Tips Kesehatan

Cara Praktis Membuat Teh Serai di Rumah (Plus Manfaatnya untuk Tubuh)

Siapa bilang serai hanya digunakan {{untuk}} {{bumbu}} masak saja? Sesekali, Kamu harus mencoba teh serai sebagai pilihan minuman sehat {{untuk}} {{tubuh}}. Pasalnya, serai mengandung banyak sekali khasiat {{untuk}} kesehatan Kamu. Mau mencobanya? Yuk simak cara membuatnya dalam review berikut ini.

Kegunaan teh serai {{untuk}} kesehatan

manfaat minyak serai cara praktis membuat teh serai di rumah (plus manfaatnya untuk tubuh) Cara Praktis Membuat Teh Serai di Rumah (Plus Manfaatnya untuk Tubuh) 4 Manfaat Minyak Herbal Serai untuk Kesehatan 705x467

Sebelum mempraktikkan cara membuat teh serai ada baiknya jika Kamu mengetahui apa saja kegunaan minuman yang satu ini {{untuk}} kesehatan. Berikut berbagai kegunaan teh serai:

Menjaga kesehatan pencernaan

Sebuah kajia penelitian di tahun 2012 yang diterbitkan oleh National Institutes of Health menunjukkan fakta sesungguhnya serai efektif {{untuk}} melawan tukak lambung. Oleh karena itu teh serai bisa menjadi obat alami {{untuk}} mengatasi sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya. Dengan minum teh serai tandanya Kamu membantu mendukung kesehatan pencernaan.

Melawan radikal bebas

Berdasarkan informasi dari kajia penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, serai mengandung antioksidan. Antioksidan merupakan zat yang mampu melawan radikal bebas di dalam {{tubuh}}. Radikal bebas merupakan sebuah penyebab peradangan di dalam {{tubuh}} yang dapat mengakibatkan berbagai penyakit salah satunya kanker.

Mengurangi gejala PMS

Premenstrual syndrome atau PMS kerap menjadi momok bagi wanita. Pasalnya, kondisi ini sering kali menimbulkan berbagai gejala seperti sakit perut, kram, sampai kembung. Meski belum ada kajia penelitian khusus mengenai kegunaan teh serai {{untuk}} PMS, secara teori herbal yang satu ini bisa menenangkan perut dan bertindak sebagai antiradang.

Diuretik alami

Serai bisa dipakai {{untuk}} obat diuretik alami. Artinya, herbal yang satu ini bisa membuat Kamu lebih sering buang air kecil. Dengan sering buang air kecil, {{tubuh}} akan mengeluarkan kelebihan cairan dan natrium. Biasanya, diuretik akan diresepkan {{untuk}} orang yang mengalami gagal jantung, gagal hati, atau edema (pembengkakan).

Menyembuhkan infeksi {{mulut}} dan gigi

Serai mempunyai sifat antimikroba. Menurut sebuah kajia penelitian yang diterbitkan oleh National Institutes of Health, minyak esensial serai mampu melawan bakteri  Streptococcus mutans. Bakteri ini menjadi sebuah penyebab utama kerusakan gigi. Dengan kandungan antimikroba di dalamya, teh herbal yang satu ini bisa membantu mengatasi infeksi {{mulut}} dan gigi berlubang.

Cara membuat teh serai

minum teh setiap hari cara praktis membuat teh serai di rumah (plus manfaatnya untuk tubuh) Cara Praktis Membuat Teh Serai di Rumah (Plus Manfaatnya untuk Tubuh) Minum Teh Ternyata Bisa Mengubah Gen Seseorang Kok Bisa 714x467

Setelah mengetahui berbagai manfaatnya, tak ragu lagi bukan {{untuk}} mencicipi teh serai? Berikut cara praktis membuat teh serai yang dapat Kamu coba di rumah.

Resep 1

Bahan-bahan

  • 3 sdt potongan serai segar atau kering
  • 250 ml air panas
  • Teh, boleh {{bubuk}} atau celup
  • Es batu (opsional)

Cara membuat

  • Masukkan potongan serai segar atau kering ke dalam cangkir beserta tehnya.
  • Diamkan kurang lebih 5 menit.
  • Saring airnya sampai potongan serai dan teh terpisah.
  • Nikmati selagi panas atau tambahkan es batu jika menginginkan yang dingin.

Resep 2

Bahan-bahan

  • 2 batang serai
  • 1 batang 
  • Madu
  • Air mendidih
  • 1 buah kantong teh
  • 100 ml air jeruk nipis

Cara membuat

  1. Potong ujung akar pada batang serai dan singkirkan semua daun di bagian luar batang.
  2. Geprek batang serai dengan menggunakan pisau atau ulekan.
  3. Ikat serai seperti sedang menyimpul dan letakkan di dalam cangkir bersama dengan kayu manis.
  4. Tuang air mendidih ke dalam cangkir.
  5. Taruh kantong teh ke dalamnya dan keluarkan saat air sudah berubah menjadi warna cokelat.
  6. Tambahkan madu dan air jeruk nipis, aduk rata.
  7. Sajikan selagi hangat.

Menyeduh teh serai satu kali sehari sudah cukup {{untuk}} bisa merasakan khasiatnya bagi kesehatan Kamu.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close