Tips Kesehatan

Sekali-kali Coba Meditasi Sambil Berendam Air Hangat, Dijamin Stres Berkurang

Apa yang biasanya Kamu lakukan {untuk} menghilangkan stres? Beberapa dari Kamu mungkin akan menjawab menonton film favorit atau mengunjungi tempat rekreasi. Akan tetapi, pernahkah Kamu mencoba melepas stres dengan meditasi? Mungkin sesekali Kamu bisa mencoba meditasi yang agak sedikit berbeda dan unik, yaitu meditasi sembari berendam air hangat di bak mandi. Penasaran ingin tahu bagaimana cara mengurangi stres dengan cara menarik ini? Simak terus review berikut ini, ya.

Kenapa harus bermeditasi dengan berendam air hangat?

krisis identitas Sekali-kali Coba Meditasi Sambil Berendam Air Hangat, Dijamin Stres Berkurang Sekali-kali Coba Meditasi Sambil Berendam Air Hangat, Dijamin Stres Berkurang krisis identitas 700x467

Sudah sejak lama meditasi dikenal sebagai sebuah cara mengurangi stres sekaligus meningkatkan kedamaian batin. Meditasi tidak melulu harus dilakukan dengan {{duduk}} menyepi di alam terbuka, kok. Nyatanya, meditasi dengan merendamkan {{tubuh}} di bak mandi yang berisi air hangat pun bisa membantu melepaskan stres yang mengganggu pikiran Kamu.

Bagaimana bisa? Menurut Dr. Bobby Buka, seorang dokter kulit di New York, sesungguhnya {{tubuh}} akan melepaskan sejumlah hormon endorfin saat berendam air hangat. Hormon endorfin adalah penghilang rasa sakit alami dari dalam {{tubuh}}, atau dikenal juga sebagai hormon bahagia.

Itulah mengapa berendam air hangat di bak mandi dapat menjadi terapi meditasi yang baik akibat meningkatkan aliran darah ke kulit. Bukan hanya itu, efek suhu hangat yang mengenai {{tubuh}} akan melancarkan pernapasan akibat memperbaiki kapasitas paru-paru {untuk} menghirup oksigen.

Ditambahkan oleh Dr. Mark Khorsandi, D.O, seorang ahli bedah di Texas, Amerika Serikat, sesungguhnya stres yang melanda bisa membuat otot-otot di seluruh {{tubuh}} berkontraksi. Di sinilah peran meditasi di dalam bak mandi yang berisi air hangat, bisa membantu menurunkan tekanan darah, menenangkan sistem saraf yang tegang, sampai menjaga otot-otot {{tubuh}} tidak kaku guna menghilangkan rasa sakit.

Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih optimal, Kamu bisa melakukan meditasi di bak mandi dengan tambahan dukungan suara musik. Teknik ini akan membantu {{tubuh}} dan pikiran lebih rileks, yang pada akhirnya berkontribusi positif dalam kualitas tidur dan kesehatan {{tubuh}} seutuhnya.

Bagaimana cara mengurangi stres dengan meditasi di bak mandi?

berendam air panas Sekali-kali Coba Meditasi Sambil Berendam Air Hangat, Dijamin Stres Berkurang Sekali-kali Coba Meditasi Sambil Berendam Air Hangat, Dijamin Stres Berkurang berendam air panas 699x467 1

Tertarik {untuk} mencoba kegunaan meditasi di dalam bak mandi? Berikut cara mengurangi stres yang dapat dilakukan sembari berendam di air hangat:

1. Luangkan waktu sebentar

Waktu yang dibutuhkan {untuk} meditasi di bak mandi dengan sekadar mandi seperti biasa tentu akan berbeda. Meditasi di bak mandi membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan mandi saja.

Jadi, sisihkan sedikit waktu tergantung selama apa Kamu berencana {untuk} bermeditasi. Pastikan Kamu tidak mendapat gangguan dari pekerjaan, telepon masuk, atau panggilan dari orang di rumah {untuk} sementara waktu.

2. Pakai aromaterapi

Supaya sensasi dari meditasi berasa lebih optimal, teteskan minyak aromaterapi ke dalam bak mandi yang telah diisi penuh dengan air hangat. Kamu bisa pakai minyak aromaterapi lavender, peppermint, atau yang lainnya sesuai selera.

Pasalnya, aromaterapi bisa membantu menenangkan {{tubuh}}, menghilangkan stres, membuat tidur lebih nyenyak, dan segudang manfaat aromaterapi lainnya.

3. Nikmati proses perendaman dan rasakan sensasinya

Setelah mulai berendam dalam air hangat, fokus pada sensasi yang {{tubuh}} Kamu rasakan. Biarkan pernapasan menjadi lebih lambat dan lebih dalam dari biasanya, dengan sembari melepaskan seluruh stres dan rasa tidak nyaman. Usahakan supaya pikiran Kamu tetap tenang, dan perhatian Kamu terfokus dengan meditasi yang sedang dijalani.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close