fbpx
Nurtisi Kita

Memasak Nasi Dengan Campuran Tepung Kelapa Baik untuk Penderita Diabetes

Nasi putih sering dianggap sebagai musuh bebuyutan pengidap diabetes akibat kandungan gulanya dapat memicu kenaikan gula darah yang drastis. Akan tetapi, kini Kamu tak perlu khawatir jika ingin makan nasi. Katanya, memasak nasi putih dan tepung kelapa berbarengan justru baik buat orang diabetes. Kenapa begitu? Simak review lengkapnya di sini.

Advertisement

“Duet” nasi putih dan tepung kelapa turunkan gula darah

Tak hanya dijadikan sebagai bahan pembuat kue, tepung kelapa ternyata dapat dijadikan campuran nasi putih. Mengutip Republika, Dr. Didah Nur Faridah, kepala Pengembangan Layanan Analisis Pangan di IPB mengatakan sesungguhnya memasak 1 cangkir belimbing (±180 gram) nasi putih dengan menambahkan 6-7 sendok makan (sdm) tepung kelapa dapat secara drastis menurunkan indeks glikemik nasi.

Advertisement

Skor indeks glikemik dinilai dengan rentang skor 1-100. Semakin tinggi angkanya, semakin cepat makanan tersebut menaikkan gula darah. Berdasarkan tabel nilai IG dari Harvard Medical School, skor satu porsi nasi putih umumnya sekitar 75.  Nah pada saat menambahkan tepung kelapa saat memasak nasi, Dr. Nur Faridah mengatakan nilai indeks glikemik seporsi nasi tersebut {{turun}} menjadi 49. Kok bisa?

Kegunaan tepung kelapa buat penderita diabetes ini datang dari kandungan seratnya yang tinggi. Serat tepung kelapa bahkan diketahui 14 kali lebih banyak ketimbang tepung terigu biasa. Serat tepung kelapa dapat memperlambat proses penyerapan glukosa dari nasi putih di dalam {{tubuh}}, yang pada akhirnya gula darah tidak akan tiba-tiba melonjak setelah makan nasi.

Pada umumnya, makanan dengan indeks glikemik rendah dapat membantu menangkal kadar gula darah dan kadar insulin melonjak tinggi dengan cepat. Peran makanan bernilai indeks glikemik rendah pada kontrol gula darah juga sudah dibuktikan oleh banyak kajia penelitian.

Cara memasak nasi putih dan tepung kelapa

Proses memasak nasi dengan campuran tepung kelapa sebenarnya tidak jauh berbeda seperti cara menanak nasi biasanya. Jika ingin mencoba masak nasi dan tepung kelapa, berikut tips-tips yang dapat Kamu ikuti di rumah:

  • Cuci beras sampai bersih.
  • Campurkan tepung kelapa bersama beras putih dan air ke dalam wadah rice cooker. Sebelum dimasak, aduk tepung kelapa, beras dan air sampai tercampur rata.
  • Masak nasi sampai matang.

Ingat, tetap perhatikan porsi makan Kamu!

Meski makanan dengan indeks glikemik rendah baik {untuk} membantu mengendalikan gula darah para diabetesi, penting {untuk} tetap memerhatikan porsi makan nasi Kamu.

Sebab meski tepung kelapa bisa bantu menurunkan indeks glikemik nasi, asupan nasi putih dalam porsi berlebihan tetap berisiko membuat gula darah Kamu naik.

Jadi, pastikan Kamu tetap memerhatikan berapa banyak porsi makan nasi Kamu, ya! Segala yang berlebihan tentu tidak baik buat {{tubuh}}.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

ADBLOCK DETECTED