Kebugaran Jasmani

Ingin Stamina Tetap Prima Saat Lari? Yuk, Coba 5 Cara Mudah Ini!

Dibandingkan jenis olahraga lainnya, lari adalah satu dari beragam olahraga yang sederhana dan mudah {untuk} dilakukan. Meski begitu, banyak orang yang enggan melakukan olahraga ini akibat dianggap melelahkan dan {{butuh}} banyak energi. Apakah Kamu salah satunya? Jika ya, mungkin akibat stamina yang Kamu miliki kurang kuat {untuk} berlari dalam jarak tertentu. Yuk, simak review di bawah ini supaya tahu bagaimana caranya meningkatkan dan menjaga stamina supaya kuat lari dan tidak cepat lelah!

Tips {untuk} meningkatkan stamina supaya kuat lari

Jangan keburu menyerah kalau Kamu termasuk orang yang gampang capek, bahkan lebih banyak menghabiskan waktu {untuk} beristirahat saat lari. Mulai sekarang, persiapkan beberapa hal berikut ini {untuk} menjaga stamina tetap prima supaya kuat lari:

1. Lakukan pemanasan sebelum lari

peregangan sebelum lari  Ingin Stamina Tetap Prima Saat Lari? Yuk, Coba 5 Cara Mudah Ini! gerakan peregangan sebelum lari 700x467 1

Selayaknya olahraga lain, lari juga membutuhkan pemanasan. Apalagi jika jarak lari yang Kamu tempuh cukup jauh atau Kamu berencana {untuk} lari dalam waktu yang lama. Jadi, baiknya pastikan Kamu menyempatkan {untuk} melakukan pemanasan diawal.

Akan tetapi, terlepas dari tinggi atau rendahnya intensitas serta sebentar atau lamanya waktu lari, sebaiknya tetap lakukan pemanasan sebelum lari.

Lakukan gerakan-gerakan dinamis yang banyak melibatkan otot-otot kaki, seperti:

  • Menekuk lutut kanan dan kiri ke samping, ke atas, serta ke belakang
  • Berjinjit {untuk} melatih otot paha
  • Memutarkan pergelangan kaki ke kanan dan kiri
  • Lari di tempat

2. {{Atur}} pernapasan selama berlari

kembali berlari setelah berhenti  Ingin Stamina Tetap Prima Saat Lari? Yuk, Coba 5 Cara Mudah Ini! memulai lari lagi 700x467

Banyak orang yang mengaku tidak kuat berlari terlalu lama akibat merasa kesulitan dalam mengatur pernapasan. Ya, pernapasan yang teratur merupakan sebuah kunci supaya kuat lari yg tidak boleh Kamu abaikan. Itulah mengapa bila Kamu masih pemula dan belum terbiasa berlari, Kamu tidak dibolehkan {untuk} banyak berbicara selama lari.

Hal ini justru akan membuat Kamu ngos-ngosan, pernapasan tidak teratur, yang pada akhirnya gampang lelah dan menyerah. Cobalah {untuk} lebih berkonsentrasi saat lari, lalu kendalikan dan jaga pernapasan Kamu supaya berada pada tempo yang stabil.

3. Tentukan tempo dan interval saat lari

Ingin Stamina Tetap Prima Saat Lari? Yuk, Coba 5 Cara Mudah Ini! shutterstock 1074744341 700x467

Berlatih mengatur tempo serta interval pada saat berlari lama-lama akan membantu Kamu supaya kuat lari jauh tanpa menyelinginya dengan berjalan kaki, atau bahkan sering menepi {untuk} beristirahat. Memang tidak instan dan {{butuh}} proses beberapa waktu.

Akan tetapi, dengan rutin mengatur interval dan tempo setiap kali berlari, setidaknya akan membuat Kamu tahu sejauh kemampuan {{tubuh}}. Dengan begitu, Kamu tidak akan memaksakan {untuk} berlari di luar kemampuan {{tubuh}} Kamu. Semakin mahir dan sering Kamu berlatih, semakin berkembang pula interval serta tempo Kamu dalam berlari.

4. Mendengarkan musik

panduan aman lari saat hamil muda  Ingin Stamina Tetap Prima Saat Lari? Yuk, Coba 5 Cara Mudah Ini! waktu lari 700x467 700x467

Percaya atau tidak, mendengarkan musik saat olahraga bisa membawa pengaruh positif bagi {{tubuh}} dan pikiran. Hal ini {{turut}} dibuktikan oleh sebuah kajia penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research di tahun 2016.

Hasilnya menemukan sesungguhnya sekelompok orang yang punya detak jantung lambat, dinilai tampak lebih bersemangat dan tidak mudah lelah pada saat berolahraga sambil mendengarkan musik. Secara tidak langsung, musik memang bisa membuat {{tubuh}} lebih rileks yang pada akhirnya memberikan dorongan dan motivasi selama Kamu beraktivitas.

Begitu pun saat pada saat Kamu berlari sambil mendengarkan musik, alunannya seolah membuat Kamu lupa sudah berapa jauh jarak yang ditempuh.

5. Jaga pola makan

makanan diabetesi  Ingin Stamina Tetap Prima Saat Lari? Yuk, Coba 5 Cara Mudah Ini! makanan diabetesi 700x467

Penting {untuk} mempertimbangkan jenis serta porsi makanan dan minuman supaya kuat lari sekaligus tidak mudah lelah. Penuhi asupan makanan harian Kamu dengan sumber karbohidrat, protein, lemak, serta serat dalam jumlah yang cukup. Artinya, tidak terlalu banyak ataupun sedikit.

Meski tampak sepele, tapi apa pun yang Kamu konsumsi nyatanya mampu memengaruhi kemampuan {{tubuh}} dalam melakukan berbagai aktivitas, termasuk berlari.

6. Istirahat yang cukup

efek lembur kerja di rumah  Ingin Stamina Tetap Prima Saat Lari? Yuk, Coba 5 Cara Mudah Ini! meninggalkan pekerjaan kantor bikin tidur nyenyak 700x467

Semua cara yang telah disebutkan sebelumnya akan kurang lengkap tanpa diiringi dengan istirahat atau tidur yang cukup.  Tidur dapat membantu memulihkan kembali energi yang terkuras selama lari, sekaligus akan menyediakan stamina baru supaya kuat lari lagi menempuh jarak tertentu.

Jadi, sudah siap {untuk} mulai menjaga stamina {{tubuh}} supaya tidak gampang capek saat lari?

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close