Fakta Unik Kesehatan

Hasil Tes Urine Menunjukkan Terdapat Sel Darah Putih pada Urine, Apa Artinya?

Melewati berbagai komponen yang diuji di dalamnya, hasil tes urine dapat menjadi petunjuk akan terdapat gangguan kesehatan pada {{tubuh}} seseorang. Begitu pula jika adanya sel darah putih di urine Kamu, maka hal ini bisa menjadi gejala dari kondisi tertentu.

Berbagai penyebab munculnya sel darah putih di urine

Idealnya, urine harus steril dari bakteri. Maka dari itu, keberadaan sel darah putih di urine biasanya merupakan hal yg tidak normal dan dapat menandakan kondisi berikut:

1. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri yang menyerang kandung kemih, uretra, dan ginjal. Bila dibiarkan, kondisi ini akan menghambat aliran urine pada saluran kemih dan mengakibatkan infeksi lebih lanjut. {{Tubuh}} berusaha melawan infeksi menggunakan sel-sel darah putih. Akibatnya, jumlah sel darah putih di urine Kamu pun meningkat.

2. Penyakit batu ginjal

Penyakit batu ginjal ditandai dengan tingginya kadar mineral dan garam yg tidak tersaring dengan baik dari darah. Mineral ini lalu terbawa bersama urine dan terkadang disertai dengan tingginya nilai sel darah putih. Batu ginjal yang terbawa ke ureter dapat menghambat aliran urine. Bakteri pun dapat berlipat ganda di area tersebut, setelah itu mengakibatkan infeksi dan memicu naiknya jumlah sel darah putih di urine.

3. Pyelonefritis (infeksi ginjal)

Bakteri E. coli yang adanya pada anus dapat memasuki saluran kemih melewati vagina. Bakteri ini lalu bergerak menuju ginjal dan mengakibatkan infeksi. Infeksi pada ginjal bahkan lebih parah dibandingkan infeksi pada saluran kemih akibat dapat menyebar melewati aliran darah dan mengakibatkan infeksi yang lebih parah pada organ lainnya.

4. Penyebab lainnya

Selain penyebab {{umum}} di atas, terdapat sel darah putih di urine dapat disebabkan akibat kondisi lain, seperti:

  • pyuria steril, yakni kondisi saat Kamu mengalami gejala infeksi saluran kemih tapi tidak adanya bakteri pada urine
  • sistitis, yaitu infeksi pada kandung kemih
  • infeksi pada panggul atau infeksi intraabdomen
  • pneumonia dan tuberkulosis
  • penyakit ginjal polikistik
  • ketidakcocokan donor ginjal

Segera konsultasikan kondisi Kamu dengan dokter bila hasil tes urine Kamu menunjukkan terdapat sel darah putih di urine. Bila penyebabnya adalah infeksi, maka hal Ini akan menangkal dampak jangka panjang infeksi pada kesehatan ginjal dan saluran kemih Kamu.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close