Nurtisi Kita

Minuman Berenergi vs Minuman Olahraga: Mana yang Ada baiknya Dipilih?

Pernah dengar mengenai minuman berenergi dan minuman olahraga sebelumnya? Hanya akibat sama-sama bisa memberikan energi dengan cepat, banyak orang mengira ini adalah dua jenis minuman ini yang serupa. Padahal nyatanya, kedua minuman ini jelas sangat berbeda. Apa saja bedanya dan mana yang lebih baik di antara minuman energi dan minuman olahraga?

Perbedaan minuman berenergi dan minuman olahraga

Beda tujuan konsumsinya

Sesuai dengan namanya, minuman berenergi adalah jenis minuman yang memang ditujukan {untuk} meningkatkan energi, stamina konsentrasi, serta daya tahan {{tubuh}}. Minuman energi biasanya diandalkan pada saat Kamu {{butuh}} ‘isi ulang’ energi dengan cepat akibat tuntutan kerja atau aktivitas lainnya.

Sementara minuman olahraga adalah jenis minuman yang cocok {untuk} diminum sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Ini akibat minuman olahraga dipercaya mampu menggantikan cairan dan elektrolit {{tubuh}} yang hilang secara cepat selama melakukan olahraga maupun aktivitas berat lainnya.

Beda kandungannya

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, minuman energi bisa membuat {{tubuh}} lebih bersemangat dan berstamina dalam waktu yang singkat. Itu sebabnya, minuman ini mengandung kafein sebagai sumber energi utamanya.

Selain itu, minuman berenergi juga dilengkapi dengan gula, vitamin B, ekstrak herbal seperti ginseng, taurin, dan L-karnitin. Bahan-bahan tersebut tentu tidak didapati di dalam  minuman olahraga.

Karbohidrat, elektrolit, mineral, gula, serta beberapa vitamin {{turut}} mendukung tugas utama minuman olahraga. Berbagai jenis mineral yang ada dalam minuman olahraga yakni kalium, kalsium, magnesium, serta klorida. Bahkan, ada beberapa minuman olahraga yang {{turut}} dilengkapi dengan vitamin C serta vitamin E.

Beda dampaknya

Kafein adalah sebuah kandungan yang berbahaya dalam minuman berenergi, dikutip dari laman Very Well Family. Bukan tanpa sebab, minuman berenergi mempunyai kafein dan gula dalam jumlah tinggi yang memang ditujukan {untuk} menunjang fungsi dari minuman itu sendiri, yakni sebagai pemberi energi dan stamina bagi {{tubuh}}.

Sayangnya, terlalu sering minum minuman berenergi dapat berujung pada gangguan konsentrasi, ketidakseimbangan nutrisi, sampai merusak organ-organ dalam {{tubuh}}. Banyak kajia penelitian menemukan sesungguhnya kandungan kafein dan gula yang cukup tinggi dalam minuman ini bisa menimbulkan peningkatan kadar gula darah, tekanan darah tinggi, serta peningkatan detak jantung.

Lambat laun, ke semua hal tersebut berakibat buruk bagi kesehatan jantung. Di samping itu, hobi minum minuman berenergi bisa membuat Kamu ketergantungan akibat pengaruh kandungan kafeinnya.

Lain lagi dengan minuman olahraga yang sebenarnya punya kegunaan baik. Akan tetapi di sisi lain, terlalu banyak minum minuman olahraga juga berisiko buruk bagi kesehatan. Kandungan gula yang cukup banyak bisa merusak gigi, bahkan menimbulkan masalah jangka panjang jika diminum terlalu sering. Contohnya diabetes dan kenaikan berat badan.

minuman energi minuman energi berbahaya  Minuman Berenergi vs Minuman Olahraga: Mana yang Ada baiknya Dipilih? minuman energi 700x467

Jadi, minuman apa yang lebih baik?

Jika dilihat secara keseluruhan, minuman olahraga lebih banyak dianjurkan {untuk} diminum ketimbang minuman berenergi. Mengapa? Akibat kandungan dan fungsi minuman olahraga dirasa lebih baik {untuk} menunjang fungsi {{tubuh}}.

Dibandingkan dengan minuman energi yang banyak mengandung kafein dan gula, minuman olahraga dilengkapi dengan karbohidrat, elektrolit, serta mineral yang berefek positif {untuk} mengembalikan cairan dan elektrolit yang hilang.

Namun, minum minuman olahraga setiap hari tidak terlalu dianjurkan bagi Kamu yg tidak melakukan olahraga, tidak mengalami dehidrasi, serta tidak sedang terserang diare. Pasalnya, ada kandungan gula yang cukup tinggi dalam minuman olahraga.

Jika sering diminum tanpa disertai dengan aktivitas yang menunjang, gula tersebut hanya akan menumpuk dan menambah jumlah asupan kalori dalam {{tubuh}} Kamu. Lama-lama, hal ini bisa memicu kelebihan berat badan.

Sebaliknya, pada saat diminum dalam jumlah yang cukup dan disertai dengan olahraga rutin, minuman olahraga justru bisa memberikan kegunaan yang optimal.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close