Kebugaran Jasmani

Panduan Melakukan Squat Jump yang Baik dan Benar

Squat jump adalah sebuah latihan fisik yang terdiri atas dua gerakan, yaitu jongkok dan melompat. Biasanya latihan ini dilakukan sebagai bagian dari gerakan pemanasan. Jika dilakukan secara teratur dan tepat, squat jump memberikan banyak kegunaan untuk kesehatan {tubuh}. Sebuah kegunaan squat jump yang sudah terbukti adalah membantu mengencangkan otot paha dan bokong Kamu.

Pelajari kegunaan dan panduan aman melakukan olahraga squat jump di bawah ini.

Squat jump adalah olahraga yang menumpu pada kekuatan kaki

Squat jump adalah olahraga pliometrik. Sederhananya, latihan pliometrik adalah jenis olahraga yang mengharuskan Kamu melompat atau bergerak aktif. Olahraga ini bisa dilakukan sebagai latihan tunggal atau dikombinasikan dengan gerakan lain. Selain itu, olahraga satu ini bisa dilakukan dengan atau tanpa alat bantu, contohnya melompat ke atas kotak atau boks, lompat tali, squatting sambil memegang bola, dan sebagainya.

Mengingat squat jump didominasi oleh gerakan melompat yang berulang, maka {tubuh} Kamu akan banyak bertumpu pada kekuatan kaki. Nah, hal inilah yang menyebabkan gerakan ini bermanfaat untuk meningkatkan refleks peregangan pada kaki Kamu.

Setiap kali mendarat setelah melompat, otot-otot paha Kamu akan meregang dan lalu berkontraksi lagi untuk lompatan berikutnya. Akibatnya, lompatan yang kedua dan seterusnya akan jauh lebih tinggi dan lebih kuat.

Berbagai kegunaan squat jump

Latihan ini menawarkan banyak kegunaan untuk kesehatan {tubuh}. Biasanya, para atlet memanfaatkan squat jump untuk latihan kelincahan dan kekuatan, terutama di bagian kaki dan persendian.

Kegunaan squat jump yang lain adalah membantu memperbaiki postur tubuh yang buruk. Jika Kamu pekerja kantoran yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk {duduk} di depan layar komputer, olahraga satu ini bisa Kamu coba.

Semakin sering melakukan latihan ini, maka {tubuh} Kamu akan semakin terbiasa untuk bergerak lincah. Dengan begitu, Kamu dapat menjadi lebih lihai dan mudah beradaptasi saat melakukan jenis olahraga lainnya, entah itu olahraga kardio, latihan kekuatan, atau bahkan aktivitas sehari-hari.

Cara melakukan squat jump

squat jump panduan melakukan squat jump yang baik dan benar Panduan Melakukan Squat Jump yang Baik dan Benar squat jump

Berikut adalah beberapa cara melakukan squat jump yang baik dan benar:

1. Pemanasan diawal

Pemanasan biasanya dilakukan sebelum olahraga dan berfungsi menyiapkan {tubuh} ketika akan melakukan aktivitas fisik. Sesuai dengan namanya, pemanasan bertujuan meningkatkan suhu {tubuh} sebelum berolahraga yang pada akhirnya {tubuh} akan mulai beradaptasi dengan peningkatan intensitas gerakan fisik yang akan dilakukan.

Ada banyak sebab untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga. Pada dasarnya, pemanasan dilakukan untuk dua tujuan utama. Pertama adalah menangkal menangkal cedera, sementara tujuan kedua adalah meningkatkan performa ketika berolahraga.

2. Cari tempat yang aman

Sebelum melakukan latihan ini, pastikan perlengkapan olahraga Kamu sudah tepat. Hal ini bisa dimulai dari pemakaian sepatu olahraga yang nyaman. Sepatu olahraga yang nyaman dapat membantu mengurangi risiko cedera saat olahraga.

