Nurtisi Kita

Meski Sehat, Makan Yoghurt Berlebihan Juga Bisa Timbulkan Dampak Buruk

Jika Kamu sedang mencari makanan yang baik {untuk} mendukung fungsi pencernaan, yoghurt bisa jadi sebuah pilihan yang tepat. Selain akibat kaya akan probiotik atau bakteri baik, yoghurt juga menyimpan beragam manfaat yang penting bagi kesehatan {{tubuh}}. Tak heran, banyak orang  yang gemar makan yoghurt setiap hari bahkan dalam jumlah banyak. Lalu, adakah efek samping bila terlalu banyak makan yoghurt?

Berapa batas aman makan yoghurt dalam sehari?

Yoghurt terbuat dari susu segar dan krim yang telah melewati proses pasteurisasi, lalu difermentasikan bersama kultur bakteri hidup dan diinkubasi pada suhu tertentu guna mendorong pertumbuhan bakteri. Proses kultur tersebut akan menghasilkan laktosa serta asam laktat sebagai pemberi rasa khas pada yoghurt.

Banyaknya kandungan protein dan kalsium di dalam yoghurt sudah tidak perlu diragukan lagi. Akan tetapi, jumlahnya tidak selalu sama akibat tergantung dari jenis yoghurt apa yang Kamu konsumsi. Meskipun diyakini baik {untuk} menjaga kerja sistem pencernaan, makan yoghurt tetap ada aturannya.

Melansir dari laman Detik Food, Prof. Ir. Hardiansyah, MS. PhD, selaku Ketua {{Umum}} PERGIZI PANGAN Indonesia, menjelaskan sesungguhnya batas aman konsumsi yoghurt hanya sebanyak 3 porsi dalam sehari.

Tujuannya supaya keseimbangan jumlah bakteri baik yang hidup di dalam usus tetap terjaga, yang pada akhirnya bisa membantu melancarkan proses penyerapan nutrisi dari makanan.

jenis probiotik adalah  Meski Sehat, Makan Yoghurt Berlebihan Juga Bisa Timbulkan Dampak Buruk jenis probiotik adalah 714x467

Apa efeknya jika terlalu banyak makan yoghurt?

Mengingat ada begitu banyak kebaikan yang dapat ditemukan dari rutin makan yoghurt, tidak sedikit orang yang hobi mengonsumsinya secara rutin setiap hari. Sebenarnya sah-sah saja {untuk} mengonsumsi yoghurt maupun olahan yoghurt secara teratur, akibat toh produk ini punya segudang kegunaan baik bagi kesehatan {{tubuh}}.

Hanya saja, ternyata terlalu banyak makan yoghurt bahkan sampai menyalahi aturan konsumsinya, dapat membawa dampak buruk bagi {{tubuh}}. Ini akibat yoghurt biasanya mengandung sejumlah kalori dan gula yg tidak sedikit.

Itu sebabnya, alih-alih menjaga {{tubuh}} tetap sehat, terlalu banyak makan yoghurt justru bisa menambah asupan gula yang masuk ke dalam {{tubuh}}.

Akibatnya, kalori yang Kamu peroleh dalam sehari bisa melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh {{tubuh}}. Kamu bisa mengetahuinya dengan mencari tahu kebutuhan kalori atau klik di tautan berikut https://hellosehat.com/cek-kesehatan/kebutuhan-kalori/.

Asupan gula yang berlebihan kerap dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes, kelebihan berat badan, sampai penyakit jantung. Bahkan, meskipun Kamu mempunyai berat badan yang normal, Kamu tetap berisiko terserang penyakit kardiovaskular jika terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang berisikan gula setiap harinya, menurut JAMA Internal Medicine.

Dalam hal ini, yoghurt termasuk ke dalam sebuah daftar makanan yang banyak mengandung gula serta tinggi kalori.

Benarkah yogurt dapat memperbaiki depresi  Meski Sehat, Makan Yoghurt Berlebihan Juga Bisa Timbulkan Dampak Buruk Benarkah yogurt dapat memperbaiki gejala depresi 701x467

Kuncinya, pilih jenis yoghurt tertentu

Jika Kamu termasuk penggemar yoghurt, tidak usah bingung atau khawatir. Masih ada solusi supaya Kamu masih tetap bisa makan yoghurt, tanpa harus takut akan efek sampingnya.

Caranya dengan memerhatikan jenis yoghurt yang Kamu konsumsi, entah itu plain yoghurt, greek yoghurt, yoghurt rendah lemak.

Meski terlihat serupa, tapi masing-masing yoghurt ini punya khasiat dan kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Jadi, ada baiknya {untuk} menyesuaikannya dengan kondisi dan kebutuhan {{tubuh}} Kamu.

Bila ingin menghindari asupan gula yang terlalu banyak, Kamu bisa memilih plain yoghurt (tanpa rasa) maupun yoghurt tanpa lemak. Beri irisan buah segar sebagai pelengkap sebagai pemberi rasa manis alami dalam sajian yoghurt Kamu.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close