Nurtisi Kita

Daftar Makanan untuk Bantu Jaga Hormon Supaya Tetap Seimbang (Plus yang Perlu Dihindari)

Pernah merasa emosi yang tak stabil saat sedang stres? Hal ini terjadi akibat hormon kortisol di dalam {{tubuh}} yang dibuat lebih banyak yang pada akhirnya kadarnya menjadi tak seimbang. Faktanya, hormon memang sangat berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental. Oleh akibat itu, Kamu perlu menjaga keseimbangannya di dalam {{tubuh}} supaya kondisi fisik dan mental tetap stabil. Sebuah caranya ialah dengan makan makanan penyeimbang hormon.

Makanan penyeimbang hormon yang dianjurkan {untuk} dikonsumsi

Protein

diet tinggi protein, apakah baik? daftar makanan untuk bantu jaga hormon supaya tetap seimbang (plus yang perlu dihindari) Daftar Makanan untuk Bantu Jaga Hormon Supaya Tetap Seimbang (Plus yang Perlu Dihindari) shutterstock 364428101 700x467

Protein seperti kacang-kacangan, telur, dan ikan berlemak membantu menyediakan asam amino esensial {untuk} menjaga kesehatan otot, tulang, dan kulit. Tidak cumna itu, protein juga memengaruhi pelepasan hormon yang berperan {untuk} mengendalikan nafsu makan.

Oleh akibat itu, protein membantu menjaga {{tubuh}} tetap ideal akibat meningkatkan metabolisme {{tubuh}} dan pembakaran lemak. Bahkan, ikan berlemak seperti salmon, mackerel, dan sarden, juga melindungi Kamu dari mood yang tidak baik.

Sayuran cruciferous

resep brokoli daftar makanan untuk bantu jaga hormon supaya tetap seimbang (plus yang perlu dihindari) Daftar Makanan untuk Bantu Jaga Hormon Supaya Tetap Seimbang (Plus yang Perlu Dihindari) 4 Resep Kreasi Brokoli yang Bisa Buat Anda Sehat 802x451

Sayuran dari keluarga cruciferous seperti brokoli, kembang kol, dan kol membantu mampu menyimbangkan hormon dengan melawan kelebihan estrogen. Pasalnya, hormon estrogen yang berlebih di dalam {{tubuh}} bisa meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita. Kondisi kelebihan estrogen ini umumnya rentan terjadi sebelum menopause pada wanita yang obesitas.

Lemak sehat

jenis lemak daftar makanan untuk bantu jaga hormon supaya tetap seimbang (plus yang perlu dihindari) Daftar Makanan untuk Bantu Jaga Hormon Supaya Tetap Seimbang (Plus yang Perlu Dihindari) jenis lemak 747x467

Lemak sehat seperti kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun, dan minyak kelapa membantu mengurangi resistensi insulin dan nafsu makan. Dilansir dari Healthline, lemak sehat juga membantu memicu pelepasan hormon yang membantu Kamu merasa lebih kenyang. Hal ini bertujuan supaya Kamu tak makan berlebih yang dapat meningkatkan risiko obesitas.

Makanan yang perlu dihindari supaya hormon tetap stabil

Gula

mengurangi gula daftar makanan untuk bantu jaga hormon supaya tetap seimbang (plus yang perlu dihindari) Daftar Makanan untuk Bantu Jaga Hormon Supaya Tetap Seimbang (Plus yang Perlu Dihindari) mengurangi gula 700x467

Gula baik merah, putih, atau sirup jagung fruktosa tinggi perlu Kamu hindari. Pasalnya, gula bisa membuat hormon di dalam {{tubuh}} menjadi tidak seimbang terutama pada wanita. Oleh karena itu, hindari asupan gula tambahan yang berlebih seperti dari minuman kemasan, permen, dan makanan serta minuman manis lainnya.

Roti putih

roti gandum atau roti tawar putih daftar makanan untuk bantu jaga hormon supaya tetap seimbang (plus yang perlu dihindari) Daftar Makanan untuk Bantu Jaga Hormon Supaya Tetap Seimbang (Plus yang Perlu Dihindari) shutterstock 200496785 700x467

Roti putih mengandung gula dan gluten yang dapat meningkatkan risiko peradangan di dalam {{tubuh}}. Jika dikonsumsi berlebihan, hal ini nantinya bisa memicu stres pada kelenjar adrenalin, tiroid, dan gonad. Akibatnya, kadar hormon pun menjadi tidak stabil yang dapat memicu berbagai gangguan baik secara fisik maupun mental.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close