Harus TauKeuangan

Apa itu Devisa? Definisi Devisa Adalah

Apa itu Devisa? Definisi Devisa Adalah sejumlah valuta asing yang berguna untuk membiayai seluruh transaksi perdagangan internasional atau perdagangan antarnegara.

Apa itu Devisa?

Dilansir dari Ekspektasia.com (Senin, 7/5/2018), devisa adalah sejumlah valuta asing yang berguna untuk membiayai seluruh transaksi perdagangan internasional atau perdagangan antarnegara.

Devisa juga bisa diartikan sebagai kekayaan dalam bentuk mata uang asing yang dimiliki oleh suatu negara dan kekayaan ini harus diterima dan diakui secara luas oleh dunia internasional.

Seperti US Dollar, Dollar Canada, Euro (Eropa), Pound Sterling (Inggris), Franc (Perancis), Franc (Swiss), Deutsche Mark (Jerman), Yen (Jepang), emas, dan surat berharga yang berlaku dalam pembayaran internasional.

Definisi Devisa Adalah 02 apa itu devisa? definisi devisa adalah Apa itu Devisa? Definisi Devisa Adalah Definisi Devisa Adalah 02 Finansialku

Nah, penting juga untuk diketahui bahwa tidak semua mata uang asing yang ada di Indonesia bisa dikatakan sebagai devisa. Kenapa?

Akibat, yang hanya disebut sebagai devisa adalah mata uang asing yang beredar di dalam negeri dan di Bank Sentral (Bank Indonesia) selain itu ada catatan kurs resminya.

Sebagai contoh, untuk mata uang Honduras belum mempunyai catatan resminya di Bank Indonesia, so, mata uang Honduras tidak termasuk sebagai devisa negara ya…

Menyinggung bahasan tentang devisa, kita juga sering kali mendengar istilah cadangan devisa, yaitu sejumlah valuta asing yang dicadangkan oleh Bank Sentral untuk kebutuhan pembiayaan serta kewajiban luar negeri.

Cadangan devisa pun menjadi salah satu indikator yang menunjukkan kuat-lemahnya perekonomian suatu negara.

Negara yang mempunyai cadangan devisa besar, maka stabilitas moneter dan ekonomi makro negara tersebut akan terjamin.

Tentunya setiap negara pasti menginginkan persediaan atau cadangan devisanya cukup. Sehingga dengan terdapat cadangan devisa, maka suatu negara bisa membeli barang-barang atau kebutuhan dari negara lain, membiayai perjalanan dinas ke luar negeri, sampai membayar cicilan utang luar negeri, dan lain-lain.

Inilah 4 Fungsi Devisa dalam Suatu Negara

Sebagai indikator kuat lemahnya perekonomian suatu negara, ternyata devisa mempunyai beberapa fungsi lainnya yang tentunya berperan penting dalam stabilitas perekonomian negara tersebut, diantaranya:

#1 Alat Pembayaran Perdagangan Internasional

Fungsi devisa yang pertama merupakan alat pembayaran dalam perdagangan internasional yang dilakukan antarnegara, seperti pada kegiatan ekspor dan impor.

Dilansir dari Dosenekonomi.com (Selasa, 8/5/2018), terdapat devisa mampu mempermudah terjadinya transaksi perdagangan ekspor impor. Tidak hanya rupiah saja yang digunakan sebagai alat pembayaran, devisa juga mempunyai kegunaan yang sama.

Apa Bedanya Reksa Dana Dolar dan Reksa Dana Rupiah Cari Informasi Selengkapnya Disini! 02 apa itu devisa? definisi devisa adalah Apa itu Devisa? Definisi Devisa Adalah Apa Bedanya Reksa Dana Dolar dan Reksa Dana Rupiah Cari Informasi Selengkapnya Disini 02 Finansialku

Dengan fungsi tersebut menjadikan devisa sebagai mata uang yang kedua bagi negara yang berkaitan dengan pengadaan barang luar negeri.

