fbpx
Fakta Unik Kesehatan

Butuh Waktu Berapa Lama Sampai Infeksi Jamur Pada Kelamin Bisa Sembuh Total?

Selain di kulit dan kuku, infeksi jamur juga {{umum}} menyerang organ intim seperti penis dan vagina. Siapa pun yang mengalaminya, tentu akan mengeluhkan berbagai gejala dan rasa tidak nyaman pada organ intim. Itu sebabnya, banyak penderita infeksi jamur vagina atau penis yang bertanya-tanya mengenai lama waktu sampai infeksi jamur sembuh sepenuhnya.

Advertisement

Berapa lama infeksi jamur di kelamin dapat sembuh total?

gejala infeksi jamur vagina

Advertisement

Infeksi jamur terjadi pada saat perkembangan jumlah jamur serta bakteri yang hidup di dalam organ intim terganggu. Akibatnya, jamur Candida albicans {{tumbuh}} dan berkembang biak dengan pesat di area vital {{tubuh}}. Munculnya rasa gatal, sensasi terbakar pada penis, sampai keluar cairan yang menggumpal dari vagina merupakan beberapa gejala {{umum}} yang ditimbulkan.

Meski begitu, infeksi jamur pada organ intim, baik itu penis atau vagina, membutuhkan waktu yang berbeda-beda sampai akhirnya bisa sembuh sepenuhnya. Faktor penentu waktu infeksi jamur sembuh terbagi menjadi dua, yakni tergantung dari proses pengobatan serta tingkat keparahan infeksi tersebut.

Keparahan infeksi jamur dapat ditentukan oleh seberapa banyak jumlah jamur Candida yang hidup di dalam organ intim. Ada yang masih tergolong ringan, sedang, sampai parah sekali pun. Dalam kasus yang sedang dan berat, proses penyembuhan infeksi jamur membutuhkan waktu sekitar 1-2 ahad.

Sementara jika tergolong ringan, hanya dalam waktu kurang lebih 3 hari infeksi jamur sudah bisa sembuh seutuhnya. Bahkan terkadang bisa sembuh dengan sendirinya tanpa perlu perawatan khusus. Akan tetapi tetap saja, infeksi jamur pada organ intim yg tidak diobati sampai tuntas berpotensi {untuk} kambuh kembali di lain waktu.

Pengobatan {untuk} mempercepat penyembuhan infeksi jamur

isprinol

Bukan hanya bertujuan {untuk} memberantas pertumbuhan jamur, perawatan infeksi jamur dapat membantu menenangkan area sasaran, meredakan rasa gatal, serta mengembalikan keseimbangan jumlah bakteri dan jamur dalam organ intim.

Ada 2 pilihan {untuk} mempercepat infeksi jamur sembuh sepenuhnya, yakni:

1. Pakai obat bebas (OTC)

Kamu bisa menggunakan obat yang dijual bebas atau tanpa resep dokter (over the counter), contohnya yang tersedia dalam bentuk krim, tablet, atau salep. Ambil contoh seperti clotrimazole (Gyne-Lotrimin), miconazole (Monistat), dan tioconazole (Vagistat).

Meski tidak selalu, tapi beberapa jenis obat bebas kadang menimbulkan iritasi saat digunakan pertama kali. Akan tetapi tidak perlu khawatir, obat-obatan tersebut dapat bekerja dengan baik yang pada akhirnya menghilangkan gejala infeksi jamur setelah digunakan selama beberapa hari.

2. Pakai obat resep

Kasus infeksi jamur yang masih tergolong ringan, mungkin bisa segera sembuh hanya dengan pakai atau konsumsi obat yang dijual bebas. Sebaliknya, bila infeksi jamur yang Kamu alami sudah termasuk sedang atau berat, pengobatan dengan resep dokter bisa lebih mempercepat penyembuhan.

Jenis obat-obatan resep {untuk} mengatasi infeksi jamur yakni butoconazole (Gynazole), terconazole (Terazol), dan fluconazole (Diflucan). Sama seperti obat resep, beberapa obat-obatan tersebut bisa datang dalam bentuk krim, salep, atau tablet minum (oral).

Setelah rutin menggunakan obat resep maupun yang dijual bebas, infeksi ragi biasanya dapat sembuh beberapa hari lalu. Namun, usahakan {untuk} tetap menggunakan seluruh dosis yang dianjurkan sampai selesai meskipun infeksi jamur tampak sudah sembuh.

Ini bertujuan {untuk} memastikan sesungguhnya infeksi telah benar-benar hilang, sekaligus mengembalikan keseimbangan mikroorganisme pada organ intim. Infeksi jamur berisiko kembali lagi pada saat tidak diobati sampai tuntas.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button