fbpx
Tips Kesehatan

Muncul Lekukan Pada Kuku? Bisa Jadi Akibat Psoriasis Kuku

Selayaknya anggota {{tubuh}} lainnya, kuku perlu dirawat dan dijaga kesehatannya. Munculnya perubahan pada {{kuku}} bisa menjadi petunjuk ada yg tidak beres dengan {{tubuh}} Kamu. Apalagi jika permukaan {{kuku}} tiba-tiba berlekuk atau berlubang, entah masih terbilang dangkal atau bahkan sudah cukup dalam. Lalu, apa penyebab {{kuku}} berlekuk ini dan bisakah diobati?

Advertisement

Apa penyebab munculnya lekukan pada {{kuku}}?

Kondisi lekukan pada {{kuku}} salah satunya terjadi akibat terdapat psoriasis kuku. Hal ini dibuktikan oleh sebuah kajia penelitian dari Indian Journal of Dermatology di tahun 2013. Hasilnya menemukan sesungguhnya sekitar 34 persen orang yang mengalami psoriasis ringan juga mempunyai kondisi {{kuku}} berlekuk.

Advertisement

Psoriasis {{kuku}} biasanya akan muncul pada saat Kamu mengalami psoriasis kulit sebelumnya. Kulit yang terserang psoriasis ditandai dengan timbulnya peradangan, kemerahan, sampai kulit yang bersisik.

Tingkat keparahan psoriasis kulit pada setiap orang bisa berbeda-beda, termasuk dengan psoriasis pada {{kuku}}. Mulai dari muncul luka atau lekukan kecil yang hampir tidak terlihat, sampai bisa berkembang semakin membesar sampai merusak {{kuku}}.

Tidak hanya akibat psoriasis {{kuku}} saja, kondisi {{kuku}} berlekuk dapat disebabkan oleh:

  • Gangguan , contohnya atau arthritis reaktif, serta osteoarthritis.
  • Penyakit autoimun, contohnya , , dan .
  • Terdapat kelainan sistem saraf pusat (incontinentia pigmenti), yang berpengaruh pada rambut, kulit, {{kuku}}, gigi, serta sistem saraf pusat.
  • Dermatitis atopik dan dermatitis kontak.
muncul lekukan pada kuku? bisa jadi akibat psoriasis kuku Muncul Lekukan Pada Kuku? Bisa Jadi Akibat Psoriasis Kuku PMC3481813 IDOJ 2 57 g004
Sumber: Openi

Apa gejala yang muncul pada saat {{kuku}} berlekuk?

Tanda paling kentara pada saat {{kuku}} berlekuk yakni munculnya lubang kecil pada permukaan {{kuku}} tangan ataupun kaki. Bentuk dan struktur lekukan biasanya tidak menentu, bisa cukup dangkal, dalam, bahkan sampai menimbulkan banyak lekukan yang pada akhirnya permukaan {{kuku}} tampak tidak teratur.

Cermati beberapa tanda khas yang muncul pada saat {{kuku}} berlekuk yaitu:

  • Perubahan pada bentuk {{kuku}}
  • Penebalan {{kuku}}
  • Perubahan pada warna {{kuku}}
  • Muncul lekukan atau lubang berukuran kecil maupun besar

Kondisi {{kuku}} yang berlekuk ini bisa terjadi akibat berbagai hal. Jika disebabkan oleh psoriasis {{kuku}} yang sudah tergolong parah, maka {{kuku}} bisa sampai hancur dan rusak.

Tak langka, psoriasis {{kuku}} bisa mengakibatkan {{kuku}} Kamu terlepas atau copot yang pada akhirnya membuat kulit di bagian bawahnya terinfeksi.

Bagaimana cara mengatasi kondisi ini?

Sebenarnya kondisi permukaan {{kuku}} berlekuk atau berlubang tidak harus selalu diobati selama masih tergolong ringan. Akan tetapi, jangan tunda {untuk} mengobatinya bila ternyata lekukan pada {{kuku}} semakin dalam, parah, sampai menimbulkan rasa tidak nyaman.

{{Kuku}} yang berlekuk memang cukup sulit {untuk} diobati, tapi Kamu bisa mencoba memulihkannya dengan mengoleskan obat steroid topikal, asam salisilat, calcipotriol, atau tazarotene, pada permukaan {{kuku}} yang bermasalah. Penting {untuk} diingat sesungguhnya proses penyembuhan dan regenerasi {{kuku}} membutuhkan waktu yg tidak sebentar.

Maka itu, diperlukan kesabaran ekstra sampai kondisi {{kuku}} kembali normal. Konsultasikan dengan dokter terkait perawatan yang terbaik {untuk} kondisi Kamu. Dokter biasanya akan menyarankan satu dari beberapa pilihan pengobatan {{kuku}} berlekuk, seperti:

  • Pengobatan anti jamur, diperlukan pada saat lekukan pada {{kuku}} juga disebabkan oleh terdapat infeksi jamur.
  • Suntikan kortikosteorid ke dalam {{kuku}}. Perawatan yang satu ini dinilai dapat memberikan hasil yang cukup efektif terutama pada saat digunakan bersamaan dengan obat steroid topikal.
  • Pembedahan dengan mencabut atau mengangkat {{kuku}} yang rusak. Tujuannya supaya jaringan {{kuku}} baru bisa {{tumbuh}} kembali.

Usahakan {untuk} selalu menjaga dan merawat seluruh {{kuku}} tangan dan kaki, baik yang sedang bermasalah maupun yg tidak. Sampaikan pada dokter terkait keluhan apa pun yang Kamu rasakan. Sebab terkadang, terdapat perubahan pada {{kuku}} membutuhkan perawatan yang berbeda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

ADBLOCK DETECTED