Tips Kesehatan

Tak Cuma untuk Jerawat, Ini 2 Khasiat Tea Tree Oil yang Manjur Hilangkan Ketombe

Ketombe adalah satu dari sekian banyak masalah rambut yang sering dikeluhkan banyak orang. Selain menimbulkan rasa gatal yang tak tertahankan, ketombe akan mengganggu penampilan akibat jatuhnya serpihan putih kecil dari kulit kepala. Jika ini yang Kamu alami, pernahkah coba menggunakan minyak pohon teh (tea tree oil) {untuk} menghilangkan ketombe?

Kegunaan tea tree oil {untuk} menghilangkan ketombe

apa penyebab ketombe  Tak Cuma untuk Jerawat, Ini 2 Khasiat Tea Tree Oil yang Manjur Hilangkan Ketombe apa penyebab ketombe 1 700x467

Sudah melakukan berbagai cara {untuk} menghilangkan ketombe tapi tak kunjung mendapatkan hasil yang maksimal? Saat ini, coba pakai tea tree oil yang digadang-gadang bisa mengurangi bahkan menghilangkan ketombe yang sering membuat kulit kepala gatal.

Berikut beberapa khasiatnya:

1. Meredakan gatal dan tanda ketombe lainnya

Jika biasanya tea tree oil kerap dipakai {untuk} mengatasi jerawat di wajah, kini Kamu bisa memanfaatkannya {untuk} menghilangkan ketombe yang membandel di rambut.

Sebuah kajia penelitian yang dimuat dalam Clinical Microbiology Reviews, menemukan sesungguhnya shampo dengan kandungan 5 persen tea tree oil berhasil mengurangi jumlah ketombe di rambut sebanyak 78 persen. Secara otomatis, rasa gatal, iritasi, dan kering pada kulit kepala pun berangsur-angsur mulai hilang.

2. Mengurangi pertumbuhan jamur di kulit kepala

Ada banyak hal yang dapat jadi penyebab ketombe. Mulai dari kulit kepala yang berminyak, kering, kotor, sampai terdapat pertumbuhan jamur yang disebut malassezia. Ya, malassezia adalah jamur yang sebenarnya ada di kulit kepala semua orang.

Hanya saja, pada sebagian orang jumlah jamur ini bisa sangat banyak sehingga menyebabkan munculnya ketombe. Hal ini biasanya terjadi akibat kurang menjaga kebersihan pribadi, seperti langka atau malas keramas.

Penggunaan tea tree oil maupun produk dengan kandungan bahan tersebut, terbukti efektif {untuk} mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe tersebut.

Yang harus diperhatikan saat pakai tea tree oil {untuk} ketombe

Kegunaan tea tree oil {untuk} menghilangkan ketombe bisa Kamu peroleh dengan memakai shampo yang berisikan bahan alami ini, maupun mencampurkan 5-10 tetes minyak esensial tea tree oil ke dalam botol shampo Kamu. Gunakan seperti biasa seperti shampo pada umumnya saat Kamu keramas.

Sama seperti shampo pada umumnya, segera bilas sampai bersih bila shampo tidak sengaja mengenai mata. Kadang kala, tea tree oil bisa menimbulkan alergi. Maka itu, pastikan Kamu melakukan pencobaan tempel diawal di bagian {{tubuh}} lain sebelum menggunakan tea tree oil dalam bentuk minyak esensial.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close