Fakta Unik Kesehatan

Kenapa, Ya, Hidung Saya Berkeringat Terus?

Mungkin Kamu pernah melihat, atau bahkan mengalami sendiri hidung Kamu berkeringat. Jika diamati lebih seksama, tidak semua orang mengalami hidung berkeringat seperti ini meskipun {{tubuh}} sedang “banjir” keringat. Lalu, kenapa hidung sebagian orang gampang sekali berkeringat?

Ternyata, ini penyebab hidung berkeringat

tulang hidung bengkok  Kenapa, Ya, Hidung Saya Berkeringat Terus? tulang hidung bengkok 700x467

Keringat sebenarnya merupakan proses alamiah {{tubuh}} akibat beberapa hal, seperti cuaca panas, olahraga, penyakit, stres, situasi yang menyebabkan gugup, dan lain sebagainya. Sebenarnya, hidung berkeringat bukanlah suatu hal yang harus dikhawatirkan, akibat toh keringat bisa keluar di bagian {{tubuh}} mana saja.

Jumlah dan letak keringat yang dibuat pada {{tubuh}} setiap orang tidak selalu sama. Ambil contoh, ada orang yang dapat mengeluarkan keringat dalam jumlah normal, atau bahkan tidak berkeringat sama sekali.

Ada pula orang dengan keringat yang bercucuran lebih banyak daripada orang lain, meskipun sedang berada dalam situasi dan cuaca yang serupa. Ya, terkadang jumlah keringat yang dihasilkan {{tubuh}} sebagian orang mungkin tampak tidak biasa, bahkan melebihi jumlah keringat normal pada umumnya.

Hal ini biasanya terjadi meski Kamu tidak sedang berada di cuaca panas, atau usai melakukan aktivitas fisik berat. Dalam dunia medis, kondisi seperti ini disebut sebagai hiperhidrosis, yang menyebabkan keringat mengucur deras pada {{tubuh}} tanpa sebab yang jelas.

Hiperhidrosis bisa terjadi di bagian {{tubuh}} mana pun, termasuk hidung. Jika ini yang Kamu alami, beberapa hal berikut ini bisa jadi penyebab hidung berkeringat:

1. Hiperhidrosis primer

Sebagian besar kasus hiperhidrosis tidak diketahui dengan jelas penyebabnya, dikenal sebagai hiperdrosis primer. Hiperhidrosis primer biasanya mulai terjadi di usia anak-anak, dengan letak produksi keringat berlebih di bagian wajah, kepala, ketiak, tangan, dan kaki.

2. Hiperhidrosis sekunder

Berbeda dengan hiperhidrosis primer, hiperhidrosis sekunder adalah keringat berlebih pada seluruh {{tubuh}} yang disebabkan oleh efek samping obat dan kondisi medis tertentu.

Contohnya penyakit jantung, paru-paru, kanker, obesitas, kerusakan kelenjar adrenal, kelebihan hormon tiroid (hipertiroidisme), menopause, diabetes, sampai terlalu banyak konsumsi obat antidepresan. Hiperhidrosis jenis ini lebih sering dialami oleh orang dewasa.

Jadi, apakah hidung berkeringat ini normal?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keringat berukuran kecil yang biasanya muncul di hidung merupakan hal yang wajar. Hanya saja, jika ternyata Kamu mudah sekali berkeringat, bahkan keringat pada {{tubuh}} selalu muncul dalam jumlah yang berlebih, mungkin ini tanda Kamu mengalami hiperhidrosis.

Segera konsultasikan lebih lanjut dengan dokter {untuk} mengetahui penyebab pasti dan penanganan dari kondisi yang Kamu alami.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close