DownloadEbookTUGAS AKHIR

PENGARUH KANDUNGAN LUMPUR PADA AGREGAT HALUS TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT TARIK BELAH BETON NORMAL

Beton merupakan bahan bangunan yang telah umum digunakan untuk membuat rumah, jalan, jembatan,bendung dan lain-lain, hampir semua pekerjaan bangunan menggunakan beton. Pada saat ini Beton banyak digunakan pada pekerjaan struktur karena memiliki kelebihan diantaranya adalah bahan-bahan pembentuknya mudah diperoleh, mudah dibentuk, mampu memikul beban yang berat,tahan terhadap temperatur yang tinggi, tahan aus dan bakar, biaya pemelihaaan murah.

Metode penelitian ini dilakukan di Laboratorium Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dalam penelitian ini membahas pengaruh variasi kandungan lumpur pada agregat terhadap kuat tekan dan kuat tarik beton.

THANKS TO

HARIS SEPTIANTO
NIM. D 100 150 049

Beton terbentuk dari campuran agregat halus, agregat kasar, semen, air. Kualitas beton yang bagus yaitu beton yang mempunyai kuat tekan yang tinggi mampu menahan beban yang berat. Namun untuk mendapatkan kualitas beton yang bagus dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya kualitas dari bahan dasar pembuatan beton, maupun cara pelaksanaan membuat campuaran beton. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kandungan lumpur pada agregat halus terhadap kuat tekan dan kuat tarik belah beton normal pada umur 28 hari dengan variasi kandungan lumpur pada agregat halus 0%, 2,5%, 5%, 7,5%, 10%, sedangkan kandungan lumpur pada agregat kasar 0,4 %. Benda uji yang digunakan berbentuk silinder dengan ukuran diameter 15 cm tinggi 30 cm, mutu beton yang direncanakan 20 MPa. Hasil penelitian pengujian kuat tekan pada umur 28 hari kuat tekan rata-rata beton dengan kandungan lumpur 0% = 31,52 MPa, 2,5% = 29,93 MPa, 5% = 27,52 MPa, 7,5 % = 25,48 MPa, 10% = 22,19 MPa. Sedangkan kuat belah tarik rata-rata beton dengan kandungan lumpur 0% = 11,07 MPa, 2,5 % = 9,75 MPa, 5% = 8,30 MPa, 7,5% = 7,17 MPa , 10 % = 5,45 MPa.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan lumpur mempangaruhi kuat tekan dan kuat tarik belah beton, semakin sedikit kandungan lumpur pada beton makan kuat tekan dan kuat tarik belahnya lebih tinggi dibandingkan beton yang kandungan lumpurnya banyak. Jadi untuk mendapatkan kualitas beton yang bagus kuat tekan tinggi, maka bahan dasar sebaiknya memenuhi syarat sesuai standar yang ditetapkan salah satunnya prosentase kandungan lumpur menurut SK SNI S-04-1989-F kandungan lumpur yang melekat pada agregat halus maksimal 5%, agregat kasar maksimal 1%.

FileAction
PENGARUH KANDUNGAN LUMPUR PADA AGREGAT HALUS TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT TARIK BELAH BETON NORMAL.pdf Download 
  • 52 Download
  • 0 File Size
  • June 18, 2019 Create Date
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close