ArsitekturKomunitasSketchupTechTeknik Sipil

Cara Mempercepat Render Sketchup 3D-Max

Story Highlights

  • Ganti hardware adalah salah satu cara cepat untuk mempercepat proses rendering, salah satunya yang paling tepat ganti Hardisk ke SSD.

Cara Mempercepat Proses Render Sketchup. Sebelumnya saya sudah membuat artikel tentang sketchup yaitu Kumpulan Plugin Sketchup 2015-2019 silahkan dicari pada blog ini, setelah lama tidak sempat untuk membuat artikel lagi. pada postingan saya ini mungkin dapat sedikit membantu untuk kamu pembaca yang giat mencari tahu. 😀 langsung saja baca curahan bacotan saya dibawah ini, mudah-mudahan dapat membantu. 🙂 jika ada yang salah dalam pemikiran silahkan komentari, jika kurang silahkan tambahkan karena saya sendiri masih belajar. mari belajar bersama 🙂

1. Buang material yang tidak terpakai

cara mempercepat render sketchup 3d-max Cara Mempercepat Render Sketchup 3D-Max howtospeedupsketchup01
Pembuangan material yang tidak dipakai dapat mempercepat dan memperingan sebuah render. karena dalam proses render akan men-scan file material yang diterapkan, untuk itu jika material yang diterapkan tidak digunakan sebaiknya buang. kecuali kamu ingin berlama-lama menunggu. Untuk pengguna sketchup kamu bisa menggunakan tools “purge unuse” pada menu windows => model info => statistict => Purge unused.

2. Simpan material sketchup pada driver “C:”

cara mempercepat render sketchup 3d-max Cara Mempercepat Render Sketchup 3D-Max computer area drive
Penyimpanan material, komponen dan sebagainya akan lebih cepat disimpan pada partisi sistem. Kenapa?? karena untuk merender perpindahkan file material pada sistem “temp” (temporari) akan disalin pada partisi sistem. Sedangkan jika kita menempatkan file material pada partisi berbeda akan mengalami proses penyalinan file lebih lama dari partisi yang lain. contohnya: ketika kita menyalin/meng-copy file dari partisi A ke B maka akan terasa lama beda dengan menyalin file dalam partisi yang sama.

3. Gunakan Image JPEG dibanding PNG

cara mempercepat render sketchup 3d-max Cara Mempercepat Render Sketchup 3D-Max 0205 02 save for web command photoshop tipEkstensi file gambar juga berpengaruh lho.. coba edit sebuah material pada pothoshop lalu ubah ukuran menjadi lebih kecil/besar (terserah) setelah itu “save as web” bedakan ukuran dan kualitas JPEG dan PNG. 🙂 saya rasa JPEG lebih bagus dengan ukuran file lebih kecil.

4. Defrag hardisk

cara mempercepat render sketchup 3d-max Cara Mempercepat Render Sketchup 3D-Max large drive defrag 6
Kegunaan defrag hardisk ialah agar file dalam sebuah hardisk tidk “acak-acakan” bukan folder yang diberesinnya, tapi penempatan file pada data piringan hardisknya yang lebih didesakan sehingga ruang pada piringan hardisk dipenuhi dengan optimal. Kebanyakan kita tidak sadar pada tools yang windows berikan kita sudah dilengkapi sebuah tools defrag pada OS windows.

5. Gunakan OS Windows 64bit / OS yang setara 64bit pada MAC/linux

cara mempercepat render sketchup 3d-max Cara Mempercepat Render Sketchup 3D-Max 13463d1425154813 system type 32 bit x86 64 bit x64 windows 10 a system64bit sama 32 bit berbeda. saya sendiri sekarang memakai 64bit walaupun ram masih 3GB. dan ternyata lebih ringan apalagi pada windows 10.

5. Cara paling ampuh

cara mempercepat render sketchup 3d-max Cara Mempercepat Render Sketchup 3D-Max 2Q
Jika hal yang saya sampaikan sudah dilakukan tapi masih kurang membuat render lebih kencang?? silahkan Upgrade PC kamu jika ingin lebih cepat lagi ya… he

Komentar dan masukannya ditunggu. 🙂

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close