Tips Kesehatan

Bolehkah Pakai Body Lotion untuk Melembapkan Wajah?

Body lotion adalah satu perawatan kulit yang penting {untuk} digunakan sehari-hari. Selain membuat kulit berasa lebih lembut dan halus, menghirup aromanya yang beraneka ragam juga dapat membuat rileks. Akan tetapi pada saat pelembap wajah telah habis, bolehkah pakai body lotion di muka {untuk} saat darurat seperti ini? Toh, sama-sama dipakai di kulit badan, ‘kan? Eits… {{Tunggu}} {{dulu}}.

Kulit wajah tidak sama dengan kulit di {{tubuh}}

Meski sama-sama membalut satu {{tubuh}}, karakteristik kulit badan dan kulit wajah sangat berbeda. Lapisan kulit wajah jauh lebih tipis dan lebih banyak mengandung kelenjar minyak daripada kulit di bagian tangan, perut, atau kaki. Kulit wajah juga terdiri dari folikel rambut yang lebih banyak daripada di area {{tubuh}} lainnya.

Ini artinya, kulit di sekitar wajah cenderung lebih sensitif ketimbang bagian {{tubuh}} lain. Oleh sebab itu, Kamu harus berhati-hati pada saat memilih produk perawatan kulit wajah. Jika tidak, kulit wajah Kamu justru jadi bermasalah.

Tidak boleh pakai body lotion di wajah

Kulit wajah jauh lebih tipis dan sensitif daripada kulit bagian lagi di sekujur {{tubuh}} Kamu. Maka tidak heran jika body lotion tidak dibolehkan dipakai di wajah. Bahan-bahan yang terkandung di dalamnya tidak dibikin {untuk} kulit wajah.

Body lotion mengandung formula yang cenderung lebih berat dan berminyak {untuk} melembapkan kulit {{tubuh}} yang cenderung tebal dan kering. Tidak cumna itu. Kebanyakan body lotion yang beredar di pasaran juga ditambahkan pewarna dan pewangi yang dapat memicu iritasi jika digunakan pada kulit wajah. Jika dipakai pada kulit wajah yang teksturnya tipis, bukan tidak mungkin akan memicu terjadinya breakout alias panen jerawat.

Pemakaian produk yg tidak sesuai dengan kulit wajah dapat mengakibatkan timbulnya komedo, kemerahan, kulit kering dan mengelupas, bahkan muncul bintik-bintik pada kulit.

Jadi, body lotion tidak boleh dipakai di wajah. Apalagi jika jenis kulit Kamu memang sudah sensitif atau rentan berjerawat. Produk skincare {untuk} wajah haruslah yang berbahan lembut dan ringan yang pada akhirnya dapat merawatnya dengan lebih baik.

Sudah memang seharusnya kulit wajah Kamu diperlakukan berbeda dari kulit lainnya di seluruh {{tubuh}}, kan?

Panduan memilih pelembap {untuk} kulit wajah

Pelembap wajah merupakan sebuah produk perawatan kulit yang wajib digunakan setiap hari. Mengapa begitu? Pelembap wajah berfungsi sebagai pelindung bagi kulit, supaya kulit wajah Kamu tetap sehat dan terhidrasi dengan baik.

Akan tetapi, bagaimana cara memilih pelembab yang sehat {untuk} kulit, dan tidak akan malah menimbulkan masalah? Berikut panduan lengkapnya:

  • Sesuaikan dengan jenis kulit. Kamu harus mengenal jenis kulit Kamu terlebih {{dulu}} {untuk} memastikan sesungguhnya pelembab yang Kamu gunakan memang sesuai dengan kebutuhan.
  • Perhatikan bahan yang terkandung di dalamnya. Langkah selanjutnya adalah membaca baik-baik label pada kemasan produk Kamu. Pelembab yang baik adalah pelembab yang bisa melindungi kulit dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya. Cari juga produk pelembap yg tidak mengandung pewangi dan pewarna, serta bersifat non-comedogenic dan non-allergenic.
  • Pakai pelembap dengan benar. Selalu pakai pelembab Kamu setelah wajah Kamu dalam keadaan bersih. Setelah itu, segera totol-totolkan pelembap di seluruh wajah dan ratakan. Jangan lupakan daerah leher juga harus dioleskan pelembap. Tepuk-tepuk wajah secara perlahan supaya pelembap dapat menyerap sempurna ke lapisan kulit.
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close