Harus Tau

Definisi Manajemen Adalah

Definisi manajemen adalah sebuah ilmu dan seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.  Artikel di bawah ini akan membahas pengertian manajemen dan serba-serbi dari manajemen.

 

Definisi Manajemen

Manajemen memang mempunyai berbagai macam sudut pandang dan persepsi.

Di bawah ini adalah definisi manajemen secara komprehensif:

 

#1 Definisi Manajemen Menurut Para Ahli

Di bawah ini merupakan 5 definisi manajemen yang dikemukakan oleh para ahli dalam ilmu manajemen:

  • Mary Parker Follet, manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
  • Ricky W. Griffin, manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien.
  • Henry Fayol, manajemen adalah ilmu yang mengandung gagasan atau ide 5 fungsi utama yaitu merancang, memerintah, mengorganisir, mengendalikan dan mengkoordinasi.

  • George R. Terry, manajemen adalah proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber-sumber lain.
  • Eiji Ogawa, manajemen adalah perencanaan, pengimplementasian, serta pengendalian dari setiap kegiatan yang dilakukan oleh setiap perusahaan atau organisasi dengan menetapkan setiap sasaran yang disempurnakan sesuai dengan kondisi (fleksibel).

 

#2 Definisi Manajemen Secara {Umum}

Jika disimpulkan dari berbagai definisi manajemen di atas, definisi manajemen secara {umum} adalah proses merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien dengan menggunakan sumber daya organisasi.

 

Sejarah Manajemen

Kegiatan dan pemikiran manajemen ternyata sudah ada bersama dengan sejarah manusia. Keberadaan ilmu manajemen sudah dipastikan sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Contohnya, terlihat pada pembangunan piramida di Mesir. Piramida tersebut dibangun oleh lebih dari 100.000 orang selama 20 tahun.

Piramida tersebut tentu tidak akan berhasil dibangun jika tidak ada seseorang yang mengatur dan mengawasi pekerjaan.

Definisi-Manajemen-Adalah-2-Pembangunan-Piramida-Mesir-Finansialku  Definisi Manajemen Adalah Definisi Manajemen Adalah 2 Pembangunan Piramida Mesir Finansialku

[Baca Juga: Definisi Ekonomi Syariah Adalah]

 

Orang tersebutlah yang merencanakan apa yang harus dilakukan, mengorganisir manusia serta bahan bakunya, memimpin dan mengarahkan para pekerja, serta menegakkan pengendalian tertentu guna menjamin bahwa segala sesuatunya dikerjakan sesuai rencana.

Sama halnya dengan pembangunan tembok besar di Cina, Candi Borobudur di Indonesia, praktik perdagangan di Venesia tahun 1400-an, dan masih banyak contoh lainnya.

Saya akan membahas sejarah manajemen yang terbagi ke dalam 3 era, yaitu era abad 19, abad 20, dan era modern.

 

#1 Era Abad 19

Manajemen mulai berkembang pada awal abad 19 dan dikembangkan oleh tokoh ekonomi klasik yaitu Adam Smith dan John Stuart Mill dengan memberikan teori-teori pengaturan sumber daya manusia, produksi, dan penetapan harga.

Smith mengemukakan keunggulan ekonomis yang akan diperoleh organisasi dari pembagian kerja (division of labor), yaitu perincian pekerjaan ke dalam tugas-tugas yang spesifik dan berulang.

Lalu pada waktu yang berdekatan terjadi revolusi industri di Inggris yang sangat memengaruhi perkembangan ilmu manajemen.

Definisi-Manajemen-Adalah-1-Revolusi-Inggris-Finansialku  Definisi Manajemen Adalah Definisi Manajemen Adalah 1 Revolusi Inggris Finansialku

[Baca Juga: Definisi Kebijakan Moneter Adalah]

 

Terdapat revolusi industri membuat tenaga manusia tergantikan dengan penggunaan mesin, sehingga terjadi perpindahan kegiatan produksi dari rumah menuju pabrik.

Perpindahan ini mengakibatkan manajer-manajer pada saat itu membutuhkan teori yang bisa membantu mereka meramalkan permintaan, memastikan cukupnya persediaan bahan baku, memberikan tugas kepada bawahan, mengarahkan kegiatan sehari-hari, dan lain-lain, sehingga ilmu manajamen mulai dikembangkan oleh para ahli.

