Kebugaran Jasmani

Psst, Sudah Tahu Belum Apa Itu Olahraga Aerobik dan Manfaatnya Sehatnya?

Istilah aerobik pasti tak asing lagi di telinga Kamu. Biasanya, istilah ini paling sering disebut senam aerobik. Akan tetapi, apakah Kamu tahu apa sebenarnya olahraga aerobik? {Untuk} lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Apa itu olahraga aerobik?

Aerobik Psst, Sudah Tahu Belum Apa Itu Olahraga Aerobik dan Manfaatnya Sehatnya? Psst, Sudah Tahu Belum Apa Itu Olahraga Aerobik dan Manfaatnya Sehatnya? Aerobik 700x467 1

Aerobik adalah jenis olahraga yang merangsang denyut jantung dan laju pernapasan supaya meningkat dengan cepat selama sesi olahraga. Aerobik dikenal sebagai kardio, yaitu olahraga yang membutuhkan oksigen {untuk} dikirim ke bagian otot yang bekerja.

Oksigen yang dimaksud berasal dan dipasok dari jantung melewati darah. Oleh akibat itu, baik pernapasan maupun detak jantung biasanya akan meningkat dengan cepat selama aktivitas aerobik.

Ingat, Kamu harus membedakannya dengan latihan anaerob. Anaerob adalah latihan tanpa pasokan oksigen sampai membuat Kamu mudah kehabisan napas dan membuat ledakan energi yang cepat dalam satu waktu. Latihan ini dilakukan dengan durasi yang pendek tapi dengan intensitas yang tinggi. Latihan aerobik pun bisa menjadi anaerob jika intensitas latihan yang Kamu lakukan terlalu berat.

Berlari dengan sangat cepat dan mengangkat beban yang berat menjadi contoh latihan anaerob. Adapun berbagai kegiatan yang masuk dalam latihan aerobik yaitu senam lantai, jalan cepat, berenang, berlari, bersepeda, zumba, kick boxing, dan lompat tali.

Kegunaan olahraga aerobik

fungsi otot jantung Psst, Sudah Tahu Belum Apa Itu Olahraga Aerobik dan Manfaatnya Sehatnya? Psst, Sudah Tahu Belum Apa Itu Olahraga Aerobik dan Manfaatnya Sehatnya? shutterstock 366960422 700x467

Latihan yang satu ini berfungsi {untuk} menjaga kesehatan jantung, paru-paru, dan sistem peredarahan darah. Berbagai kegunaan lainnya dari aerobik yaitu:

1. Menangkal dan membantu menyembuhkan kanker

Beberapa kajia penelitian menyebutkan sesungguhnya orang yang aktif biasanya mempunyai risiko lebih rendah terkena kanker dibandingkan dengan mereka yg tidak aktif.  Selain itu, dilansir dari MedicineNet, sebuah kajia penelitian menemukan bukti sesungguhnya pasien kanker wanita yang melakukan latihan aerobik merasakan kelelahan yang jauh lebih berkurang dari biasanya.

2. Mengurangi depresi

Olahraga secara teratur terbukti mampu meningkatkan suasana hati seseorang. Oleh akibat itu, banyak kajia penelitian yang  menyebutkan sesungguhnya olahraga bisa membantu mengurangi depresi.

3. Mengendalikan berat badan

Sama seperti olahraga lainnya, aerobik membantu mengendalikan berat badan dengan membakar kalori berlebih di dalam {{tubuh}}. Dengan begitu, tak hanya bugar tetapi Kamu juga dapat mempertahankan berat badan supaya tetap ideal.

Baiknya seberapa sering olahraga aerobik?

The American Heart Association merekomendasikan Kamu {untuk} melakukan olahraga yang satu ini selama 30 menit sehari, 5 kali seminggu. Akan tetapi, Kamu tidak harus langsung melakukan latihan ini sekaligus selama 30 menit. Berjalan cepat 10 menit dan diulang sebanyak 3 kali dalam sehari juga sudah memenuhi aturan yang dianjurkan.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close