Nurtisi Kita

Selain Enak, Ini 4 Kegunaan Kacang Polong Bagi Kesehatan Tubuh

Dari beragam jenis kacang-kacangan yang ada, apa saja kacang favorit Kamu? Meski berukuran kecil, tapi semua jenis kacang umumnya menyimpan sejumlah nutrisi penting {untuk} menunjang kesehatan {{tubuh}}. Salah satunya kacang polong yang biasanya tersedia dalam kemasan curah beku (frozen peas) atau sudah dikemas dalam kaleng. Supaya lebih paham mengenai kacang polong, simak review berikut ini, yuk!

Apa saja nutrisi dalam kacang polong?

kacang polong Selain Enak, Ini 4 Kegunaan Kacang Polong Bagi Kesehatan Tubuh Selain Enak, Ini 4 Kegunaan Kacang Polong Bagi Kesehatan Tubuh are green peas paleo 1
Sumber: Eat Drink Paleo

Kacang polong adalah satu dari sekian banyak jenis kacang-kacangan dengan bentuk fisik bulat, berukuran kecil, dan berwarna hijau khas yang tampak segar.

Uniknya, kacang ini kerap digolongkan ke dalam kelompok sayur-sayuran akibat sering diolah bersama dengan berbagai sayuran lainnya. Padahal nyatanya jenis kacang yang satu termasuk dalam keluarga legum, yakni tumbuhan yang menghasilkan biji di dalamnya. Selain kacang polong, beberapa tumbuhan lain seperti lentil dan buncis juga masuk ke dalam golongan legum.

Setiap butir kacang yang mempunyai nama latin Pisum sativum L ini mengandung segudang nutrisi yang baik {untuk} {{tubuh}}. Secangkir kacang polong dengan berat 160 gram (gr) mengandung sekitar:

  • Kalori: 125 kalori
  • Protein: 8,2 gr
  • Serat: 8,8 gr
  • Protein: 5,6 gr
  • Mangan: 22 persen kebutuhan harian
  • Vitamin K: 48 persen kebutuhan harian
  • Vitamin B1 (tiamin): 30 persen kebutuhan harian
  • Vitamin B9 (folat): 24 persen kebutuhan harian

Sama halnya seperti jenis kacang yang lainnya, kacang polong juga merupakan sumber serat dan protein yang baik {untuk} memenuhi kebutuhan harian {{tubuh}}. Bukan hanya sampai di situ, kacang ini juga menyimpan banyak antioksidan yang bisa membantu {{tubuh}} {untuk} menangkal serangan radikal bebas.

Demi mendapatkan sejumlah nutrisi baik dari kacang ini, Kamu bisa membelinya di pasaran dengan bentuk yang masih {{utuh}} atau sudah diolah menjadi suatu produk. Jika sudah melewati proses pengolahan, biasanya kacang ini akan dikemas dalam produk kalengan atau dibekukan.

Mengutip dari laman Healthline, sebenarnya tersedia beberapa varietas atau macam kacang polong. Mulai dari yang berwarna kuning (yellow peas), hitam (black-eyed peas), dan ungu (purple peas).

Apa saja kegunaan kacang polong?

Berbagai kajia penelitian telah mencoba membuktikan kegunaan baik dari jenis kacang yang satu ini {untuk} kesehatan, seperti:

1. Membantu menjaga gula darah

kadar insulin rendah Selain Enak, Ini 4 Kegunaan Kacang Polong Bagi Kesehatan Tubuh Selain Enak, Ini 4 Kegunaan Kacang Polong Bagi Kesehatan Tubuh kadar insulin rendah 737x467

Sebuah kajia penelitian di tahun 2011 yang dimuat dalam British Journal of Nutrition, menguji sekelompok orang dengan berat badan berlebih dan mempunyai kadar kolesterol yang tinggi. Hasilnya menunjukkan sesungguhnya makan 50 gram olahan tepung atau kacang polong {{utuh}} per hari selama 28 hari, ternyata dapat membantu mengurangi resistensi insulin.

Bahkan menurut penelitian lainnya di tahun 2012 dalam jurnal serupa, menemukan sesungguhnya kacang polong merupakan sebuah makanan dengan indeks glikemik rendah. Indeks glikemik adalah nilai yang menyatakan seberapa cepat makanan sumber karbohidrat dapat memengaruhi kadar gula darah di dalam {{tubuh}}.

Setiap makanan punya nilai indeks glikemik yang berbeda-beda. Semakin kecil nilai indeks glikemik suatu makanan, tentu lonjakan kadar gula yang naik usai makan makanan tersebut akan lebih lambat. Begitu pula sebaliknya.

Atau, kacang polong termasuk jenis kacang yang baik dikonsumsi oleh pengidap diabetes, akibat tidak akan membuat gula darah melesat naik.

