fbpx
Fakta Unik Kesehatan

Bukan Cuma Mengantuk, 5 Masalah Kesehatan Ini Mengintai Bila Kamu Kurang Tidur

Entah akibat harus menyelesaikan deadline kantor, belajar {untuk} ujian esok hari, atau keasyikan main media sosial terkadang bikin Kamu jadi kurang tidur. Yang ada, Kamu terbangun dengan rasa lemas dan masih mengantuk. Bukan cuma itu, ternyata masih ada banyak bahaya kurang tidur yang mengintai {{tubuh}} Kamu!

Advertisement

Bahaya kurang tidur bagi kesehatan

Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang dapat terjadi saat Kamu kurang tidur terus-menerus, yaitu:

Advertisement

1. Berat badan melonjak

berat badan naik turun Bukan Cuma Mengantuk, 5 Masalah Kesehatan Ini Mengintai Bila Kamu Kurang Tidur Bukan Cuma Mengantuk, 5 Masalah Kesehatan Ini Mengintai Bila Kamu Kurang Tidur berat badan naik turun 700x467

Sudah mengatur pola makan tapi kok berat badan terus naik? Hati-hati, ini bisa jadi akibat kebiasaan Kamu yang sering begadang sampai kurang tidur.

Saat kurang tidur, {{tubuh}} merangsang hormon ghrelin (hormon lapar) sekaligus menghambat hormon leptin (hormon kenyang). Bukannya tidur, Kamu justru ingin makan banyak demi memuaskan rasa lapar. Maka tak heran bila berat badan Kamu jadi naik setelahnya.

2. Mudah lupa alias pikun

lupa bikin otak lebih pintar Bukan Cuma Mengantuk, 5 Masalah Kesehatan Ini Mengintai Bila Kamu Kurang Tidur Bukan Cuma Mengantuk, 5 Masalah Kesehatan Ini Mengintai Bila Kamu Kurang Tidur lupa bikin otak makin pintar 704x467

Masih muda tapi sudah sering kelupaan sesuatu alias pikun? Bisa jadi, ini akibat kurang tidur Kamu akhir-akhir ini.

Kurang tidur setiap malam bisa mengganggu kinerja dan fungsi otak, termasuk juga bagian otak yang berkaitan dengan memori. Ditambah lagi, rasa lelah membuat Kamu jadi sulit mencerna dan mempelajari berbagai hal.

3. Tingkatkan risiko penyakit jantung

Prolaps Katup Mitral Bukan Cuma Mengantuk, 5 Masalah Kesehatan Ini Mengintai Bila Kamu Kurang Tidur Bukan Cuma Mengantuk, 5 Masalah Kesehatan Ini Mengintai Bila Kamu Kurang Tidur shutterstock 287566979 1 700x467 1

Bahaya kurang tidur yang satu ini dibuktikan oleh sebuah kajia penelitian yang dimuat dalam European Heart Journal tahun 2011 silam. Menurut para ahli, orang yang sering kurang tidur (kurang dari 5 jam per malam) atau tidur terlalu lama (9 jam atau lebih per malam) berisiko tinggi terkena penyakit jantung.

Kurang tidur dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan arah, dan peradangan dalam {{tubuh}}. Kombinasi hal-hal inilah yang lalu memperberat kerja jantung dan memicu penyakit.

4. Memicu kanker

setelah operasi angkat rahim Bukan Cuma Mengantuk, 5 Masalah Kesehatan Ini Mengintai Bila Kamu Kurang Tidur Bukan Cuma Mengantuk, 5 Masalah Kesehatan Ini Mengintai Bila Kamu Kurang Tidur risiko kena kanker ovarium setelah operasi angkat rahim 700x467

Menurut American Academy of Sleep Medicine (AASM), kebiasaan kurang tidur selama berhari-hari bisa memicu pertumbuhan kanker dalam {{tubuh}}. Mulai dari kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker prostat.

Pada saat Kamu tidur cukup, {{tubuh}} menghasilkan hormon melatonin yang berfungsi {untuk} menangkal kerusakan sel-sel {{tubuh}}. Sebaliknya, produksi hormon melatonin ini tentu akan terganggu bila Kamu kurang tidur. Yang ada, sel-sel yang semua normal berubah menjadi sel kanker dan menginfeksi {{tubuh}}.

5. Menurunkan gairah seks

tidak menikmati seks Bukan Cuma Mengantuk, 5 Masalah Kesehatan Ini Mengintai Bila Kamu Kurang Tidur Bukan Cuma Mengantuk, 5 Masalah Kesehatan Ini Mengintai Bila Kamu Kurang Tidur tidak menikmati seks 699x467

Sebuah kajia penelitian menyebutkan sesungguhnya pria yang kurang tidur selama satu ahad mengalami penurunan kadar testosteron 10-15 persen. Pada saat hormon seksnya menurun, pria tersebut jelas saja jadi enggan berhubungan seks dengan pasangannya.

Bahaya kurang tidur yang satu ini tentu saja bisa merusak keintiman hubungan Kamu dan pasangan. Supaya ini tidak terjadi, pastikan Kamu dan pasangan sama-sama mendapatkan tidur cukup setiap hari, ya!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

ADBLOCK DETECTED