Kebugaran Jasmani

Mengulik Apa Itu Olahraga Anaerobik Sekaligus Manfaatnya

Olahraga menyehatkan {{tubuh}} dari ujung kaki sampai kepala. Ada banyak jenis olahraga yang bebas Kamu pilih. Nah jika Kamu tidak suka berkeringat, olahraga anaerobik mungkin bisa jadi pilihan. Sayangnya, belum banyak orang yang sepenuhnya paham tentang jenis olahraga ini. Sebenarnya, apa kegunaan olahraga anaerobik bagi {{tubuh}}?

Apa itu olahraga anaerobik?

Jika Kamu pernah mendengar latihan aerobik, maka latihan anaerobik merupakan kebalikannya. Latihan aerobik menghasilkan energi menggunakan pasokan oksigen {untuk} mempertahankan tingkat aktivitas tanpa menggunakan sumber energi lain. Latihan ini dilakukan dengan intensitas yang lebih lambat, contohnya seperti joging atau bersepeda santai.

Sementara latihan anaerobik adalah aktivitas yang memecah glukosa menjadi energi tanpa menggunakan oksigen. Akibatnya, {{tubuh}} akan menghasilkan energi lebih banyak dan menggunakan sumber energi yang tersimpan di otot. Latihan ini dilakukan dengan durasi waktu yang pendek akan tetapi intensitas tinggi.

Contoh latihan anaerobik antara lain seperti lompat tali, lari jarak pendek (sprint), angkat beban, push up, pull up, dan masih banyak lagi. Meski dilakukan dengan cepat, Kamu tetap harus istirahat. Ini memberi jeda pada {{tubuh}} {untuk} menghasilkan energi kembali dan memberi kelegaan pada otot supaya tidak bekerja terlalu keras.

Kegunaan olahraga anaerobik yang perlu Kamu ketahui

Dikutip dari laman Health Line, latihan anaerobik memberikan banyak kegunaan bagi kesehatan {{tubuh}} Kamu, seperti:

  • Sama seperti olahraga lainnya, latihan anaerobik membantu meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang Kamu serta menurunkan risiko oesteoporosis (pengeroposan tulang).
  • Latihan anaerobik mampu mengurangi lemak yang berlebihan di bawah kulit dan sekitar perut yang pada akhirnya dapat mengontrol berat badan.
  • Sebuah contoh latihan anaerobik, yaitu lari pendek yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan kekuatan {{tubuh}}. Selain itu, kebugaran {{tubuh}} akan terjaga dan Kamu jadi tidak mudah lelah.
  • Latihan anaerobik dapat meningkatkan metabolisme dan mempertahankan otot tanpa lemak di {{tubuh}} akibat membakar kalori lebih banyak selama sesi latihan.
  • Olahraga apa pun termasuk latihan anaerobik dapat merangsang produksi hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati dan menangkal Kamu dari stres.
  • Selain , latihan anaerobik juga dapat melindung kesehatan jantung dan mengontrol kadar gula darah tetap stabil yang pada akhirnya menurunkan dan diabetes.
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close