Tips Kesehatan

Mengatasi Masalah Kaki Bau, Gatal, dan Kering Dengan Cuka Apel

Tidak ada satu pun orang di dunia ini yang ingin punya kaki bau, berjamur, dan tumitnya kering pecah-pecah. Akan tetapi tidak usah sampai merogoh kocek dalam-dalam buat merawat kaki di salon atau spa. Cara murah meriahnya cukup dengan menggunakan cuka apel {untuk} kaki. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Tips pakai cuka apel {untuk} kaki bermasalah

pakai cuka apel untuk wajah  Mengatasi Masalah Kaki Bau, Gatal, dan Kering Dengan Cuka Apel shutterstock 787860826 670x467

Cuka apel adalah herbal serba guna sejak zaman Yunani Kuno yang menyebut-nyebut dapat memberikan banyak efek positif bagi kesehatan. Merangkum berbagai kajia penelitian medis modern, sifat antijamur dari cuka apel sangat kuat yang pada akhirnya berpotensi baik {untuk} merawat kaki yang bermasalah.

Berikut cara pakainya:

{Untuk} {{kutu}} air

Kutu air adalah infeksi jamur yang menyerang sela-sela jari kaki. Infeksi ini membuat jari-jari kaki Kamu selalu berasa panas dan gatal, tampak kemerahan, sampai bisa mengelupas kulitnya. 

Buat kasus {{kutu}} air yang ringan, cukup campurkan 2 sendok makan cuka bersama 3 cangkir air dan tuang ke dalam baskom lebar. Rendam kaki yang berjamur dalam larutan ini selama 10 sampai 15 menit setiap hari sampai infeksi mereda.

Mungkin {{butuh}} waktu 2-3 ahad atau lebih lama sampai gejalanya membaik.

{Untuk} bau kaki

Sifat antibakteri dari cuka apel dapat sekaligus digunakan {untuk} membunuh bakteri penyebab bau kaki.

Caranya sama. Bersihkan {{dulu}} kaki Kamu lalu rendam dalam baskom berisi campuran 2 sendok makan cuka dan 3 cangkir air hangat. Rendam kaki dalam larutan ini selama 10-15 menit {untuk} seminggu sekali.

{Untuk} kaki kering pecah-pecah

Rendaman cuka apel {untuk} tumit kering pecah-pecah juga dikatakan efektif mengembalikan kelembapan alaminya. Akan tetapi sedikit berbeda caranya, gunakanlah air dingin {untuk} rendaman kaki ini. Merendam pakai air hangat bisa bikin kaki semakin kering.

Rendam kaki yang kering dan pecah-pecah selama 20 menit di malam hari. Setelahnya keringkan, setelah itu  sebelum tidur oleskan pelembap kaki dan gunakan kaos kaki saat tidur.

Perlu diingat! Yang mana pun masalah Kamu, jangan gunakan rendaman cuka apel {untuk} kaki yang mempunyai luka terbuka, tergores, atau terpotong. Ini bisa membuat luka semakin lama sembuhnya dan berisiko terinfeksi.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close