fbpx
Fakta Unik Kesehatan

Menguak Kegunaan Terapi Musik untuk Pasien Multiple Sclerosis

Selain dapat membuat Kamu terhibur, musik memiliki manfaat untuk kesehatan banyak orang. Mendengarkan musik bisa meredakan stres, mengatasi sakit kepala kronis, dan meningkatkan daya tahan {tubuh}. Selain itu, sebuah kajia penelitian menyebutkan sesungguhnya terapi musik bisa bermanfaat untuk pasien multiple sclerosis (MS).

Advertisement

Sebuah artikel dari Department of Veterans Affairs, Amerika Serikat yang berjudul “Terapi Musik dalam Multiple Sclerosis” mempelajari musik dan ilmu saraf di St. Olaf College. Dalam artikel tersebut dikatakan sesungguhnya ada banyak kegunaan dari terapi musik, yang dapat mendorong gerakan {tubuh} dan memberikan kegunaan lain untuk hidup.

Advertisement

Terapi musik membantu meredakan gejala multiple sclerosis

Musik membantu pasien multiple sclerosis untuk mengatasi atau mengurangi gejalanya. Leavitt dan Tunick menerbitkan sebuah artikel di Journal of American Medical Association Neurology yang membahas bagaimana musik dapat dipakai untuk terapi untuk membantu pasien MS.

Musik sebagai aktivitas terapeutik memiliki banyak kegunaan dalam menyatukan keterampilan motorik, kognitif, kreativitas, konsentrasi, interaksi sosial, dan mengelola sensorik.

Bagi kebanyakan orang, mendengarkan musik adalah hal yang menyenangkan dan bermanfaat. Caitlin Hyatt, seorang terapis musik neurologis mengatakan sesungguhnya ada tiga area yang menjadi fokus selama pengobatan untuk pasien MS yaitu gerakan, ucapan dan bahasa, serta kognisi.

Berkat ritmenya, musik bisa merangsang beberapa area otak yang bertanggung jawab untuk mengatur gerakan {tubuh}. Hyatt mengatakan hal ini bisa membantu orang dengan MS dalam meningkatkan kecepatan gerak, mengatur banyaknya langkah dalam berjalan, menjaga keseimbangan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, terapi musik dapat dilakukan pada orang yang memiliki keterampilan motorik yang lemah. Melakukan gerakan berulang bersama dengan suara melodi dapat meningkatkan koordinasi dan konsentrasi. Melakukan gerakan berulang ini bisa memengaruhi daya tahan dan membantu menciptakan gaya berjalan yang lebih baik.

Umumnya, para terapis musik sering menggunakan instrumen dalam sesi pengobatan, seperti piano. Instrumen piano membantu mengatasi ketangkasan jari dan kekuatan motorik halus. Instrumen sangat baik akibat memberikan umpan balik bagi pendengaran pasien dan memotivasi pasien untuk bermain.

terapi musik untuk pasien alzheimer menguak kegunaan terapi musik untuk pasien multiple sclerosis Menguak Kegunaan Terapi Musik untuk Pasien Multiple Sclerosis terapi musik untuk pasien alzheimer 701x467

Terapi musik mengubah hidup pasien multiple sclerosis

Bagi pasien MS, mendengarkan musik setiap hari memberikan kekuatan dan membantu mengatasi dampak dari multiple sclerosis. Meskipun pasien MS tahu sesungguhnya musik tidak bisa menyembuhkannya.

Terapi musik dapat digunakan untuk mengatasi dampak yang terkait dengan kondisi pasien MS. Melewati melodi, ketukan alat musik, dan liriknya, musik memiliki kekuatan untuk memotivasi, menghibur, menginspirasi, dan memberi energi.

Selain itu, lantunan melodi dan liriknya dapat melepaskan amarah, luka batin, dan menghibur semua orang pada saat yang serupa.

Terapi musik membantu memperbaiki tutur bicara

Multiple sclerosis bisa membuat tutur kata menjadi tidak jelas, seolah-olah pasien sedang bicara meracau. Dengan melakukan terapi musik, kata-kata yang sulit diucapkan dapat dengan mudah dikomunikasikan ketika dibarengi dengan musik.

Menyanyi dapat membantu pasien MS meningkatkan pernapasan, pelafalan kata, dan memilih kosakata serta menyusun kalimat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

ADBLOCK DETECTED