fbpx
Nurtisi Kita

Bukan Hanya Wortel, Berikut 5 Makanan Sumber Vitamin A Lainnya

Jika ditanya mengenai makanan sumber vitamin A, mungkin hal pertama yang terlintas di benak Kamu adalah wortel. Terang saja, wortel dipercaya sebagai sayuran yang bisa memberikan kegunaan baik {untuk} kesehatan mata berkat kandungan vitamin A di dalamnya. Padahal, sebenarnya bukan hanya wortel saja. Masih ada berbagai makanan lainnya yang dapat mencukupi kebutuhan vitamin A bagi {{tubuh}} Kamu.

Advertisement

Beberapa pilihan makanan sumber vitamin A

Vitamin A adalah kelompok vitamin larut lemak yang bertugas menjaga fungsi penglihatan, sistem kekebalan {{tubuh}}, serta perkembangan {{tubuh}} lainnya. Ada 2 jenis vitamin A, yakni yang berasal dari hewani disebut dengan retinol dan yang berasal dari nabati dikenal sebagai beta karoten.

Advertisement

Kedua sama-sama baik {untuk} {{tubuh}}. Jika Kamu tidak terlalu suka dengan wortel, atau bahkan bosan akibat sering makan wortel, Kamu tentu tetap bisa mencukupi kebutuhan vitamin A harian lewat makanan seperti:

1. Bayam

Bila biasanya bayam dikenal sebagai sebuah makanan yang kaya dengan kandungan zat besi di dalamnya. Meski begitu, jangan remehkan sumber vitamin A yang terkandung dalam makanan berdaun hijau gelap ini. Ya, ada sekitar 2.699 mikrogram (mcg) beta karoten pada 100 gram (gr) bayam. Terbilang sangat tinggi, bukan?

2. Pepaya

manfaat daun pepaya

Buah pepaya yang khas dengan daging buah berwarna oranye serta biji hitam yang tersebar di tengah buahnya, ternyata merupakan sumber vitamin A yang baik. Terbukti dengan terdapat sekitar 1.038 mcg beta karoten di dalam 100 gram pepaya.

3. Paprika

manfaat paprika adalah

Kamu pasti sudah tidak asing dengan paprika, sebuah keluarga cabai dengan beragam warna cantik yang juga sering dipakai {untuk} pelengkap masakan. Bukan hanya sekadar memberi rasa dan membuat tampilan makanan lebih menarik saja, dalam 100 gram paprika juga menyumbang sekitar 157 mcg beta karoten.

4. Hati sapi

Sumber: The Provision House

Beralih ke sumber hewani, hati sapi yang kerap dikenal sebagai sebuah jeroan ini kaya akan retinol sebanyak 1.201 mcg. Meski begitu, Kamu tidak dibolehkan {untuk} makan jeroan setiap hari mengingat ada berbagai efek samping yang mengikuti setelahnya. Bahkan, risiko Kamu semakin besar {untuk} mengalami kelebihan vitamin A.

5. Keju

diabetes boleh makan keju

Jika Kamu termasuk pecinta keju, berbahagialah akibat ternyata selain kaya dengan kalsium dan zat besi, keju juga dilengkapi dengan retinol dan beta karoten sebagai sumber vitamin A. Ada sekitar 227 mcg retinol dan 128 mcg beta karoten dalam 100 gram keju.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button