Kebugaran Jasmani

Sudah Rajin Olahraga, Kenapa Otot Tak Kunjung Terbentuk?

Membentuk otot memang tidak mudah, tapi ada cara {untuk} mencapainya. Sayangnya, sebagian orang yang sudah rajin olahraga masih tidak bisa mempunyai otot yang diinginkan. Banyak pria yang merasa sia-sia melakukan olahraga rutin akibat tak kunjung mendapatkan otot yang kekar dan besar. Jangan merasa seperti itu {{dulu}}, ada beberapa kesalahan yang mungkin tidak Kamu sadari selama berolahrga. Apa saja? Simak jawabannya di sini dan mulai perbaiki kesalahannya.

Kesalahan dalam olahraga yang menyebabkan gagal membentuk otot

1. Pengulangan (repetisi) yang salah

olahraga membakar kalori  Sudah Rajin Olahraga, Kenapa Otot Tak Kunjung Terbentuk? shutterstock 401212735 700x467

Jumlah pengulangan yang optimal {untuk} memaksimalkan pertumbuhan otot adalah sekitar 6-12 repetisi per set. Akan tetapi, berapa kali repetisinya bisa berbeda-beda, tergantung Kamu olahraga apa.

Biasanya {untuk} olahraga atau gerakan yang berat, repetisinya jangan terlalu banyak. Sekitar 1-5 repetisi per set mungkin sudah cukup. Sementara kalau olahraganya ringan, ambil contoh sebatas jalan kaki, repetisinya tentu harus lebih banyak supaya bisa membentuk otot, contohnya 18-20 kali.

2. Kurang karbohidrat

sumber karbohidrat  Sudah Rajin Olahraga, Kenapa Otot Tak Kunjung Terbentuk? sumber karbohidrat 626x467

Maria-Paula Carrillo, MS, RDN, seorang ahli gizi dan pangan mengatakan sesungguhnya hanya fokus pada asupan protein saja tidak akan membantu Kamu membentuk otot. Jika Kamu mengonsumsi protein berlebihan, ada kemungkinan besar Kamu tidak akan mendapat asupan karbohidrat yang cukup.

Karbohidrat penting dalam memberi energi yang lebih banyak saat Kamu olahraga dan {untuk} benar-benar membangun otot. Akan tetapi, tak cumna itu, karbohidrat juga membantu membangun kembali jaringan otot dalam waktu cepat yang merupakan bagian penting dari pertumbuhan otot.

3. Latihan yang itu-itu saja

dilarang saat olahraga  Sudah Rajin Olahraga, Kenapa Otot Tak Kunjung Terbentuk? 6 Hal yg Tidak Boleh Dilakukan Saat Anda Berolahraga 699x467

Otot Kamu perlu variasi dalam bergerak selama latihan. Jika Kamu hanya melakukan latihan dengan otot yang serupa dan cara yang serupa, pergerakan otot Kamu akan terbatas itu-itu saja.

Kamu perlu ganti program latihan Kamu setiap 6-8 ahad sekali. {Untuk} lebih menantang diri Kamu sendiri, pastikan Kamu juga melatih bagian otot yang masih lemah.

4. Terlalu sering kardio

latihan kekuatan otot atau olahraga kardio  Sudah Rajin Olahraga, Kenapa Otot Tak Kunjung Terbentuk? shutterstock 634343726 700x467

Latihan kardio yang meningkatkan detak jantung Kamu adalah komponen penting dari setiap rutinitas latihan. Akan tetapi, latihan kardio berlebihan justru akan membakar jaringan otot yang Kamu dapat dengan susah payah sebelumnya.

Jika tujuan Kamu adalah {untuk} meningkatkan ukuran dan kekuatan otot, latihan kardio seharusnya secukupnya saja. Katty Fraggos, seorang personal trainer menyarankan {untuk} melakukan latihan kardio 2 hari saja dalam seminggu, tidak perlu setiap hari. Sisanya bisa diisi dengan latihan membangun otot seperti angkat beban. Ini benar-benar bisa membantu Kamu membentuk otot dengan cepat.

5. Kurang istirahat

salah berolahraga di gym  Sudah Rajin Olahraga, Kenapa Otot Tak Kunjung Terbentuk? shutterstock 430898509 700x467

Jika Kamu tidak cukup tidur, olahraga terlalu sering, atau tidak meluangkan waktu {untuk} istirahat di sela-sela olahraga, ini justru dapat menghalangi Kamu {untuk} membentuk otot. Kurang tidur dapat meningkatkan kadar kortisol (hormon stres) di dalam {{tubuh}}. Hormon ini berdampak negatif pada pertumbuhan otot.

Coen S. Hewes, seorang personal trainer dan ahli gizi mengatakan sesungguhnya {untuk} membentuk otot, {{tubuh}} perlu memecah serat di dalam otot dan lalu akan {{tumbuh}} kembali lebih banyak atau dalam jenis serat otot yang berbeda.

Tanpa istirahat yang cukup, otot tidak punya waktu {untuk} memperbaiki kerusakan sel dan {{tumbuh}} lebih kuat. Maka, jangan lupa tetap istirahat supaya otot lebih cepat terbentuk.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close