Pertengahan abad 19 sudah mulai bermunculan teori pelatihan, motivasi, struktur organisasi, dan kontrol pengembangan pekerja yang dikembangkan oleh Robert Owen, Henry Poor, dan M. Laughlin.

Pada akhir abad 19, tokoh ekonomi Alfred Marshall dan Leon Walras memasukkan teori baru yang lebih rumit ke teori manajemen.

 

#2 Era Awal Abad 20

Awal abad 20 mulailah muncul teori manajemen yang lengkap yang dikemukakan oleh industriawan Perancis bernama Henri Fayol.

Definisi-Manajemen-Adalah-3-Henry-Fayol-Finansialku  Definisi Manajemen Adalah Definisi Manajemen Adalah 3 Henry Fayol Finansialku

[Baca Juga: Definisi Ekonomi Pembangunan Adalah]

 

Fayol menjelaskan beberapa cabang dalam manajemen dan hubungannya satu sama lain.

Ia membagi manajemen menjadi 5 unsur yaitu perencanaan, pengorganisasian, pemberi perintah, pengkoordinasian, dan pengawasan. Ke-5 fungsi ini dikenal sebagai fungsionalisme.

Selanjutnya, Fayol membagi kegiatan manajemen menjadi 6 bagian yaitu teknik produksi dan manufakturing produk, komersial, keuangan, keamanan, akuntansi, dan manajerial.

Mendekati akhir abad 20, manajemen terdiri dari beberapa bidang terpisah, yaitu:

  • Manajemen sumber daya manusia
  • Manajemen operasi atau produksi
  • Manajemen strategi
  • Manajemen pemasaran
  • Manajemen keuangan
  • Manajemen informasi teknologi

 

#3 Era Modern

Era modern bermula dengan ditandainya konsep manajemen kualitas total (TQM) yang diperkenalkan oleh ahli manajemen W. Edward Deming dan Joseph Juran.

Deming berpendapat bahwa kebanyakan permasalahan dalam kualitas bukan berasal dari kesalahan pekerja, melainkan sistemnya.

Deming menekankan pentingnya peningkatan kualitas dengan menggunakan teori lima langkah reaksi berantai.

Lalu, adanya teori yang dikemukakan Joseph Juran yang menyatakan bahwa 80% kegagalan produksi disebabkan akibat faktor-faktor yang sebenarnya dapat dikontrol oleh manajemen.

Dari teorinya, ia mengembangkan trilogi manajemen yang memasukkan perencanaan, kontrol, dan peningkatan kualitas.

 

Fungsi Manajemen Adalah

Manajemen mempunyai 4 fungsi utama yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating), dan pengawasan (controlling).

Definisi Manajemen Adalah Pengertian Manajemen  Definisi Manajemen Adalah Definisi Manajemen Adalah 4 Finansialku

Terlihat pada gambar di atas bahwa fungsi manajemen terdiri dari kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan yang menggunakan sumber daya tertentu untuk mencapai tujuan organisasi tertentu dengan efisien dan efektif.

 

#1 Perencanaan (Planning)

Perencanaan berarti kegiatan menetapkan tujuan organisasi dan memilih

cara yang terbaik untuk mencapai tujuan tersebut.

Langkah pertama, rencana ditetapkan untuk organisasi secara keseluruhan. Lalu, rencana yang lebih detail untuk masing-masing bagian atau divisi ditetapkan.

Dengan cara semacam itu, organisasi mempunyai perencanaan yang konsisten secara keseluruhan.

Kiat-Sukses-Motivasi-Bisnis-04 planning-Finansialku  Definisi Manajemen Adalah Kiat Sukses Motivasi Bisnis 04 planning Finansialku

[Baca Juga: Definisi Defisit Adalah]

 

Beberapa kegunaan perencanaan adalah mengarahkan kegiatan organisasi yang meliputi penggunaan sumber daya dan penggunaannya untuk mencapai tujuan organisasi,  memantapkan konsistensi kegiatan anggota organisasi supaya sesuai dengan tujuan organisasi, dan memonitor kemajuan organisasi.

Jika organisasi berjalan menyimpang dari tujuan yang telah ditetapkan, dapat dilakukan perbaikan.

