Harus Tau

Definisi Amalgamasi Adalah

Definisi amalgamasi adalah proses perkawinan antara etnik atau ras yang berbeda.

Dalam ilmu sosiologi, adanya banyak istilah-istilah untuk mewakili atau menggambarkan kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah istilah amalgamasi.

Amalgamasi ini mungkin masih terdengar cukup asing bagi banyak orang. Akan tetapi, contoh dari amalgamasi sebenarnya sudah sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Definisi Amalgamasi Adalah

Istilah-istilah dalam sosiologi seringkali digunakan untuk menunjukkan atau menggambarkan suatu hal dengan lebih mudah. Salah satunya adalah istilah amalgamasi.

Istilah ini menggambarkan suatu proses sosial yang meleburkan suatu kelompok budaya yang ada di suatu daerah yang sama sehingga muncul sesuatu yang baru namun tidak meninggalkan budaya dasarnya.

Selain itu, amalgamasi juga sering disebut sebagai proses perkawinan antara etnik atau ras yang berbeda. Istilah ini pertama kali digunakan pada abad ke-20 di Amerika Serikat dan lalu juga digunakan di tempat lain.

Ada banyak hal positif yang bisa didapat dengan terdapat amalgamasi ini. Salah satunya adalah mampu meminimalisasi risiko pertikaian antara dua etnis atau ras yang berada dalam satu wilayah.

 

Contoh Amalgamasi

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda mungkin telah sering menemukan contoh amalgamasi. Contohnya adalah beberapa hal berikut ini:

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Definisi Amalgamasi Adalah Ebook Dana Pendidikan Anak Finansialku Mockup

 

#1 Pernikahan Etnis Jawa dengan Etnis Sunda

Di masa lalu, etnis Jawa dan etnis Sunda bukanlah dua etnis yang saling akur meskipun sama-sama tinggal di Pulau Jawa. Dan lalu, semakin banyak etnis Jawa yang menikahi etnis Sunda dan sebaliknya.

Dengan terdapat pernikahan ini, secara perlahan-lahan pertikaian antara etnis Jawa dan etnis Sunda semakin terlupakan.

Definisi Amalgamasi Adalah 02 Pernikahan  Definisi Amalgamasi Adalah Definisi Amalgamasi Adalah 02 Pernikahan Finansialku

[Baca Juga: Cara Merencanakan Dana Lamaran Pernikahan Dengan Aplikasi Finansialku]

 

Di samping itu, pernikahan antara etnis Jawa dan etnis Sunda juga memunculkan tradisi dan karakteristik budaya yang baru.

Contohnya saja, sudah sejak lama etnis Jawa dikenal mempunyai karakter yang ulet dan halus. Di sisi lain, etnis Sunda dikenal mempunyai paras yang cantik dan putih.

Dengan terdapat pernikahan antara dua etnis ini, bukan mustahil akan lahir generasi baru yang mewarisi paras cantik dan putih dari etnis Sunda yang mempunyai karakter yang ulet dan halus seperti etnis Jawa.

 

#2 Pernikahan antara Negro dan Kulit Putih

Pernikahan lain yang telah terjadi sebagai contoh amalgamasi adalah pernikahan antara negro dan kulit putih.

Pernikahan seperti ini akan banyak Anda temukan di Amerika Serikat yang mempunyai banyak populasi negro dan kulit putih di negara tersebut.

Dengan terdapat pernikahan antara negro dan kulit putih, Amerika Serikat perlahan-lahan mulai menjadi negara yang semakin toleran.

Definisi Amalgamasi Adalah 03 Pernikahan  Definisi Amalgamasi Adalah Definisi Amalgamasi Adalah 03 Pernikahan Finansialku

[Baca Juga: Uang dan Pernikahan, Bagaimana Cara Menyelaraskan Keduanya?]

 

Sebelumnya, agak sulit bagi masyarakat untuk menerima orang negro, dan sering kali orang negro mendapat diskriminasi dari orang-orang di sekitarnya.

Setelah terjadi amalgamasi dan banyak orang negro dan kulit putih yang saling menikah, diskriminasi ini perlahan semakin memudar.

Selain berkurangnya diskriminasi sosial, amalgamasi di Amerika Serikat juga membawa banyak perubahan di hidup masyarakatnya. Mulai dari peningkatan toleransi, sampai gaya bicara dan gaya pakaian yang lebih diterima oleh masyarakat.

 

#3 Pernikahan Orang Indonesia dengan Orang Luar Negeri

Setiap negara tentu saja mempunyai budaya dan juga nilai-nilai yang berbeda, mulai dari aspek bahasa, pola tingkah laku, gaya hidup, gaya bicara, dan berbagai hal lain yang ada di masing-masing negara.

Pernikahan antara dua orang yang berbeda negara tentu saja akan menghadirkan generasi baru yang mempunyai budaya baru sesuai dengan nilai-nilai dan budaya yang dimiliki oleh orangtuanya.

Namun tentu saja, hal ini juga saat erat kaitannya dengan bagaimana cara orangtua dalam mendidik anak dan mewariskan nilai serta budaya yang mereka miliki.

#4 Pernikahan Beda Agama

Contoh amalgamasi yang mungkin terjadi adalah pernikahan beda agama.

Terdapat keragaman agama di suatu tempat dapat memunculkan kemungkinan terjadinya pernikahan beda agama, meskipun jika dibandingkan dengan pernikahan lainnya, pernikahan beda agama ini cukup jarang dilakukan.

Biasanya, setiap agama mempunyai prosesi pernikahan yang berbeda pula. Saat pernikahan beda agama dilangsungkan, biasanya pihak mempelai akan menyepakati prosesi seperti apa yang akan mereka lakukan tanpa harus merugikan salah satu pihak.

