fbpx
Fakta Unik Kesehatan

Kulit Kepala Gatal Akibat Timbul Jerawat? 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Tak hanya pada wajah, jerawat juga dapat muncul di beberapa bagian {{tubuh}} lainnya. Mulai dari punggung, dada, lengan, sampai kulit kepala. Pada saat jerawat muncul di kulit kepala, Kamu biasanya baru menyadarinya pada saat kepala berasa sakit saat sedang menyisir rambut. Lalu, apa saja, sih, penyebab jerawat di kulit kepala? Berikut ulasannya.

Advertisement

Ciri-ciri jerawat di kulit kepala

jerawat di kulit kepala Kulit Kepala Gatal Akibat Timbul Jerawat? 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya Kulit Kepala Gatal Akibat Timbul Jerawat? 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya jerawat di kulit kepala 700x467

Advertisement

Dalam bahasa medis, jerawat di kulit kepala disebut dengan folikulitis kulit kepala. Masalah kulit ini bisa terjadi di sepanjang garis rambut dan bisa menjalar ke bagian belakang kepala sampai leher.

Pada dasarnya, bentuk jerawat yang {{tumbuh}} di kulit kepala sama seperti jerawat pada umumnya. Ciri-cirinya tampak seperti benjolan merah di sepanjang garis rambut, berasa gatal, dan kadang nyeri.

Dikutip dari Healthline, ada 3 jenis jerawat yang muncul di kulit kepala, yaitu:

  • Ringan, biasanya berupa komedo hitam (blackhead) dan komedo putih (whitehead).
  • Sedang, seperti papula (jerawat yang merdang dan merah) atau pustula (jerawat dengan ujung putih seperti nanah).
  • Parah, seperti nodul dan kista yang {{tumbuh}} di bawah kulit kepala.

Penyebab timbulnya jerawat di kulit kepala

Sama seperti jerawat pada umumnya, timbulnya jerawat di kulit kepala terjadi pada saat pori-pori atau folikel rambut mengalami penyumbatan. Sumbatan ini disebabkan oleh menumpuknya sel-sel kulit mati atau minyak yang menutupi pori-pori. Akibatnya, sel-sel kulit mati tadi tidak bisa keluar, meradang, dan memicu jerawat.

Berikut ini beberapa penyebab jerawat di kulit kepala, di antaranya:

1. Kesalahan saat keramas

keramas saat flu Kulit Kepala Gatal Akibat Timbul Jerawat? 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya Kulit Kepala Gatal Akibat Timbul Jerawat? 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya shutterstock 653883544 700x467

Tidak membilas rambut dengan bersih adalah sebuah kesalahan saat keramas yang paling {{umum}}. Hal ini mengakibatkan sisa-sisa sampo menumpuk dan menyumbat pori-pori kepala.

Begitu juga saat Kamu selesai olahraga dan rambut berasa lembap, kulit rambut akan rentan berjerawat akibat keringat. Maka itu, cepatlah keramas dengan bersih {untuk} menangkal timbulnya jerawat di kepala.

2. Pemakaian produk rambut

tips pakai hairspray Kulit Kepala Gatal Akibat Timbul Jerawat? 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya Kulit Kepala Gatal Akibat Timbul Jerawat? 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya Tips Pakai Hairspray untuk Menghindari Rambut Rusak 700x467

Beberapa produk rambut, seperti hairspray atau gel rambut, bisa menjadi pemicu jerawat pada kulit kepala. Pasalnya, produk-produk tersebut dapat merangsang produksi minyak di kepala jadi berlebihan dan mengakibatkan jerawat.

3. Memakai topi atau penutup kepala saat sedang keringatan

penyebab kebotakan Kulit Kepala Gatal Akibat Timbul Jerawat? 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya Kulit Kepala Gatal Akibat Timbul Jerawat? 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya topi penyebab kebotakan pada pria 700x467

Kelamaan memakai penutup kepala seperti topi, helm, atau ikat kepala dapat menghambat aliran oksigen pada kulit kepala. Akibatnya, kulit kepala jadi keringatan dan kelenjar minyak akan memproduksi sebum lebih banyak. Lama-kelamaan, jerawat di kulit kepala akan muncul dan berasa sakit.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

ADBLOCK DETECTED