Nurtisi Kita

Cara Tepat Memasak Kulit Ikan Salmon Supaya Nutrisinya Tetap Terjaga

Pada saat makan ikan salmon, hampir semua orang hanya menyantap bagian dagingnya saja dan membuang kulitnya akibat dirasa tidak berguna. Eits, jangan salah, kulit ikan salmon juga tak kalah bergizi! Akan tetapi sebelum Kamu menyantapnya, Kamu harus tahu {{dulu}} cara pengolahan yang tepat saat memasak kulit salmon supaya tetap sehat dan lezat.

Kandungan gizi dan kegunaan kulit ikan salmon

kulit ikan salmon Cara Tepat Memasak Kulit Ikan Salmon Supaya Nutrisinya Tetap Terjaga Cara Tepat Memasak Kulit Ikan Salmon Supaya Nutrisinya Tetap Terjaga Bolehkah Makan Kulit Ikan Salmon Ketahui Dulu Manfaat dan Risikonya 700x467

Dikutip dari Healthline, ikan salmon termasuk jenis ikan yang padat nutrisi, baik pada daging maupun kulitnya. Dilihat dari kandungan gizinya, setiap satu porsi (18 gram) kulit ikan salmon goreng mengandung 100 kalori, 7 gram lemak, dan 10 gram protein.

Ikan salmon juga mengandung 4,023 miligram (mg) asam lemak omega-3, termasuk di bagian kulitnya. Jenis asam lemak inilah yang menyebabkan {{tubuh}} ikan salmon tetap hangat saat berada di laut.

Bukan hanya bermanfaat bagi ikan salmon itu sendiri, kandungan asam lemak omega-3 ini juga terkenal bermanfaat bagi {{tubuh}} manusia. Asam lemak omega-3 diperlukan {{tubuh}} {untuk} meningkatkan kesehatan jantung, melindungi otak dari degenerasi, menjaga kulit tetap kenyal dan sehat, serta menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia.

Akibat nutrisinya yang melimpah inilah, ikan salmon menjadi sebuah jenis ikan yang direkomendasikan oleh Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat, setara dengan Badan POM di Indonesia. Bahkan, FDA menganjurkan masyarakat {untuk} makan ikan salmon setidaknya 2-3 porsi setiap ahad {untuk} meraih kegunaan ikan salmon secara maksimal.

Seperti ini cara tepat memasak kulit ikan salmon

Cara Tepat Memasak Kulit Ikan Salmon Supaya Nutrisinya Tetap Terjaga Cara Tepat Memasak Kulit Ikan Salmon Supaya Nutrisinya Tetap Terjaga salmon 560987 1280 701x467

Bukan cuma dagingnya, kulit ikan salmon juga aman {untuk} dikonsumsi. Namun, sebaiknya pastikan {{dulu}} ikan salmon yang Kamu dapatkan dalam kondisi yang baik. Sebab bagaimanapun, salmon rentan terkontaminasi oleh polychlorinated biphenyls (PCBs), suatu zat karsinogen yang bisa memicu kanker dan cacat lahir.

Itulah sebabnya, penting {untuk} mengolah kulit ikan salmon dengan tepat sebelum memakannya. Hal ini bukan cuma bermanfaat {untuk} menghindari zat kontaminan pada salmon, tapi juga memaksimalkan penyerapan nutrisi dari salmon itu sendiri.

Ada dua cara yang dapat Kamu lakukan saat memasak kulit ikan salmon, yaitu masak kulit salmonnya saja atau dimasak bersamaan dengan daging salmon. Akan tetapi ada baiknya, masak salmon yang masih dilapisi oleh kulitnya ketimbang mengulitinya diawal.

Memasak salmon yang masih dilapisi oleh kulit dapat menjaga kandungan nutrisi dan minyak di dalam daging salmon. Selain itu, kulit salmon dapat melindungi lapisan daging di bawahnya supaya tidak gosong saat dimasak.

Tidak masalah juga kalau Kamu ingin memasak kulit salmon goreng yang renyah dan kering. Selain dimasak sebagai lauk pauk, kulit salmon goreng juga dapat dijadikan camilan sehat nan mengenyangkan!

Supaya lebih sehat dan nutrisinya tetap terjaga, perhatikan cara menggoreng kulit ikan salmon berikut ini.

  1. Pisahkan kulit dari daging ikan salmon.
  2. Potong kulit salmon menjadi kecil-kecil, panjangnya sekitar 2,5 sentimeter (cm). Tepuk-tepuk kulit salmon dengan tisu kertas sampai kulit salmonnya kering.
  3. Masukkan minyak zaitun atau minyak canola ke dalam wajan. Gunakan api sedang-tinggi dan {{tunggu}} sampai panas.
  4. Masukkan potongan kulit ikan salmon yang sudah kering ke dalam wajan.
  5. Goreng kulit salmon sampai matang dan renyah. Jangan lupa dibolak-balik supaya kedua sisinya matang merata dan tidak gosong.
  6. Angkat kulit salmon yang sudah matang, setelah itu tiriskan di atas tisu. Biarkan selama beberapa saat {untuk} menghilangkan minyak berlebih.
  7. Tambahkan sedikit garam atau {{bumbu}} BBQ secukupnya sesuai selera.
  8. Sajikan sebagai lauk atau camilan.

Bagi Kamu yang punya tekanan darah tinggi atau hipertensi, sebaiknya tidak perlu lagi menambahkan garam atau {{bumbu}} lainnya ke dalam sajian kulit salmon. Sebab, kulit salmon sendiri sudah mengandung natrium tinggi yang dapat semakin menaikkan tekanan darah Kamu.

Selain digoreng, kulit ikan salmon dapat dimasak dengan cara dipanggang supaya lebih sehat dan mengurangi penggunaan minyak. Proses persiapannya pun tak jauh berbeda dengan saat Kamu ingin menggoreng kulit salmon.

Caranya, potong kulit ikan salmon menjadi bagian kecil-kecil, setelah itu panggang dengan minyak zaitun dan potongan tomat atau kentang di dalam oven. Rasanya dijamin tak kalah lezat dan bergizi tentunya.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close