#2 Alat Pembayaran dalam Menjalin Hubungan Internasional

Selain digunakan dalam dunia perdagangan internasional, salah satu kekayaan negara ini juga digunakan untuk membangun hubungan internasional, misalnya membiayai perjalanan dinas atau kegiatan diplomatik lainnya di luar negeri.

Semua kegiatan tersebut menggunakan pembiayaan dari devisa negara. Termasuk biaya penggunaan kantor kedutaan dan jaminan, semuanya dari devisa.

Fungsi devisa sebagai pembiayaan kegiatan kenegaraan ke luar negeri didapat dari pemasukan biaya ekspor dan dari sektor lainnya.

#3 Alat Pembayaran Utang Luar Negeri

Alokasi cadangan devisa yang dimiliki suatu negara memang perlu dikelola secara bijak. Pasalnya, devisa yang tersedia juga berfungsi sebagai alat pembayaran utang dari negara yang bersangkutan.

Jika suatu negara mengalami peningkatan pengeluaran devisa untuk membayar utang ataupun digunakan dalam rangka stabilisasi nilai tukar mata uang, biasanya cadangan devisa negara tersebut cenderung lebih rendah atau mengalami penurunan.

Contohnya, dalam rangka mempercepat proses pembangunan nasional tentu saja dibutuhkan anggaran dana yang besar. Seperti yang dilakukan Indonesia kali ini, pembangunan terus menerus dilakukan tanpa henti.

Transaksi-Uang-Tunai-Lebih-Dari-Rp100-Juta-Akan-Kena-Sanksi-4-Pencucian-Uang-Finansialku apa itu devisa? definisi devisa adalah Apa itu Devisa? Definisi Devisa Adalah Transaksi Uang Tunai Lebih Dari Rp100 Juta Akan Kena Sanksi 4 Pencucian Uang Finansialku

Hal ini dilakukan guna mengejar target kemajuan dan kekuatan ekonomi. Maka, untuk merealisasikan proyek tersebut sampai selesai, pasti membutuhkan dana yang besar.

Atas dasar itulah cadangan devisa yang dimiliki setiap negara harus diatur sedemikian rupa dalam hal penggunaannya, supaya dapat membangun perekonomian negara yang kuat. Tidak hanya dijadikan sebagai alat membayar utang, tetapi dialokasikan pada sektor-sektor lainnya.

#4 Sumber Keuntungan Negara

Tidak hanya menjadi ‘alat pembayaran’, devisa juga mempunyai fungsi sebagai salah satu sumber keuntungan sebuah negara. Hal ini diperuntukan bagi pembangunan nasional dan membangun perekonomian negara.

Sumber Devisa Adalah

Setelah mengetahui fungsi tersebut, lalu darimana datangnya devisa sebagai kekayaan negara?

Berikut ini beberapa sumber devisa yang menjadi keuntungan sebuah negara. Check this out!

#1 Hasil Ekspor Barang dan Jasa

Kegiatan ekspor barang dan jasa merupakan salah satu sumber utama devisa sebuah negara. Melalui kegiatan ekspor suatu barang atau jasa ke negara lain, maka negara pengekspor akan mendapatkan pendapatan dari negara pengimpor berupa devisa.

Karenanya, semakin banyak kegiatan ekspor yang dilakukan maka devisa negara tersebut akan semakin bertambah.

#2 Penerimaan Imbalan atas Jasa di Luar Negeri

Pada saat sebuah negara mengirimkan jasa-jasa yang dimiliki oleh sumber manusia dalam negara tersebut ke luar negeri. Maka negara pengirim jasa itu akan mendapatkan devisa dari tenaga atau jasa yang digunakan oleh negara lain.

#3 Kegiatan Pariwisata

Semakin banyak turis yang masuk ke dalam suatu negara, akan semakin bertambah devisa negara tersebut.

Games Tebak Gambar Tempat Wisata di Indonesia 02 Pulau Komodo Padar apa itu devisa? definisi devisa adalah Apa itu Devisa? Definisi Devisa Adalah Games Tebak Gambar Tempat Wisata di Indonesia 02 Pulau Komodo Padar Finansialku

Wisatawan luar negeri yang datang ke dalam suatu negara akan menambah devisa negara tersebut dengan proses penukaran mata uang. Potongan dari penukaran mata uang inilah yang akan dimasukkan sebagai devisa negara.

