fbpx
Fakta Unik Kesehatan

Sedang Buntu Tak Ada Ide dan Kreativitas? Setel Lagu Favorit Kamu!

Manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan dan pikiran sudah tidak diragukan lagi. Nah, sebuah kajia penelitian menemukan sesungguhnya mendengarkan musik yang menyenangkan bisa meningkatkan kreativitas. Ini tentunya sangat berguna ketika Kamu sedang stuck tanpa ide atau merasa bosan. Sebenarnar apa hubungan musik dengan kreativitas? Cek di sini, yuk!

Advertisement

Bisakah musik yang bahagia meningkatkan kreativitas?

mendengarkan musik sambil belajar sedang buntu tak ada ide dan kreativitas? setel lagu favorit anda! Sedang Buntu Tak Ada Ide dan Kreativitas? Setel Lagu Favorit Kamu! Apakah Benar Musik Dapat Mempertajam Daya Ingat Ini Kata Peneliti 690x467

Advertisement

Hampir semua orang mungkin senang mendengarkan musik, meskipun jenisnya beda-beda. Ada orang yang mungkin lebih suka musik yang pelan dan sendu, ada juga yang mungkin lebih suka mendengarkan musik bahagia. Semua itu memang tergantung selera masing-masing.

Akan tetapi, kajia penelitian baru menyebutkan kegunaan lain dari mendengarkan musik yang bahagia yaitu dapat membuat Kamu lebih kreatif.

Dua tim kajia penelitian dari Radboud University di Nijmegen, Belanda dan dari University of Technology Sydney di Australia mengamati cara sederhana dalam meningkatkan kreativitas yaitu dengan mendengarkan musik. Hasil kajia penelitian ini lalu diterbitkan dalam jurnal Plos One.

Dalam kajia penelitian tersebut dilaporkan sesungguhnya mendengarkan musik yang bahagia dapat meningkatkan kreativitas dan Kamu jadi lebih banyak menghasilkan solusi dan ide yang inovatif dibandingkan dengan orang yang mendengarkan musik lembut.

Kajia penelitian ini juga menguji beberapa jenis musik lainnya yaitu musik sedih, cemas, dan tenang. Akan tetapi, efeknya tidak terlihat. Tampaknya, jenis musik juga penting.

Meskipun alasannya belum jelas, peneliti melaporkan sesungguhnya musik yang bahagia dapat membantu para peserta kajia penelitian jadi lebih fleksibel dalam berpikir. Ini membantu mereka untuk mempertimbangkan ide-ide yang mungkin tak terpikirkan oleh mereka jika menyelesaikan tugas dalam keadaan sepi.

Kajia penelitian ini terinspirasi oleh musik Mozart yaitu keyakinan sesungguhnya mendengarkan musik klasik lebih meningkatkan kreativitas daripada tidak mendengarkan musik apa pun.

Kajia penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner pada 155 orang yang dibagi menjadi beberapa kelompok. Responden diminta untuk melakukan beberapa jenis musik yaitu musik tenang (gairah rendah), bahagia (gairah tinggi), sedih (gairah rendah), cemas (gairah tinggi), serta tanpa musik.

Hasilnya menunjukkan sesungguhnya musik bahagia adalah musik yang optimal untuk meningkatkan kreativitas peserta kajia penelitian.

Haruskah dengarkan musik bahagia untuk meningkatkan kreativitas?

selera musik psikopati sedang buntu tak ada ide dan kreativitas? setel lagu favorit anda! Sedang Buntu Tak Ada Ide dan Kreativitas? Setel Lagu Favorit Kamu! mendengarkan musik psikopat 700x467

Dikutip dari Huffington Post, hampir semua jenis musik bisa meningkatkan kreativitas seseorang. Akan tetapi, efek ini bisa didapatkan jika dibandingkan dengan tidak sama sekali mendengarkan musik.

Selain itu, secara khusus mendengarkan jenis musik yang Kamu suka seperti musik klasik, pop, rap, dan jazz dapat membantu kinerja Kamu lebih baik, bahkan jika itu hanya sementara.

Peneliti menyebutkan sesungguhnya kunci supaya dapat meningkatkan kreativitas adalah Kamu harus menikmati musiknya. Jika Kamu tidak menyukai musik yang Kamu dengar, Kamu tidak akan mendapat inspirasi atau kreativitas apa-apa saat melakukan sesuatu. Sementara jika Kamu memang suka dengan musiknya, Kamu akan menemukan kreativitas yang lebih baik.

Jadi, sebenarnya tidak harus mendengarkan musik bahagia, kok. Kalau Kamu lebih senang mendengarkan musik yang mellow atau justru rocktak jadi masalah.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

ADBLOCK DETECTED