2. Menurunkan risiko penyakit ginjal akibat hipertensi

gejala awal sakit ginjal Selain Enak, Ini 4 Kegunaan Kacang Polong Bagi Kesehatan Tubuh Selain Enak, Ini 4 Kegunaan Kacang Polong Bagi Kesehatan Tubuh gejala awal sakit ginjal 700x467

Makanan yang kaya serat terbukti baik {untuk} menjaga tekanan darah tetap stabil, sekaligus menangkal masalah atau peradangan pada jantung. Hal ini {{turut}} dibuktikan oleh Dr. Rotimi Aluko, seorang ahli pangan di University of Manitoba, Canada. Aluko menjelaskan sesungguhnya tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan faktor risiko utama bagi orang yang punya penyakit ginjal kronis.

Tak langka, orang dengan penyakit ginjal yang sudah masuk tahap akhir sampai harus rutin melakukan cuci darah maupun transplantasi ginjal akibat keparahan penyakitnya. Berawal dari sinilah, Dr. Rotimi menemukan sesungguhnya protein dari kacang polong berpotensi menangkal timbulnya kerusakan ginjal pada orang yang mempunyai hipertensi.

Alih-alih makan kacang dalam bentuk {{utuh}}, kajia penelitian yang masih terbatas dilakukan pada hewan coba ini mencoba mengekstrak protein kacang polong yang diolah menjadi bentuk pil dan {{bubuk}}.

3. Menyehatkan sistem pencernaan

enzim pencernaan Selain Enak, Ini 4 Kegunaan Kacang Polong Bagi Kesehatan Tubuh Selain Enak, Ini 4 Kegunaan Kacang Polong Bagi Kesehatan Tubuh enzim pencernaan 802x423

Kajia penelitian membuktikan sesungguhnya jenis kacang yang satu ini ternyata bermanfaat {untuk} melancarkan kerja sistem pencernaan. Bagi orang yang sedang mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit, kacang polong bisa menjadi sebuah pilihan makanan yang tepat.

Pasalnya, kandungan serat yang terdapat pada kacang ini akan membantu mempermudah pergerakan usus dalam menyerap makanan. Hasil tersebut {{turut}} didukung oleh kajia penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Dietetic Association, yang mengatakan sesungguhnya makan kacang polong bisa mengatasi sembelit dan melancarkan buang air besar.

Secara langsung, tentu akan mengurangi frekuensi konsumsi obat pencahar yang biasanya dipakai {untuk} menyembuhkan sembelit.

4. Kaya antioksidan

makanan tinggi antioksidan Selain Enak, Ini 4 Kegunaan Kacang Polong Bagi Kesehatan Tubuh Selain Enak, Ini 4 Kegunaan Kacang Polong Bagi Kesehatan Tubuh shutterstock 787946341 700x467

Kacang polong termasuk sebuah sumber nutrisi alami yang menyumbang banyak antioksidan. {{Tubuh}} manusia sebenarnya dapat memproduksi antioksidannya sendiri. Akan tetapi, asupan antioksidan dari luar juga dibutuhkan {{tubuh}} {untuk} mencukupi persediaannya, yang pada akhirnya semakin kuat dalam menangkal serangan radikal bebas.

Radikal bebas tidak boleh disepelekan akibat bisa meningkatkan risiko penyakit kanker, Alzheimer, Parkinson, atelosklerosis, dan lain sebagainya. Tak perlu khawatir, akibat rutin makan kacang polong maupun olahannya akan menyumbang berbagai antioksidan {untuk} {{tubuh}}.

Ambil contoh, seperti senyawa polifenol, lutein, dan fenolik, yang akan membantu melindungi {{tubuh}} pada serangan penyakit. Bahkan, senyawa lutein tersebut diyakini dapat menjaga, mengoptimalkan fungsi penglihatan, sekaligus menghindari penyakit katarak dan degenerasi makula.

Bagaimana cara makan kacang polong?

Selain Enak, Ini 4 Kegunaan Kacang Polong Bagi Kesehatan Tubuh Selain Enak, Ini 4 Kegunaan Kacang Polong Bagi Kesehatan Tubuh snow peas pine nuts mint horiz a2 1800
Sumber: Simply Recipes

Kacang polong bisa dengan mudah dicampur bersama sayuran dan lauk pauk lainnya. Kamu bahkan bisa menambahkannya ke dalam sajian salad favorit {untuk} menambah asupan nutrisi. Menariknya lagi, sekarang kacang polong sudah banyak diolah sebagai susu, yang pada akhirnya bisa dijadikan alternatif pengganti susu sapi.

Jadi, jangan ragu {untuk} lebih berkreasi dengan olahan kacang polong. Entah dimasukkan {{utuh}} ke dalam masakan, dihaluskan {untuk} menambah warna, atau dicampurkan ke dalam makanan saat masih berbentuk masih {{utuh}} setelah direbus sampai lunak.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close