#4 Pungutan Bea Masuk

Pungutan Bea Masuk adalah pungutan berupa uang yang dijadikan devisa negara atas barang-barang dari luar negeri yang masuk ke dalam suatu negara.

Artinya semakin banyak barang luar negeri yang masuk ke suatu negara maka devisa negara tersebut akan semakin bertambah.

#5 Pinjaman atau Utang Luar Negeri

Walaupun sifatnya harus dikembalikan, pinjaman dari luar negeri tetap dihitung ke dalam devisa negara.

#6 Hibah, Bantuan atau Hadiah dari Luar Negeri

Hibah hadiah, bantuan atau sumbangan yang diperoleh dari luar negeri dapat berupa barang ataupun uang. Devisa berupa uang akan masuk ke dalam devisa secara otomatis. Umumnya, sebuah negara akan mendapatkan bantuan dari banyak negara pada saat mengalami musibah atau bencana

Adapun bantuan yang berupa barang, maka negara yang menerima bantuan tersebut dapat menghemat devisanya akibat mereka mendapatkan barang yang dibutuhkan tanpa harus mengeluarkan modal.

#7 Warga Negara yang Bekerja di Luar Negeri

Devisa ini diperoleh pada saat warga negara tersebut ingin mengirimkan uang atau menukarkan uang ke negara asalnya, maka otomatis penukaran dilakukan melalui Bank.

Potongan dari proses penukaran inilah yang dijadikan sebagai devisa, oleh akibat itu semakin banyak warga negara yang bekerja di luar negeri, maka devisa negara asalnya akan semakin bertambah.

8 Cara Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Efektif untuk Karyawan Sibuk apa itu devisa? definisi devisa adalah Apa itu Devisa? Definisi Devisa Adalah 8 Cara Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Efektif untuk Karyawan Sibuk Finansialku

Klasifikasi Jenis Devisa Adalah

Ternyata, kategori devisa itu berbeda-beda. Ada berbagai klasifikasi berdasarkan jenisnya, yaitu:

#1 Devisa Berdasarkan Sumbernya

Devisa Kredit

Devisa kredit adalah devisa yang diperoleh dengan syarat harus dikembalikan. Contohnya adalah devisa yang berasal dari pinjaman luar negeri.

Devisa {Umum}

Devisa {umum} adalah jenis devisa yang diperoleh tanpa diiringi kewajiban untuk mengembalikannnya. Contohnya adalah devisa dari kegiatan ekspor.

#2 Devisa Berdasarkan Wujudnya

Devisa Kartal

Devisa kartal adalah devisa yang berwujud uang logam atau uang kertas.

Devisa Giral

Devisa giral adalah devisa yang berwujud surat berharga, misalnya cek, International Money Order (IMO), dan lain-lain. Devisa giral dapat pula diubah menjadi devisa kartal dengan kesepakatan dari pihak yang bersangkutan.

#3 Devisa Berdasarkan Wujudnya

  1. Uang Asing atau Valuta Asing (Valas)
  2. Emas
  3. Surat Berharga (wesel, surat piutang, cek, {dll})

Nah, itulah penjelasan seputar devisa. Semoga informasi yang disampaikan dalam artikel ini bisa memberikan kegunaan ya…

Referensi Atikel:

  • Zhafran Ghani Al Rafisqy. 17 Oktober 2017. Pengertian Devisa, Fungsi Devisa, dan Sumber Perolehan Devisa Negara. Ekspektasia.com – https://goo.gl/rDYL1r
  • Redaksi. 14 Oktober 2016. 4 Fungsi Devisa Bagi Negara. Dosenekonomi.com – https://goo.gl/hJyNFX

Sumber Gambar:

  • Devisa Adalah – https://goo.gl/LEMHvH
  • Mata Uang Devisi – https://goo.gl/3MAkds
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close