Fakta Unik Kesehatan

Perut Bayi Bunyi Terus-terusan, Apakah Ini Tanda Si Kecil Cacingan?

Pernah dengar bunyi sesuatu yang muncul dari perut si kecil? Mungkin, saat mendengarnya Kamu akan langsung khawatir. Biasanya, orangtua menduga sesungguhnya ini pertanda sesungguhnya si kecil sedang kelaparan, yang pada akhirnya perutnya keroncongan. Akan tetapi, ada pula yang mengira sesungguhnya perut bayi bunyi adalah sebuah gejala cacingan pada bayi. Apa benar begitu? Yuk, pelajari faktanya berikut ini.

Perut bayi bunyi itu hal yang normal

penyebab perut bayi bunyi  Perut Bayi Bunyi Terus-terusan, Apakah Ini Tanda Si Kecil Cacingan? shutterstock 247174609 700x467

Ada yang menganggap sesungguhnya perut bunyi itu pertanda kelaparan, tapi ada juga yang menganggap ini gejala cacingan. Begitu juga pada bayi dan anak-anak. Akan tetapi, bagaimana fakta sebenarnya?

Dikutip dari Livestrong, suara gemuruh yang Kamu dengar dari perut bayi sebenarnar adalah hal yang normal. Bahkan, ini menandakan sesungguhnya sistem pencernaannya bekerja dengan baik.

Suara-suara ini berasal dari pergerakan usus si kecil yang sedang memproses makanan. Terlebih, bentuk usus manusia mirip seperti terowongan panjang berongga, yang pada akhirnya pada saat dilewati makanan, maka akan tercipta suara-suara tertentu.

Begitu juga ketika bayi lapar, maka usus bayi yang kosong dipenuhi oleh udara. Pada saat usus berkontraksi, maka udara-udara tadi akan terdorong dan menimbulkan bunyi-bunyi tertentu.

Sedangkan, ciri-ciri cacingan sama sekali tidak berhubungan dengan perut bayi bunyi. Biasanya, cacingan pada bayi ditandai dengan:

  • Makan banyak, tapi tidak gemuk-gemuk
  • Sakit perut
  • Mual
  • Adanya telur cacing atau cacing yang keluar saat buang air besar

Jadi, perut bayi bunyi bukanlah tanda cacingan pada bayi, ya!

Yang harus diwaspadai saat perut bayi bunyi terus-terusan

perut bayi buncit  Perut Bayi Bunyi Terus-terusan, Apakah Ini Tanda Si Kecil Cacingan? Apakah Perut Buncit pada Bayi Termasuk Normal 700x467

Mulai sekarang, Kamu tidak perlu cemas lagi pada saat mendengar perut bayi bunyi, apalagi kalau si kecil baru saja selesai makan. Selama si kecil BAB secara teratur, tidak muntah, dan pola makannya tetap normal, maka sebenarnar tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Meski biasanya normal terjadi, ada beberapa hal yang harus Kamu waspadai pada saat perut bayi terus-menerus bunyi. Jika Kamu mendengar suara gemuruh dari perut bayi yang berlebihan, ini menandakan sesungguhnya pergerakan usus pada bayi mengalami peningkatan.

Kondisi ini biasanya terjadi pada saat si kecil mengalami alergi makanan, stres, atau peradangan usus. Terlebih bila disertai dengan diare atau muntah, maka sudah saatnya {untuk} membawa si kecil ke dokter anak terdekat.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close