Tips Kesehatan

Mencukur Bulu Kaki dan Ketiak Membuat Gatal? Segera Atasi Dengan 5 Langkah Jitu

Mencukur adalah sebuah cara tercepat {untuk} mendapatkan kaki yang halus dan bersih. Akan tetapi sayangnya, sebagian orang sering kali merasakan gatal setelah mencukur {{bulu}} kaki. Terlebih jika Kamu punya kulit sensitif. Ketimbang {{buru-buru}} menggaruk kulit yang gatal, sebaiknya atasi rasa gatal pada kulit dengan cara yang lebih aman berikut ini.

Kenapa kulit berasa gatal setelah cukuran?

Selain rutin mencukur rambut kemaluan, Kamu mungkin termasuk orang yang juga rajin mencukur {{bulu}} kaki dan ketiak. Akan tetapi, jika Kamu tidak hati-hati saat sedang cukuran, Kamu bisa mengalami iritasi, luka, dan gatal pada kulit. Kenapa bisa begitu?

Pada saat Kamu menggunakan pisau cukur {untuk} menghilangkan {{bulu}} ketiak atau kaki, sebenarnar Kamu hanya memotong sebagian {{bulu}} yang muncul di permukaan kulit. Proses cukuran ini bisa membuat folikel rambut jadi iritasi dan pada akhirnya memicu gatal pada kulit.

Kulit yang iritasi bisa jadi semakin gatal pada saat bergesekan dengan baju yang Kamu pakai. Terlebih bagi Kamu yang punya kulit sensitif, gesekan yang terus-menerus pada kulit dapat memicu benjolan merah di dekat pori-pori rambut. Kondisi ini disebut dengan folikulitis.

Cara mengatasi kulit gatal setelah mencukur {{bulu}} kaki dan ketiak

Menggaruk kulit memang bisa meredakan gatal dengan cepat dan instan. Akan tetapi jangan salah, efek ini hanya bersifat sementara. Semakin digaruk, kulit Kamu justru akan semakin meradang dan iritasi.

Sebagai solusinya, ada beberapa cara yang dapat Kamu lakukan {untuk} mengatasi kulit gatal setelah mencukur {{bulu}} kaki maupun ketiak. Di antaranya:

1. Kompres air hangat

Mencukur Bulu Kaki dan Ketiak Membuat Gatal? Segera Atasi Dengan 5 Langkah Jitu Mencukur Bulu Kaki dan Ketiak Membuat Gatal? Segera Atasi Dengan 5 Langkah Jitu woman applying heat or ice pack to her elbow to relieve pain 700x467

Sebagai langkah awal, rendam handuk kecil ke dalam air hangat dan tempelkan ke area kulit yang berasa gatal setelah mencukur. Entah di bagian ketiak, kaki, atau kemaluan.

Kompres air hangat bisa membantu menenangkan kulit yang meradang sehabis cukuran. Selain dengan air hangat biasa, Kamu dapat menambahkan sedikit garam ke dalam air hangat {untuk} mempercepat proses penyembuhannya.

2. Oleskan krim hidrokortison

Mencukur Bulu Kaki dan Ketiak Membuat Gatal? Segera Atasi Dengan 5 Langkah Jitu Mencukur Bulu Kaki dan Ketiak Membuat Gatal? Segera Atasi Dengan 5 Langkah Jitu Obat Kulit Krim Lotion Salep Mana yang Lebih Baik 700x467

Krim hidrokortison terbukti dapat mengurangi iritasi, peradangan, dan gatal pada kulit. Meskipun sebenarnar Kamu bisa membelinya di apotek terdekat, tapi sebaiknya mintalah resep dokter jika rasa gatalnya tak tertahankan.

Perlu dicatat sesungguhnya krim hidrokortison ini tidak boleh digunakan {untuk} mengatasi vagina gatal sehabis mencukur. Segera konsultasikan ke dokter {untuk} mendapatkan pilihan krim lainnya yang lebih aman.

3. Tempelkan kantong teh celup

kantong teh celup Mencukur Bulu Kaki dan Ketiak Membuat Gatal? Segera Atasi Dengan 5 Langkah Jitu Mencukur Bulu Kaki dan Ketiak Membuat Gatal? Segera Atasi Dengan 5 Langkah Jitu 4 Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Kesehatan 700x467

Siapa bilang kalau bekas kantong teh celup tidak bisa digunakan lagi? Buktinya, benda yang satu ini bisa membantu mengatasi kulit gatal setelah mencukur!

Kantong teh celup mengandung asam tanat yang berfungsi sebagai zat antiradang. Masukkan kantong teh celup ke dalam kulkas selama beberapa menit, setelah itu tempelkan ke area kulit yang gatal. Biarkan sampai kulit Kamu berasa lebih baik dan berkurang gatalnya.

4. Pakai pelembap alami

Mencukur Bulu Kaki dan Ketiak Membuat Gatal? Segera Atasi Dengan 5 Langkah Jitu Mencukur Bulu Kaki dan Ketiak Membuat Gatal? Segera Atasi Dengan 5 Langkah Jitu 02 Rules for People with Thin Hair conditioner 172762474 ixgrapher 760x506 701x467

Bukan cuma sekadar menghaluskan kulit, pelembap dapat membantu menenangkan kulit yang meradang! Dari sekian banyak pelembap yang dijual di pasaran, pilihlah pelembap yang berisikan bahan-bahan alami seperti lidah buaya.

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Pharmacognosy Magazine tahun 2014, lidah buaya mempunyai sifat antiradang yang bisa menenangkan kulit yang iritasi. Ditambah lagi dengan sensasi dinginnya yang bikin kulit berasa lebih nyaman.

5. Pakai baju yang longgar

mencuci baju baru Mencukur Bulu Kaki dan Ketiak Membuat Gatal? Segera Atasi Dengan 5 Langkah Jitu Mencukur Bulu Kaki dan Ketiak Membuat Gatal? Segera Atasi Dengan 5 Langkah Jitu Haruskah Mencuci baju baru 700x467

Memakai baju yang ketat dapat memicu gesekan pada kulit dan memperparah gatalnya. Terlebih jika Kamu sedang berkeringat, bakteri akan lebih mudah masuk dan mengakibatkan kulit semakin iritasi.

Maka itu, jika ketiak Kamu berasa gatal dan iritasi sehabis dicukur, sebaiknya gunakan baju yang lebih longgar {untuk} sementara waktu. Begitu juga sehabis mencukur {{bulu}} kaki, gunakan celana yang longgar {{dulu}} sampai rasa gatalnya mereda dan sembuh.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close