Tips Kesehatan

Cara Memutihkan Ketiak di Rumah, dengan Bahan Alami dan Obat Dokter

Siapa, sih, yang ingin punya ketiak hitam? Ketiak dekil bisa bikin kita tidak percaya diri {untuk} mengangkat tangan tinggi-tinggi atau mengenakan baju tanpa lengan. Tenang {{dulu}}. Ada banyak cara memutihkan ketiak yang mudah dilakukan sendiri di rumah.

Penyebab ketiak hitam

Warna kulit ketiak seharusnya senada dengan kulit bagian {{tubuh}} yang lain. Akan tetapi, ada berbagai hal yang dapat mengakibatkan warna kulit ketiak berubah menggelap seiring bertambahnya usia.

Kebanyakan dari kasus ini dipengaruhi oleh faktor genetik. Orang yang berkulit gelap cenderung mempunyai ketiak hitam daripada orang-orang dengan kulit putih. Warna kulit Kamu ditentukan oleh sel-sel pigmen yang disebut melanosit. Pada saat sel-sel ini bertambah banyak, warna kulit dapat berubah menjadi lebih gelap. Maka besar kemungkinan ketiak Kamu juga hitam apabila orangtua, saudara kandung, atau kerabat dekat lainnya punya kondisi sama.

Penyebab {{umum}} lainnya adalah penumpukan sel kulit mati di area ketiak yang telah terjadi akibat gesekan terus menerus antara kulit ketiak dan keringat atau antara kulit ketiak dan pakaian. Paparan bahan kimia dari deodoran dan antiperspiran yang Kamu biasa pakai dapat menggelapkan warna kulit ketiak.

Ada juga beberapa bukti medis yang menyebutkan sesungguhnya cara mencukur {{bulu}} ketiak yang keliru {{turut}} mengakibatkan perubahan warna kulit. Mencabut {{bulu}} diduga kuat dapat merangsang produksi melanosit berlebih.

Selain berbagai hal {{umum}} di atas, ketiak gelap dapat disebabkan oleh:

  • Hiperpigmentasi kulit akibat merokok
  • (sering merupakan tanda diabetes, obesitas, atau kadar hormon abnormal)
  • Erythrasma (infeksi bakteri)
  • Melasma (bercak gelap pada kulit)
  • (kelenjar adrenal yang rusak)

Cara memutihkan ketiak pakai bahan alami

  • Kentang

Caranya: Parut kentang, peras air yang keluar dari kentang tersebut. Oleskan air kentang ke ketiak Kamu. Setelah 10 menit bilas dengan air dingin.

  • Timun

Caranya: Iris timun bulat setebal 2 cm. Gosokkan timun ke ketiak secara lembut dan diamkan beberapa 15 menit. Setelah itu, bilas ketiak Kamu dengan air dingin.

  • Lemon

Caranya: Iris lemon tapi jangan terlalu tipis. Gosok perlahan ke ketiak Kamu. Setelah 10 menit, bilas ketiak Kamu dengan air dingin, keringkan, dan oleskan pelembab.

  • Kulit jeruk

Caranya: Campurkan 1 sendok makan susu, 1 sendok makan air mawar dengan ½ lembar kulit jeruk yang diparut. Gosok adonan ke ketiak Kamu dengan lembut, biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Ulangi dua sampai tiga kali per ahad.

  • Kunyit

Caranya: Dalam mangkuk kecil, campur 2 sendok makan jus lemon segar dengan kunyit secukupnya {untuk} dijadikan pasta. Oleskan pasta secara merata ke ketiak Kamu. Setelah 30 menit, bersihkan pasta.

  • Minyak kelapa

Caranya: Pijat beberapa tetes minyak kelapa ke ketiak Kamu. Setelah 15 menit, cuci ketiak Kamu dengan air hangat dan sabun. Ulangi langkah ini dua sampai tiga kali sehari.

  • Tea tree oil (minyak pohon teh)

Caranya: campurkan 5 tetes minyak pohon teh dengan 1 gelas air, tuang ke dalam botol semprotan kecil. Semprotkan larutan pada ketiak Kamu dan biarkan mengering secara alami setiap hari setelah mandi atau berendam.

Akan tetapi sayang, belum ada kajia penelitian medis yang mampu membuktikan sesungguhnya cara memutihkan ketiak menggunakan bahan alami benar mampu dan aman. Bahan-bahan tersebut belum teruji secara klinis.

Maka jika ingin mencoba pakai bahan alami, tes {{dulu}} sebentar di kulit punggung tangan Kamu. Jika muncul kemerahan atau gatal dan sensasi tak biasa lainnya, maka jangan dipakai.

Cara memutihkan ketiak pakai obat dari dokter

Dokter punya cara memutihkan ketiak yang akan didiagnosis tergantung dari penyebabnya, {Untuk} masalah ketiak menghitam akibat akibat iritasi  mencukur atau akibat penumpukan sel kulit mati, umumnya dokter akan menyarankan beberapa perawatan berikut:

  • Pakai krim atau lotion oles yang berisikan hidrokuinon, tretinoin, kortikosteroid, asam azelaic, atau asam kojic..
  • Melakukan terapi laser {untuk} menghilangkan pigmen berlebih di ketiak.
  • Eksfoliasi dengan {untuk} mengangkat kulit mati yang bikin warna ketiak jadi gelap.
  • Melakukan perawatan dermabrasi atau {untuk} membersihkan kulit ketiak yang menghitam secara menyeluruh

Bagaimana cara menangkal ketiak hitam?

Selain ada cara memutihkan ketiak, ada juga cara {untuk} menangkal bagian ketiak Kamu jadi hitam menggelap. Oleh karena itu, ikuti langkah-langkah dasar di bawah ini:

  • Coba ganti merek deodoran atau antiperspiran Kamu. Pilih yang berbahan ringan dan bisa memutihkan pada saat Kamu. Sebagian orang ada yang beralih ke alternatif bahan alami seperti soda kue atau cuka sari apel. Sebagian orang juga ada yang berhenti menggunakan deodoran sama sekali.
  • Jangan sering-sering cukur, mencukur bisa sebabkan ketiak iritasi dan menghitam. Coba alternatif lain seperti waxing atau laser , atau hair removal.
  • Sering -sering scrub ketiak Kamu. Gunakan eksfoliator wajah {untuk} ketiak Kamu tiap dua sampai tiga kali seminggu.
  • Pakailah pakaian longgar, hindari pakai pakaian yang ketat di ketiak
  • Berhenti merokok {untuk} cegah hiperpigmentasi
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close