Selain itu, lakukan latihan ini pada sebuah tempat yang aman. Untuk pemula, disarankan untuk tidak melakukan olahraga ini di karpet, rumput, lantai beton, atau aspal. Sepatu yang Kamu gunakan bisa selip dan mengakibatkan cedera pada pergelangan kaki atau lutut. Carilah permukaan yang aman, yang pada akhirnya ketika melakukan pendaratan, Kamu pun akan merasa lebih nyaman. Kamu bisa berlatih di atas lantai kayu, potongan kayu lapis, atau matras khusus yang dibikin untuk berolahraga.

3. Lakukan dengan cara yang benar

Squat jump adalah sebuah latihan yang terbilang aman untuk segala usia dan jenis kelamin. Akan tetapi, hal ini berlaku jika Kamu melakukan dengan teknik yang benar dan aman. Jika Kamu bingung bagaimana cara melakukan squat jump yang benar dan aman, berikut panduannya:

  • Berdiri dengan kaki dibuka lebar
  • Kedua tangan diletakkan di belakang kepala dengan siku menghadap luar
  • Tekuk lutut sampai paha sejajar dengan lantai
  • Angkat {tubuh} dan loncat setinggi yang Kamu bisa dengan mendorong ujung kaki ke lantai
  • Mendaratlah secara perlahan dengan posisi jongkok
  • Lakukan berulang secara bertahap sesuai dengan kemampuan Kamu

Supaya kegunaan squat jump dapat dirasakan secara optimal, pastikan Kamu mampu melakukan gerakan squat dengan benar. Jika teknik squat sudah benar, barulah Kamu bisa mengombinasikan dengan gerakan jump, alias melompat.

Saat melompat, perhatikan bagian kaki Kamu saat mendarat. Hindari mengentakkan kaki dengan keras saat menyentuh tanah. Usahakan jari-jari kaki Kamu yang menyentuh tanah diawal secara hati-hati, setelah itu langsung diikuti dengan tumit.

Hal penting lainnya yang harus Kamu ketahui adalah jangan memaksakan diri Kamu untuk melakukan olahraga ini ketika {tubuh} Kamu memang tidak mampu. Kebanyakan kasus cedera saat olahraga disebabkan akibat seseorang tidak melakukan teknik yang benar dan terlalu memaksakan diri di luar batas kemampuannya.

4. Tutup sesi latihan dengan peregangan

Stretching alias peregangan berguna untuk mengembalikan fleksibilitas otot setelah {tubuh} melakukan kegiatan berulang. Bisa dibilang, peregangan dilakukan sebagai upaya pendinginan akibat dapat membantu otot menjadi lebih relaks setelah berkontraksi terlalu lama saat Kamu berolahraga.

5. Jangan berlebihan

Ketika menemukan olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan dan dirasa memberikan kegunaan yang sangat efektif, ada kecenderungan untuk melakukannya lebih sering. Akan tetapi hati-hati, melakukan gerakan squat jump secara berlebihan juga tidak baik untuk sendi dan tulang Kamu. Idealnya, lakukan olahraga ini dilakukan tidak lebih dari dua kali dalam seminggu.

Tak semua orang boleh melakukan squat jump

obesitas panduan melakukan squat jump yang baik dan benar Panduan Melakukan Squat Jump yang Baik dan Benar shutterstock 789774898

Kegunaan squat jump untuk kesehatan {tubuh} memang tak perlu diragukan lagi. Akan tetapi sayangnya, tak semua orang boleh melakukan olahraga satu ini. Beberapa kondisi yg tidak disarankan untuk melakukan olahraga satu ini adalah memiliki riwayat penyakit sendi dan tulang, obesitas, diabetes, dan gangguan saraf.

Jika Kamu sebuah orang yang memiliki beberapa kondisi tersebut, sebaiknya konsultasi ke dokter diawal sebelum melakukan olahraga squat jump. Hal ini dilakukan untuk menghindari cedera atau bahkan memperburuk kondisi Kamu.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close