Nurtisi Kita

Penyebab Malnutirisi (Kurang Gizi) Pada Lansia Sekaligus Cara Mencegahnya

Lansia sangat rentan mengalami malnutrisi atau kekurangan gizi. Oleh akibat itu, makan makanan sehat menjadi hal yang sangat penting seiring dengan bertambahnya usia. Saat lansia mengalami malnutrisi, kondisi kesehatannya akan menurun dan rentan terserang penyakit. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa menurunkan kualitas hidupnya. Oleh karena itu, yuk cegah malnutrisi pada lansia dengan cara berikut ini.

Mengapa lansia rentan mengalami kekurangan gizi?

penyebab lansia susah makan penyebab malnutirisi (kurang gizi) pada lansia sekaligus cara mencegahnya Penyebab Malnutirisi (Kurang Gizi) Pada Lansia Sekaligus Cara Mencegahnya shutterstock 498325966 700x467

Penuaan membuat {{tubuh}} mengalami berbagai perubahan dari mulai kehilangan otot, kulit yang lebih tipis, sampai lebih sedikit asam lambung. Dilansir dari kajia penelitian yang diterbitkan dalam Scandinavian Journal of Gastroenterology, hal ini biasanya disebabkan oleh penyakit gastritis atopik.

Saat seseorang mempunyai penyakit ini maka asam lambung yang dihasilkan akan terus menurun. Kondisi ini membuat penyerapan nutrisi tertentu seperti vitamin B12, kalsium, zat besi, dan magnesium pun akan menurun. Padahal, semakin tua Kamu semakin {{butuh}} banyak zat gizi supaya {{tubuh}} tetap bisa melaksanakan fungsinya dengan baik.

Akan tetapi, meski zat gizi yang dibutuhkan semakin banyak, lansia mempunyai kebutuhan kalori yang lebih rendah dari orang yang lebih muda. Hal ini tak langka menjadi sebuah penyebab mengapa lansia mengalami malnutrisi. Pasalnya, ia {{butuh}} nutrisi yang serupa banyaknya tapi di sisi lain harus makan lebih sedikit kalori.

Selain itu, masalah lainnya yang mengakibatkan malnutrisi pada lainnya yaitu berkurangnya kemampuan tubuhnya {untuk} mengenali rasa lapar dan haus. Akibatnya, lansia sering kali mengalami penurunan berat badan yang tak disengaja akibat hal ini.

Masalah nafsu makan yang terus menurun akibat indera perasa dan penciuman yang semakin sensitif mencium bau makanan juga menjadi sebuah penyebabnya. Tidak cumna itu, berbagai gangguan kondisi yang dialami seperti disfagia (susah menelan) juga membuat lansia menjadi tak mempunyai nafsu {untuk} makan.

Cara menangkal malnutrisi pada lansia

pola makan lansia penyebab malnutirisi (kurang gizi) pada lansia sekaligus cara mencegahnya Penyebab Malnutirisi (Kurang Gizi) Pada Lansia Sekaligus Cara Mencegahnya pola makan lansia 802x451

Berikut berbagai cara menangkal malnutrisi pada lansia yang dapat Kamu lakukan, yaitu:

Berikan makan makanan bergizi tinggi

Sebagai orang yang mengurus lansia, Kamu wajib memberikan makan makanan bergizi tinggi. Coba tanyakan pada orang tua Kamu kira-kira olahan masakan apa yang ingin dimakannya. Hal ini dilakukan sebagai usaha supaya nafsu makannya meningkat. Usahakan {untuk} memberikan makanan dengan gizi seimbang tanpa melebihi kalori yang dibutuhkan.

Kamu bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah atau roti tawar biasanya dengan roti gandum. Jangan lupa selalu sediakan sayur dan buah dalam setiap menu makannya. Supaya nafsu makannya tetap terjaga, Kamu juga perlu kreatif dalam mengolah makanan supaya orang tua tak lekas bosan.

Berikan suplemen

Suplemen membantu menyediakan nutrisi tambahan yg tidak ditemukan dari makanan. Selain itu, suplemen juga membantu mencukupi kebutuhan zat gizi tanpa melebihi batas kalori yang seharusnya. Namun, usahakan {untuk} berkonsultasi diawal ke dokter mengenai suplemen yang cocok.

Memberikan camilan sehat di antara waktu makan

Supaya tak terjadi malnutrisi pada lansia, coba cegah dengan memberikan camilan sehat di antara waktu makannya. Buah, jus, dan berbagai makanan sehat lainnya bisa menjadi alternatif camilan sehat yang dapat Kamu berikan. Kamu juga dapat menanyakan kira-kira camilan seperti apa yang ingin dimakannya supaya sesuai selera.

Ajak berolahraga

Olahraga tak hanya menyehatkan badan tetapi juga membantu merangsang nafsu makan orang terkasih Kamu. Pasalnya, olahraga meskipun ringan akan membakar kalori {{tubuh}} dan merangsang rasa lapar. Jalan kaki menjadi sebuah olahraga santai yang dapat dilakukan bersama-sama dengan orang tua Kamu.

Rencanakan Kegiatan Sosial

Jadikan waktu makan dan berolahraga menjadi kegiatan sosial. Dorong orang tua Kamu bertemu tetangga atau teman {untuk} makan siang. Dengan bersosialisasi mungkin orang tua Kamu akan lebih bersemangat saat menyantap makanan.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close