Kecantikan
Trending

Jangan Dibuang, Andalkan Kulit Jeruk Sebagai Obat Jerawat

Manfaat buah jeruk yang kaya vitamin C memang telah banyak diketahui orang, tapi kulit jeruk ternyata tak kalah bermanfaat dibandingkan buahnya. Sebuah kegunaannya yang paling dikenal adalah {{untuk}} menyehatkan dan mencerahkan kulit. Bahkan, tidak sedikit pula yang menggunakan kulit jeruk {{untuk}} jerawat. Akan tetapi, benarkah kulit jeruk bisa mengatasi masalah jerawat?

Kandungan dalam kulit jeruk yang bisa mengatasi jerawat

Mengutip laman StyleCraze dan Dr. Mercola, kulit jeruk sebenarnya merupakan bagian buah jeruk yang paling menyehatkan. Pasalnya, kulit jeruk mengandung berbagai senyawa seperti hesperidin dan polymethoxyflavones yang bersifat antioksidan. Jika Kamu pernah bertanya-tanya mengapa kulit jeruk berasa pahit, jawabannya adalah tingginya kandungan beragam senyawa antioksidan yang bermanfaat ini.

5 alasan gunakan kulit jeruk sebagai masker bikin perempuan tambah cantik keITLPx7jX 300x201 - Jangan Dibuang, Andalkan Kulit Jeruk Sebagai Obat Jerawat

Buah jeruk memang tinggi kandungan vitamin C. Namun, kandungan vitamin C terbanyak justru adanya pada kulit jeruk. Di dalam 100 gram kulit jeruk, terkandung 136 miligram vitamin C, atau hampir dua kali lipat lebih banyak dibandingkan jumlah vitamin C sebanyak 71 miligram yang adanya pada daging buah jeruk.

Bagian jeruk yang mempunyai aroma menyegarkan ini juga banyak mengandung senyawa antiradang, antimikroba, dan antibakteri. Senyawa-senyawa ini penting dalam mengatasi jerawat, sebab jerawat terbentuk akibat peradangan pada pori-pori yang tersumbat oleh bakteri, sel kulit mati, atau minyak berlebih.

Kulit jeruk juga mengandung cukup vitamin A, vitamin B, serat, dan berbagai jenis mineral. Penggunaannya pada kulit pun disinyalir dapat merangsang pertumbuhan sel-sel baru kulit wajah. Kombinasi berbagai kandungan bermanfaat inilah yang bisa membantu Kamu mengatasi masalah jerawat secara alami.

Cara menggunakan kulit jeruk untuk mengatasi jerawat

Kamu bisa menggunakan kulit jeruk {{untuk}} mengatasi jerawat melewati beberapa cara. Berikut di antaranya:

1. Membuatnya menjadi pasta kulit jeruk

Untuk membuatnya menjadi pasta kulit jeruk, ambil beberapa kulit jeruk dan keringkan di bawah sinar matahari selama seharian. Lalu, haluskan kulit jeruk sampai menjadi bubuk yang halus. Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai teksturnya menjadi lunak seperti pasta. Barulah kulit jeruk bisa digunakan seperti masker.

Sebelum mengoleskannya pada wajah, bersihkan wajah Kamu dengan air hangat. Lalu, oleskan pasta kulit jeruk dan diamkan selama 15-20 menit. Lakukan setiap hari setidaknya selama 15 hari untuk mendapatkan hasil optimal.

2. Memeras cairan dari kulit jeruk

Menggunakan kulit jeruk {{untuk}} jerawat juga dapat dilakukan dengan memerasnya langsung. Pisahkan kulit jeruk dari buahnya, setelah itu peras dengan segera. Gunakan kapas kecil, setelah itu totolkan pada area jerawat. Lakukan selama beberapa hari, dan Kamu akan mendapatkan hasilnya.

3. Membuat masker kulit jeruk dan madu

Masker ini bisa membantu menghilangkan kemerahan dan luka bekas jerawat. Caranya, campurkan bahan utama bubuk kulit jeruk, madu, dan yogurt. Lalu, Kamu dapat langsung mengoleskannya pada wajah. Jika kulit wajah Kamu berasa kering setelah menggunakan masker ini, Kamu dapat mencampur masker ini dengan pelembap atau minyak kelapa.

Jadi, benarkah kulit jeruk bisa mengatasi jerawat? Dengan penggunaan yang tepat, Kamu dapat mengoptimalkan potensi kulit jeruk sebagai sebuah solusi alami dari permasalahan kulit wajah Kamu.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

ADBLOCK DETECTED