Gigi & Mulut

Perih Saat Kumur Pakai Mouthwash, Apakah Artinya Kandungannya Ampuh?

Mouthwash alias obat kumur bermanfaat untuk membantu membersihkan rongga {mulut}. Sayangnya, beberapa orang enggan pakai mouthwash akibat sensasi perih atau terbakar di {mulut}. Padahal ada juga yang bilang bahwa munculnya rasa perih berarti kandungan antiseptik dan antibakterinya sedang bekerja melawan kuman dan plak. Apa benar begitu, ya? Ayo kita luruskan faktanya.

Apa kegunaan obat kumur?

Menurut drg. Sri Angky Soekanto, Ph.D., PBO, Ketua Kolegium Dokter Gigi Indonesia (KDGI), obat kumur mempunyai fungsi mencegah pembentukan plak di gusi dan gigi dan mengurangi kuman berbahaya di rongga {mulut}. Tumpukan plak dan kuman-kuman di rongga {mulut} bisa meningkatkan risiko penyakit gusi.  

Berbeda dengan sikat gigi, obat kumur bisa menjangkau daerah-daerah yang tidak bisa dibersihkan dengan tuntas saat menyikat gigi.

Lebih jauh, drg. Sri Angky yang juga menjabat sebagai dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia juga menjelaskan bahwa dengan {mulut} yang bersih dan bebas plak, Anda pun akan terhindar dari bau {mulut} tak sedap.

Itulah mengapa Anda disarankan untuk berkumur dengan mouthwash dua kali sehari untuk melengkapi ritual sikat gigi Anda.

Perih saat kumur dengan mouthwash, artinya ampuh?

Banyak yang percaya bahwa pada saat obat kumur terasa perih di {mulut}, itu artinya kandungan antiseptik atau antibakterinya sedang bekerja melawan kuman dan bakteri jahat. Maka, semakin perih justru obat kumurnya semakin ampuh.

Lalu apa kata dokter gigi soal hal ini? Menurut penjelasan drg. Sri Angky kepada tim Hello Sehat hari Jumat (9/11), perih itu belum tentu artinya obat kumur tersebut sedang ampuh bekerja.

“Perih atau tidak itu hanya kami profesional (dokter gigi) yang bisa menentukan apa sebabnya,” papar drg. Sri Angky. Beliau melanjutkan, “Kondisi setiap orang itu kan berbeda-beda. Lagipula kandungan mouthwash itu juga sangat beragam.” Jadi sesuai hemat drg. Sri Angky, tidak betul bila kita meyakini bahwa semakin perih berarti obat kumurnya semakin ampuh basmi kuman.

Jika Anda merasa tidak nyaman akibat perih dan panas, sebaiknya segera hentikan pemakaian dan konsultasikan ke dokter.

Kenapa kumur dengan mouthwash terasa perih?

Sebetulnya yang membuat obat kumur terasa perih adalah kandungan alkoholnya. Memang tidak semua obat kumur mengandung alkohol. Kandungan alkohol dalam setiap produk juga berbeda-beda. Maka itu, ada beberapa produk yang bikin {mulut} perih, ada yang tidak.

Hati-hati kalau mouthwash Anda terasa terlalu perih. Pasalnya, obat kumur tersebut mungkin tidak cocok buat Anda. Dilansir dari Everyday Health, apabila kandungan alkoholnya terlalu tinggi, sariawan Anda bisa bertambah parah. Selain itu, kandungan alkohol yang sangat tinggi berisiko menimbulkan efek samping yaitu {mulut} kering.

Maka itu, pilih obat kumur yang paling cocok bagi Anda, jangan memaksakan diri menggunakan produk yang terlalu perih. Kalau berkumur dengan air putih saja tetap terasa perih, segera periksakan ke dokter gigi. Bisa jadi Anda mengalami gusi berdarah yang merupakan gejala penyakit gusi.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close