Asmara & Intim

Setelah Putus Cinta, Perlukah Menghapus Foto Mantan dari Media Sosial?

Setelah putus dengan pacar, hampir semua orang merasa uring-uringan. Entah jadi gampang marah, sensitif, galau, atau larut dalam kesedihan sepanjang hari. Kamu mungkin terbesit {untuk} menghapus foto mantan dari media sosial supaya bisa cepat move on. Akan tetapi, apa benar harus begitu? Nah, supaya tidak galau, baca terus review berikut ini, ya!

Haruskah saya hapus foto mantan setelah putus?

putus dengan pacar Setelah Putus Cinta, Perlukah Menghapus Foto Mantan dari Media Sosial? Setelah Putus Cinta, Perlukah Menghapus Foto Mantan dari Media Sosial? shutterstock 570547621 700x467

Apakah Kamu termasuk orang yang sering berfoto-foto ria dengan pasangan dan mengunggahnya di media sosial? Hal ini sangatlah wajar. Sebab, Kamu mungkin tidak ingin melewatkan momen-momen penting yang pada akhirnya ingin mengabadikannya lewat foto.

Akan tetapi, pada saat harus putus dengan pasangan, sekarang Kamu jadi bingung dan galau tak karuan. Kamu mungkin sudah telanjur mengunggah banyak foto mantan di media sosial, lalu apakah foto-foto kenangan tersebut harus dihapus? Atau dibiarkan saja akibat toh Kamu berdua putus secara baik-baik?

Pada dasarnya, hapus foto mantan atau tidak dari media sosial itu tergantung dengan Kamu sendiri. Jika memang foto mantan bikin Kamu teringat terus dengan kenangan manis bersama si mantan, tidak ada salahnya {untuk} menghapus foto tersebut dari media sosial. Harapannya, perasaan Kamu akan jauh lebih lega setelah putus dengan pacar dan bisa cepat move on.

Dikutip dari Huffington Post, melihat foto mantan di media sosial memang bisa menggagalkan usaha Kamu {untuk} move on. Meski mungkin Kamu hanya berniat {untuk} sekadar nostalgia, cara ini justru bisa memancing memori-memori indah yang seharusnya Kamu tinggalkan.

Sebuah kajia penelitian dalam jurnal Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking tahun 2015 menyebutkan sesungguhnya semakin sering Kamu membuka foto-foto bersama mantan di media sosial, maka semakin besar pula hasrat Kamu {untuk} kembali menjalin hubungan dengannya. Alih-alih bikin cepat move on, sering melihat foto mantan justru akan membuka luka lama dan akhirnya membuat Kamu menyesal sudah putus dengan pacar.

Setelah putus dengan pacar, perhatikan ini {{dulu}} sebelum hapus fotonya

Setelah Putus Cinta, Perlukah Menghapus Foto Mantan dari Media Sosial? Setelah Putus Cinta, Perlukah Menghapus Foto Mantan dari Media Sosial? 5bb6067924000031005698f2
Sumber: Huffington Post

Meskipun menghapus foto mantan bisa bikin perasaan Kamu jauh lebih lega, Kamu mungkin masih merasa takut hal ini akan menyinggung perasaannya. Akan tetapi kembali lagi, ingatlah sesungguhnya kali ini Kamu dan sang mantan sudah tak lagi menjalin hubungan. Jadi, sah-sah saja jika Kamu ingin menghapus foto mantan di media sosial pribadi Kamu.

Toh, media sosial tersebut adalah hak milik Kamu pribadi. Jadi, Kamu bisa melakukan apa pun yang Kamu inginkan, termasuk juga mengatur foto siapa saja yang boleh dan tidak boleh ada di laman media sosial Kamu.

Supaya perasaan Kamu lebih lega setelah putus dengan pacar, sebaiknya perhatikan ini {{dulu}} sebelum memutuskan {untuk} menghapus foto mantan di media sosial.

1. Mantapkan hati

Tak perlu terburu-buru menghapus foto mantan jika hati Kamu belum siap. Pasalnya, melakukan tindakan tanpa berpikir panjang seringnya berujung pada penyesalan!

Alih-alih bikin cepat move on, Kamu justru akan menyesal telah terburu-buru menghapus foto mantan di media sosial. Lebih parahnya lagi, rasa penyesalan tersebut malah membuat Kamu terus mencari-cari foto kenangan bersama si mantan.

Setiap orang yang baru saja putus dengan pacar memiliki waktunya masing-masing {untuk} menenangkan diri. Yang terpenting, mantapkan hati Kamu diawal. Dijamin, setelahnya Kamu bisa lebih legawa {untuk} menghapus foto mantan dan membuka lembaran baru.

2. Hapus foto bukan berarti hapus pertemanan

Bila Kamu putus secara baik-baik dengan si mantan, maka Kamu tentu akan lebih mudah {untuk} menghapus fotonya dari media sosial. Pasalnya, Kamu tahu sesungguhnya menghapus foto sang mantan bukan berarti menghapus hubungan pertemanan.

Ya, walaupun sudah tidak ada lagi fotonya di laman media sosial Kamu, bagaimanapun juga mantan Kamu akan tetap menjadi teman baik Kamu. Akan tetapi setidaknya, menghapus foto Kamu berdua di masa lalu bisa membantu menjaga perasaan dan privasi satu sama lain.

3. Hargai pasangan Kamu yang baru

Katie M. Waber, seorang peneliti dalam jurnal Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking tahun 2014, menyebutkan sesungguhnya seluruh konten di media sosial, entah itu foto, komentar, atau video, dapat membuat Kamu semakin sulit menghapus bayangan mantan dalam hidup Kamu.

Hal ini tentu dapat membahayakan hubungan Kamu bersama pasangan yang baru. Terdapat foto mantan di media sosial bisa menimbulkan persepsi sesungguhnya Kamu susah move on, padahal sekarang sudah ada pacar baru.

Maka itu, menghapus foto mantan bisa menjadi sebuah cara Kamu menghargai kehadiran pasangan Kamu kali ini. Biarkan masa lalu tetap menjadi masa lalu dan mulailah dengan lembaran baru mulai dari sekarang.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close