunkan kolesterol

Jika setelah check up diketahui sesungguhnya kadar kolesterol Kamu tinggi, Kamu bisa mempertimbangkan mandi uap untuk membantu menurunkan kolesterol.

Satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Occupational Medicine dan Environmental Health menemukan sesungguhnya seseorang yang rutin mandi uap selama 20 hari diketahui sesungguhnya kadar kolesterol totalnya mengalami penurunan. Hal ini membuat para peneliti menyimpulkan sesungguhnya kegunaan sauna serupa dengan melakukan latihan fisik intensitas sedang.

Meski begitu, bukan berarti Kamu tak memerlukan latihan fisik secara rutin. Kamu tetap disarankan untuk aktif bergerak dan rutin melakukan latihan fisik untuk membakar lemak jahat yang menempel di {tubuh}. Selain aktif bergerak, jangan lupa perhatikan asupan makanan Kamu juga.

Risiko di balik kegunaan sauna

Meski menawarkan banyak kegunaan untuk kesehatan {tubuh}, mandi uap juga memiliki risiko yang tak boleh disepelekan. Mandi uap dapat mengakibatkan tekanan darah {turun} yang pada akhirnya orang-orang dengan tekanan darah rendah harus berkonsultasi dengan dokter diawal untuk memastikan keamanan sauna.

Selain itu, mandi uap dapat meningkatkan risiko dehidrasi akibat kehilangan cairan saat berkeringat akibat sauna. Orang dengan kondisi tertentu, seperti penyakit ginjal, mungkin berisiko lebih tinggi mengalami dehidrasi.

Sebelum sauna, perhatikan ini {dulu}

Mengingat adanya risiko di balik kegunaan yang ditawarkan, maka tak semua orang boleh mandi uap. Pada dasarnya mandi uap hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang fit dan memiliki kondisi kesehatan normal. Jika Kamu memiliki riwayat penyakit jantung kronis dan tekanan darah yg tidak terkontrol, sauna mungkin tidak aman untuk dilakukan. Silakan berkonsultasi ke dokter diawal guna memastikan keamanannya bagi Kamu.

Pastikan Kamu tidak mandi uap lebih dari 30 menit. Supaya tehindar dari dehidrasi, Kamu harus memenuhi asupan cairan dengan minum banyak air putih sebelum dan sesudah mandi uap. Apabila saat melakukan sauna tiba-tiba Kamu merasa kurang fit, segera sudahi kegiatan ini. Hindari minum alkohol sebelum atau selama sauna akibat hal tersebut dapat membuat {tubuh} Kamu panas dan dehidrasi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

ADBLOCK DETECTED