Kebugaran Jasmani

Psstt.. Minum Susu Cokelat Setelah Olahraga Ternyata Bisa Membuat Tubuh Jadi Bugar, Lho!

Wajar saja kalau Kamu merasa pegal-pegal dan badan sakit setelah olahraga. Selama olahraga, otot-otot di sekujur {{tubuh}} Kamu dipacu {untuk} terus berkontraksi dan membakar banyak kalori dalam {{tubuh}}. Kalau sudah begitu, Kamu tentu harus selalu sedia air putih atau minuman isotonik {untuk} mengembalikan energi yang hilang setelah olahraga. Selain dua jenis minuman tadi, Kamu sebenarnar juga boleh minum susu cokelat. Memang, apa saja kegunaan minum susu cokelat bagi {{tubuh}}, khususnya setelah olahraga? Simak ulasannya berikut ini.

Kegunaan minum susu cokelat setelah olahraga

smoothies cokelat alpukat pisang  Psstt.. Minum Susu Cokelat Setelah Olahraga Ternyata Bisa Membuat Tubuh Jadi Bugar, Lho! smoothies cokelat alpukat pisang 662x467

Hampir semua orang suka minum susu cokelat, terlebih bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Akan tetapi, ini bukan berarti susu coklat hanya cocok diminum {untuk} anak-anak.

Justru, bagi Kamu yang suka berolahraga juga dianjurkan {untuk} minum susu cokelat setelah olahraga. Pasalnya, susu cokelat ternyata dapat mempercepat pemulihan {{tubuh}} setelah olahraga.

Temuan ini berawal dari sebuah studi yang dimuat dalam European Journal of Clinical Nutrition tahun 2018. Para peneliti mencoba melihat dampak minum susu cokelat pada denyut jantung, tingkat kelelahan, kadar laktat serum, dan kreatin kinase serum. Semua hal tersebut merupakan indikator yang menentukan seberapa cepat energi seseorang pulih setelah olahraga.

Dibandingkan dengan minuman olahraga lainnya, susu cokelat ternyata diketahui lebih cepat mengembalikan tenaga yang terkuras saat olahraga. Bahkan, temuan ini juga diperkuat melewati studi terpisah yang dimuat dalam Journal of Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism tahun 2009 silam.

Dalam studi tersebut, para atlet yang minum susu cokelat sehabis olahraga dapat mempertahankan lebih banyak cairan dalam {{tubuh}}. Jumlah cairan tubuhnya bahkan 2 kali lebih stabil dibandingkan para atlet yg tidak minum susu cokelat.

Kenapa bisa begitu?

olahraga membakar kalori  Psstt.. Minum Susu Cokelat Setelah Olahraga Ternyata Bisa Membuat Tubuh Jadi Bugar, Lho! shutterstock 401212735 700x467

Kate Patton, MEd, RD, CSSD, LD, selaku ahli gizi dari Cleveland Clinic, menyebutkan sesungguhnya susu cokelat mengandung 3-4 gram karbohidrat, 1 gram protein, dan asam amino esensial. Asam amino esensial adalah jenis asam amino yg tidak bisa dibuat sendiri oleh {{tubuh}} yang pada akhirnya harus diperoleh dari makanan. Salah satunya lewat susu cokelat.

Nah, kombinasi zat gizi inilah yang bisa memulihkan kelelahan otot yang {{umum}} terjadi setelah olahraga. Bahkan, susu cokelat juga menyebut-nyebut sebagai minuman terbaik {untuk} menjaga ketahanan para atlet selama masa pelatihan.

Jika ditelisik lebih dalam, para peneliti juga menemukan sesungguhnya proses sintesis protein yang telah terjadi dalam otot cenderung lebih cepat setelah atlet minum susu cokelat. Ini artinya, jaringan otot yang rusak selama olahraga segera digantikan dengan jaringan baru yang lebih sehat akibat pengaruh susu cokelat.

Selain itu, susu cokelat bebas lemak dapat meningkatkan jumlah glikogen dalam {{tubuh}}. Glikogen adalah hasil pemecahan karbohidrat menjadi energi yang dipakai {untuk} bahan bakar selama olahraga. Hal ini menandakan sesungguhnya kegunaan susu cokelat sudah tidak diragukan lagi {untuk} mengembalikan energi {{tubuh}} yang hilang setelah olahraga.

Harus seberapa banyak susu cokelat yang dianjurkan?

cokelat untuk sarapan  Psstt.. Minum Susu Cokelat Setelah Olahraga Ternyata Bisa Membuat Tubuh Jadi Bugar, Lho! shutterstock 381465697 700x467

Sebenarnar, tidak ada patokan khusus mengenai seberapa banyak susu cokelat yang harus Kamu minum setelah olahraga. Sekitar 1-2 gelas susu cokelat dirasa cukup {untuk} mengembalikan energi Kamu setelah olahraga.

Supaya takarannya lebih pasti dan terukur, jangan ragu {untuk} menanyakannya dengan ahli gizi kepercayaan Kamu. Ahli gizi akan merekomendasikan seberapa banyak porsi susu cokelat {untuk} Kamu berdasarkan jenis olahraga, intensitas olahraga, dan kebutuhan gizi Kamu.

Kegunaan minum susu cokelat memang bisa membuat {{tubuh}} kita kembali lebih sehat dan berenergi setelah olahraga. Namun, ada baiknya tetap penuhi kebutuhan cairan Kamu dengan minum banyak air putih.

Sebab bagaimanapun, cairan {{tubuh}} yang hilang setelah olahraga hanya bisa digantikan dengan minum air putih. Sembari Kamu minum air putih {untuk} mencegah dehidrasi, seimbangkan dengan minum susu cokelat {untuk} mempercepat pemulihan setelah olahraga.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close