Kebugaran Jasmani

Menyembuhkan Cedera Olahraga Dengan Metode RICE

Cedera fisik merupakan suatu hal yang bisa mengganggu aktivitas. Meskipun begitu, hal ini merupakan sesuatu yang bisa dialami siapa saja dan kapan saja. Cedera fisik akut seperti keseleo yang diakibatkan otot ditarik terlalu kuat atau memar akibat benturan dapat mengakibatkan rasa nyeri. Hal tersebut menandakan ada jaringan yang telah rusak.

Jenis cedera tersebut dapat ditangani sendiri di rumah tanpa harus berobat ke dokter, atau menggunakan metode terapi cedera yang dikenal dengan RICE. Metode RICE merupakan singkatan dari beberapa tahapan yaitu rest, ice, compression, dan elevation.

kompres es setelah cedera Menyembuhkan Cedera Olahraga Dengan Metode RICE Menyembuhkan Cedera Olahraga Dengan Metode RICE shutterstock 587379677 700x467

Cara menyembuhkan cedera olahraga dengan terapi RICE

Rest (istirahatkan)

Hentikan aktivitas segera mungkin pada saat {{tubuh}} merasa nyeri merupakan hal penting, ini akibat rasa nyeri adalah pertanda telah terjadi kerusakan pada bagian tertentu. Pada tahapan ini, mengistirahatkan bagian {{tubuh}} yang cedera bertujuan {untuk} memberhentikan luka menjadi lebih parah yang akan menghambat pemulihan.

Mengistirahatkan bagian yang mengalami cedera dilakukan dengan tidak memberikan beban yang terlalu berat dan tekanan langsung pada area yang sakit. Dianjurkan {untuk} memberhentikan aktivitas yang menggunakan bagian {{tubuh}} dengan cedera selama 24-48 jam. Gunakanlah alat bantu {untuk} meminimalisir gerakan jika diperlukan.

Ice (kompres es)

Kompres es pada area cedera berguna {untuk} meringankan rasa nyeri dan pembengkakan pada jaringan yang rusak. Suhu dingin membuat area cedera menjadi lebih kebal dari rasa nyeri.

Terapkan metode ini dengan menempelkan kompres es pada area yang cedera. Hindari {untuk} menempelkannya secara langsung ke permukaan kulit. Kamu dapat membalut es dengan handuk atau kain diawal sebelum menempelkannya ke area yang nyeri. Ini {untuk} menghindari radang dingin atau kerusakan jaringan {{tubuh}} akibat suhu yang teralu dingin. Kompres bagian luka dengan es selama 10 menit lalu lepas selama 10 menit, ulangi siklus sesering mungkin selama 24-48 jam sejak mengalami cedera.

Compression (berikan sedikit tekanan)

Hal ini dilakukan dengan cara memberikan sedikit tekanan yang merata di area cedera dengan menggunakan perban atau pembalut yang lunak. Cara ini bertujuan {untuk} menangkal area yang cedera mengalami pembengkakan.

Meskipun demikian, hindari {untuk} mengaitkan perban terlalu kencang akibat dapat mengakibatkan gangguan aliran darah yang sangat dibutuhkan oleh area cedera. Jika perban terlalu kencang menekan area cedera, tandanya yaitu muncul rasa seperti kesemutan, kebal pada sentuhan, dan berasa sedikit lebih dingin.

Elevation (mengangkat bagian yang cedera)

Mengangkat bagian yang cedera bertujuan {untuk} meminimalisir pembengkakan dengan membuat cairan terserap dari area yang mengalami cedera. Contohnya jika mengalami cedera pada bagian kaki, maka teknik elevasi dapat dilakukan dengan meletakkan kaki secara lurus dengan dan diganjal dengan bantal pada saat {{duduk}} di sofa atau tempat tidur.

cedera paha Menyembuhkan Cedera Olahraga Dengan Metode RICE Menyembuhkan Cedera Olahraga Dengan Metode RICE Mengenal cedera ligamen krusiatum 700x467

Kapan metode RICE dapat digunakan?

Terapi RICE hanya efektif {untuk} menyembuhkan cedera olahraga yang sifatnya ringan sampai sedang. RICE direkomendasikan jika seseorang mengalami keseleo, terkilir, memar, dan cedera lainnya pada jaringan halus. Cedera yang bisa diatasi dengan terapi RICE biasanya disebabkan oleh terjatuh, gerakan yg tidak lazim, cara mengangkat benda berat yang salah, atau gerakan memutar secara tiba-tiba.

Metode RICE dapat dilengkapi dengan mengonsumsi obat nonsteroid antiradang yang dijual bebas, seperti ibuprofen atau naproxen. Penggunaan obat ini bertujuan {untuk} mengendalikan proses peradangan dan meringankan rasa nyeri.

kaki perban luka Menyembuhkan Cedera Olahraga Dengan Metode RICE Menyembuhkan Cedera Olahraga Dengan Metode RICE angkat luka 700x467
Sumber: Reader’s Digest

Apakah metode RICE selalu efektif?

Metode terapi RICE tidak dapat digunakan {untuk} menyembuhkan cedera olahraga jika terjadi cedera mendalam yang lebih serius. Contohnya kalau ada kerusakan parah dari jaringan halus atau ada tulang yang patah. Hal tersebut kemungkinan membutuhkan terapi fisik lanjutan.

Segera temui dokter jika cedera menjadi lebih serius meskipun sudah dilakukan metode RICE. Biasanya cedera ringan akan membaik dengan sendirinya dalam hitungan ahad. Cedera yang lebih serius ditandai dengan:

  • Pembengkakan dan bertambah nyeri
  • Bagian {{tubuh}} yang mengalami cedera berubah warna
  • Adanya perubahan bentuk organ yang cedera seperti nampak benjolan besar atau bagian {{tubuh}} bengkok ke arah sudut abnormal
  • Persendian berasa tidak stabil akibat cedera
  • Tidak mengangkat benda dengan beban tertentu pada bagian {{tubuh}} yang cedera
  • Terdengar suara tulang pada saat menggerakan bagian {{tubuh}} yang cedera
  • Mengalami demam
  • Mengalami pusing yang parah
  • Mengalami gangguan napas
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close