 

Dampak Positif Amalgamasi

Amalgamasi yang merupakan pernikahan antara dua kebudayaan yang berbeda ini sering kali akan memunculkan kekhawatiran di antara masing-masing kelompok sosial.

Namun sebenarnya, ada banyak dampak positif yang bisa didapatkan dengan melakukan amalgamasi.

 

#1 Timbulnya Kebudayaan Baru

Dampak yang paling jelas dari amalgamasi adalah akan timbulnya budaya baru.

Saat dua orang yang berbeda budaya saling menikah, mereka akan saling mewariskan kebudayaan yang mereka miliki kepada generasi selanjutnya atau anak mereka.

Cara Merencanakan Dana Lamaran Pernikahan Dengan Aplikasi Finansialku 02  Definisi Amalgamasi Adalah Cara Merencanakan Dana Lamaran Pernikahan Dengan Aplikasi Finansialku 02 Finansialku

[Baca Juga: Cara Menyiapkan Biaya Pernikahan Dalam Waktu 1 Tahun]

 

Pernikahan akan memudahkan dua etnis yang mempunyai budaya berbeda mengenalkan masing-masing budaya yang mereka miliki melalui pola asuh anak.

Dengan terdapat pola asuh yang berbeda, para orangtua akan bersepakat mengenai pola asuh yang akan mereka terapkan kepada anak mereka, sehingga akan muncul pola asuh gabungan yang menghasilkan generasi dengan budaya yang berbeda.

 

#2 Bertukar Pengalaman

Perbedaan budaya akan menjadi hal yang menarik untuk dibahas oleh pasangan setelah menikah. Mulai dari bagaimana kehidupan yang mereka jalani, pendidikan, kepercayaan, dan hal lain yang tentu saja akan menghasilkan pengalaman hidup yang berbeda.

Saling berbicara mengenai pengalaman masa lalu yang mereka jalani akan memunculkan sesuatu yang baru yang lebih mirip dengan penggabungan dua budaya.

 

#3 Menghasilkan Generasi Baru

Perkawinan antara dua etnis akan menghasilkan generasi baru yang berbeda dengan orangtuanya. Baik secara budaya yang mereka pegang, maupun secara genetis.

Contohnya, jika orang Indonesia yang berbadan pendek menikah dengan orang luar negeri yang tinggi, maka akan mempunyai keturunan dengan postur {tubuh} yang cenderung tinggi dengan wajah agak bule.

 

Dampak Negatif Amalgamasi

Namun, di samping berbagai dampak positif yang bisa dihadirkan melalui amalgamasi, amalgamasi ini juga tak lepas dari dampak negatif yang mungkin ditimbulkannya.

 

#1 Pudarnya Nilai dan Kultur Budaya Asli

Penggabungan atau bahkan peleburan antara dua budaya akan mengakibatkan lahirnya budaya baru. Budaya baru ini tidak selalu baik, dan kadang kala bisa mengakibatkan hilangnya budaya asli yang dibawa.

 

#2 Munculnya Konflik

Konflik memang merupakan sesuatu yang sering kali tidak terhindarkan. Dalam amalgamasi, kemungkinan terjadinya konflik biasanya disebabkan akibat dominansi berlebih dari salah satu pemegang budaya.

Doktrinasi budaya yang ia miliki akan mengakibatkan pasangan merasa perlu untuk mempertahankan budaya yang ia miliki dan bawa sejak lahir. Kondisi seperti ini dapat semakin meruncing dan mengakibatkan timbulnya konflik.

10 Penyebab Konflik di Tempat Kerja yang Harus Anda Ketahui 01  Definisi Amalgamasi Adalah 10 Penyebab Konflik di Tempat Kerja yang Harus Anda Ketahui 01 Finansialku

[Baca Juga: Sebagai Pemimpin Perusahaan, Anda Harus Tahu Caranya Menyelesaikan Konflik Internal]

 

#3 Persebaran Penduduk yang Tidak Merata

Pelaku amalgamasi kadang kala mempunyai kecenderungan untuk mengupayakan orang di sekelilingnya untuk melakukan perkawinan campuran dengan sesama etnis pasangannya.

Dengan terdapat keinginan meneruskan dinasti seperti ini, risiko persebaran penduduk yang tidak merata akan cenderung semakin besar.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini  Definisi Amalgamasi Adalah Harga Emas Hari Ini Download Panduan Berinvestasi Logam Mulia Emas untuk Pemula Finansialku

 

Itulah definisi amalgamasi dan juga dampak positif serta dampak negatif yang mungkin terjadi.

 

Apakah Anda atau orang sekitar Anda melakukan amalgamasi? Jika ya, Anda bisa menuliskan di kolom komentar mengenai pengalaman Anda dalam melakukan amalgamasi.

 

Referensi Atikel:

  • Admin. Pengertian Amalgamasi Dalam Sosiologi. Pengertianmenurutparaahli.org – https://goo.gl/2TTaev
  • Admin. 4 Dampak Positif dan Negatif Amalgamasi Dalam Masyarakat Indonesia. Materiips.com – https://goo.gl/R8FkzE
  • Admin. 4 Contoh Amalgamasi Beserta Dampaknya Bagi Indonesia. Materiips.com – https://goo.gl/1kL9i8

 

Sumber Gambar:

  • Definisi Amalgamasi – https://goo.gl/x7JEgp
  • Pernikahan Etnis Jawa dengan Etnis Sunda – https://goo.gl/RVxA9G
  • Pernikahan Negro dengan Kulit Putih – https://goo.gl/itZygV
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close