Kegunaan ketiga erat kaitannya dengan kegiatan pengendalian. Pengendalian memerlukan perencanaan dan perencanaan bermanfaat bagi pengendalian.

 

#2 Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian dapat diartikan sebagai kegiatan mengkoordinasi sumber daya, tugas, dan otoritas diantara anggota organisasi supaya tujuan organisasi dapat dicapai dengan cara yang efisien dan efektif.

Contohnya, kegiatan di perusahaan kebanyakan diorganisasi berdasarkan fungsi pokok perusahaan seperti pemasaran, keuangan, produksi, administrasi, dan personalia.

Masing-masing dikelompokan menjadi departemen atau bagian sendiri dan dipimpin oleh masing-masing manajer yang bertanggung jawab kepada direktur utama (CEO).

 

#3 Pengarahan (Actuating)

Setelah struktur organisasi ditetapkan dan orang-orangnya telah ditentukan, langkah selanjutnya adalah membuat orang-orang tersebut bekerja untuk mencapai tujuan organisasi.

Manajer perlu mengarahkan mereka dengan cara memberi pengarahan (directing), memengaruhi orang lain (influencing), dan memotivasi orang tersebut untuk bekerja (motivating).

12 Alasan Resign Kerja yang Sering Diucapkan Karyawan. Apakah Anda Pernah Melakukannya Juga 02  Definisi Manajemen Adalah 12 Alasan Resign Kerja yang Sering Diucapkan Karyawan

[Baca Juga: Definisi Buku Besar Adalah]

 

Pengarahan sering dikatakan sebagai kegiatan manajemen yang paling menantang dan paling krusial akibat langsung berhadapan dengan manusia.

 

#4 Pengendalian (Controlling)

Tahap terakhir proses manajemen adalah pengendalian. Pengendalian bertujuan melihat apakah kegiatan organisasi sesuai dengan rencana atau tidak.

Fungsi pengendalian meliputi 4 kegiatan, yaitu:

  1. Menentukan standar prestasi
  2. Mengukur prestasi yang telah dicapai selama ini
  3. Membandingkan prestasi yang telah dicapai dengan standar prestasi
  4. Melakukan perbaikan jika ada penyimpangan dari standar prestasi yang telah ditentukan.

 

Lalu, kembali lagi ke fungsi awal yaitu perencanaan untuk periode berikutnya.

 

Kegunaan Manajemen

Keempat fungsi manajemen di atas jika dijalankan secara cermat dan sistematis dapat memberikan kegunaan sebagai berikut:

  • Membantu manajer dan para anggota untuk merancang strategi melalui pendekatan yang lebih sistematis, rasional, dan efektif.
  • Mendapatkan hasil yang maksimal melalui proses yang menyeluruh. Proses tersebut tentunya harus dilaksanakan sesuai dengan fungsi manajemen.
  • Manajemen akan memudahkan kita untuk menyajikan kerangka kerja untuk jangka pendek maupun jangka panjang sehingga target pun akan lebih mudah untuk ditentukan.
  • Membantu proses alokasi sumber daya yang efektif.
  • Mendorong tumbuhnya sikap profesional dalam diri setiap anggota organisasi yang diberikan kepercayaan untuk melaksanakan tugas.

 

Apakah Anda mempunyai pertanyaan mengenai definisi manajemen lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Referensi Atikel:

  • Michael Putra. Pengertian Manajemen – Tujuan, Fungsi, Kegunaan, Jenis, Makalah. Sayanda.com – https://goo.gl/pb61nH
  • Dr. Mamduh Hanafi. Konsep Dasar dan Perkembangan Teori Manajemen. Repository.ut.ac.id – https://goo.gl/Fd7g9u
  • Admin. 4 Februari 2018. 20 Definisi Manajemen Menurut Para Ahli. Rocketmanajemen.com – https://goo.gl/ghCm1K
  • Citra Dara. 17 Desember 2013. Makalah Sejarah Manajemen – https://goo.gl/jYqYyh
  • Admin. Manajemen. Id.wikipedia.org – https://goo.gl/qrKJPY

 

Sumber Gambar:

  • Henri Fayol – https://goo.gl/RFU96W
  • Piramida Mesir – https://goo.gl/KbZ8MM
  • Revolusi Inggris – https://goo.gl/z5Q4UH
  • Manajemen – https://goo.gl/jmJG5B

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg  Definisi Manajemen Adalah Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close