Tips Kesehatan

Makanan untuk Penderita Eksim: Mana yang Baik dan yang Harus Dijauhi?

Makanan ternyata bisa memicu atau bahkan mengurangi gejala eksim. Ya, makanan tertentu bisa membantu mengurangi peradangan sementara makanan lainnya justru bisa memicu gejalanya. Berikut berbagai makanan {untuk} penderita eksim yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari.

Makanan {untuk} penderita eksim yang perlu dikonsumsi

jenis probiotik adalah  Makanan untuk Penderita Eksim: Mana yang Baik dan yang Harus Dijauhi? jenis probiotik adalah 714x467

Eksim adalah kondisi saat kulit mengalami peradangan yang ditandai dengan rasa gatal, kemerahan, kasar, dan pecah-pecah. {Untuk} mengatasi peradangan  di dalam {{tubuh}}, ada beberapa makanan yang sebaiknya Kamu konsumsi, yaitu:

1. Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu melawan peradangan di dalam {{tubuh}}. Ikan yang kaya omega 3 yaitu salmon, tuna, dan sarden. Akan tetapi, Kamu juga perlu berhati-hati saat mengonsumsi ikan. Pastikan Kamu tidak alergi pada ikan tersebut.

Dilansir dari Livestrong, jika Kamu alergi pada ikan, Kamu mungkin malah mengalami eksim setelah mengonsumsi makanan laut.

2. Makanan kaya probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang hidup dan berkembang di dalam {{tubuh}}. Makanan yang kaya probiotik seperti yoghurt, tempe, dan kefir akan membantu meningkatkan sistem kekebalan {{tubuh}} supaya tetap kuat. Selain itu, berbagai makanan ini dapat mengurangi reaksi alergi pada kulit.

3. Makanan tinggi flavonoid

Flavonoid adalah antioksidan yang membantu melawan peradangan di dalam {{tubuh}}. Antioksidan juga membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel sehat.

{Untuk} Kamu yang mempunyai eksim, makan makanan yang berisikan flavonoid membantu mengurangi peradangan. Adapun makanan tinggi flavonoid yaitu brokoli, apel, ceri, dan bayam.

Makanan {untuk} penderita eksim yang sebaiknya dihindari

cara memasak telur  Makanan untuk Penderita Eksim: Mana yang Baik dan yang Harus Dijauhi? cara memasak telur 700x467

Jika tadi sudah disebutkan berbagai makanan yang dapat membantu mengurangi peradangan maka berikut ini ada makanan yang sebaiknya dihindari. Eksim biasanya sensitif pada makanan tertentu. Biasanya reaksinya akan muncul setelah 6 sampai 24 jam. Berikut beberapa makanan yang biasanya bisa memicu eksim, yaitu:

  • Produk susu
  • Telur
  • Gluten atau gandum
  • Kedelai
  • Rempah-rempah seperti vanili, cengkeh, dan kayu manis
  • Tomat
  • Beberapa jenis kacang-kacangan

Terkadang, makanan yang berisikan pengawet buatan seperti margarin, makanan olahan, dan makanan cepat saji dapat memicu gejala eksim kumat.

Tidak cumna itu, makanan tinggi gula juga terkadang bikin gejala eksim jadi makin parah. Hal ini akibat gula membuat kadar insulin dalam darah meningkat sampai akhirnya mengakibatkan peradangan. Berbagai makanan yang tinggi gula yaitu kue, permen, dan minuman kemasan yang manis.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close