Kecantikan

Berbagai Cara Antigagal untuk Mengecilkan Payudara Besar

Payudara adalah aset kebanggaan kaum Hawa. Meski begitu, beberapa wanita pemilik payudara mengaku sesungguhnya sepasang asetnya bisa menghambat aktivitas sehari-hari mereka. Ukuran payudara yang terlalu besar juga cenderung menimbulkan nyeri pada area sekitar leher, bahu, dan punggung akibat {{tubuh}} bagian atas harus terus menopang beban tambahan tersebut. Mungkin kali ini Kamu sedang bertanya-tanya, adakah cara mengecilkan payudara yang aman?

Kenapa ada wanita yang punya payudara besar?

Ukuran payudara sedikit banyak dipengaruhi oleh genetik alias faktor keturunan. Jika ibu Kamu dari semasa muda {{dulu}} memang sudah punya sepasang payudara besar, bahkan sebelum hamil dan menyusui, artinya kemungkinan besar Kamu juga punya payudara yang besar.

Faktor pertambahan berat badan, efek samping obat, perubahan hormon saat menstruasi, kehamilan, atau menyusui dapat memengaruhi ukuran payudara. Akan tetapi biasanya, perubahan ukuran payudara akibat faktor-faktor tersebut hanya bersifat sementara sampai Kamu usai melalui masa-masa itu.

Cara mengecilkan payudara yang aman

peradangan kanker payudara berbagai cara antigagal untuk mengecilkan payudara besar Berbagai Cara Antigagal untuk Mengecilkan Payudara Besar peradangan kanker payudara 700x467

1. Olahraga

Olahraga teratur dapat menjadi cara mengecilkan payudara yang aman. Payudara sebagian besarnya terbuat dari jaringan lemak. Nah, melakukan olahraga yang tepat dapat lebih efektif membantu membakar lemak di bagian dada dan memperkuat otot di bawah payudara {{untuk}} memperkecil ukurannya.

Olahraga kardio seperti lari dan bersepeda adalah pilihan yang baik {{untuk}} membantu membakar lemak dengan lebih efisien. Bisa juga dipadukan dengan olahraga aerobik seperti senam zumba {{untuk}} mempercepat metabolisme {{tubuh}} membakar lemak lebih cepat, dan latihan kekuatan sederhana seperti push-up {{untuk}} mengencangkan otot dada yang pada akhirnya penampilan payudara tampak lebih kencang.

Dianjurkan {{untuk}} berolahraga selama 30 menit setidaknya empat kali seminggu.

2. Makan makanan yang sehat

Olahraga tidak akan memberikan hasil pengecilan payudara seperti yang diinginkan apabila tidak dibarengi dengan pengaturan pola makan yang lebih sehat. Mulailah kurangi makanan berlemak dan berminyak, dan ganti dengan makanan bergizi tinggi.

Makanan rendah kalori akan tetapi kaya gizi yang dapat Kamu makan sehari-hari adalah sayur dan buah-buahan segar, kacang dan biji-bijian, dan ikan tinggi asam lemak omega-3 seperti salmon atau tuna, atau daging tanpa lemak seperti dada ayam kukus.

Pola makan sehat dapat membantu Kamu merasa kenyang lebih lama, dan menyingkirkan rasa ngidam ngemil makanan berkalori tinggi yang bisa menambah banyaknya lemak di payudara.

Perlu diperhatikan, sebelum memulai diet apa pun {{untuk}} menurunkan berat badan, Kamu harus konsultasi dengan dokter atau ahli gizi terpercaya demi mendapatkan rekomendasi rencana makan terbaik sesuai kebutuhan.

3. Mengurangi kadar hormon esterogen dalam {{tubuh}}

Estrogen adalah hormon yang memainkan peran penting dalam perkembangan jaringan payudara. Sebagian orang yang mempunyai masalah ketidakseimbangan hormon bisa berisiko mengalami payudara besar.

Contohnya akibat penggunaan alat atau pil KB dalam jangka panjang. Asupan tambahan dari hormon estrogen dan progesteron secara berkelanjutan dapat membuat payudara wanita bertambah besar. Efek samping ini kemungkinan bisa hilang begitu Kamu berhenti minum obat, dan ukuran payudara kembali seperti sedia kala. 

Di samping itu, sejumlah kajia penelitian berasumsi sesungguhnya makanan tertentu dapat membantu mengurangi kadar estrogen berlebih dalam {{tubuh}}. Salah satunya adalah suplemen biji rami yang dilaporkan dapat membantu mengatur kadar estrogen dengan mengurangi ekspresi estrogen di indung telur (ovarium).

Akan tetapi, belum banyak bukti valid menyatakan sesungguhnya mengurangi kadar estrogen dalam {{tubuh}} bisa menjadi cara mengecilkan payudara yang aman. Sebaiknya konsultasi dengan dokter {{untuk}} masalah hormon estrogen dan efeknya pada payudara Kamu.

4. Coba ganti bra

Bra tidak dapat mengubah ukuran payudara secara permanen. Namun memakai bra yang tepat, seperti bra minimizer, dapat membuat payudara Kamu terlihat lebih kecil.

Bra minimizer adalah jenis bra yang dapat membuat bentuk payudara terlihat lebih rata dan lebih tinggi di dada, tidak {{turun}}.

Beberapa bra minimizer juga menawarkan tali bra bra besar yang bisa mengurangi nyeri punggung dan leher. Menemukan bra yang pas untuk ukuran payudara besar dapat membuat Kamu lebih nyaman, percaya diri, dan mengurangi sakit punggung serta leher.

5. Chest binding

Jika Kamu merasa sulit mencari bra minimizer, chest binder mungkin bisa jadi alternatif cara mengecilkan payudara. Cara pakainya mirip seperti bedong bayi, Kamu tinggal lilitkan kain binder mengelilingi payudara Kamu yang pada akhirnya dada tampak lebih rata.

Akan tetapi, ada beberapa efek kesehatan payudara yang harus diwaspadai akibat chest binding. Melilitkan kain ketat di sekeliling dada dapat membuat dada berasa sesak dan menghambat jumlah udara yang masuk ke dalam paru-paru. Risikonya Kamu jadi lebih mudah sesak napas dan pusing.

Selain itu, ada juga risiko nyeri punggung dan perubahan bentuk ruas tulang belakang semakin lama Kamu memakainya. Lilitan yang terlalu kencang dapat mengiritasi kulit.

6. Operasi mengecilkan payudara

Jika berbagai tips di atas tidak memberikan hasil memuaskan, operasi mammaplasty bisa menjadi cara mengecilkan payudara yang paling mampu. Lewat operasi ini, dokter akan membedah payudara Kamu dan mengangkat kelebihan jaringan lemak dan kulit dari payudara.

Cara mengecilkan payudara ini juga dapat Kamu jalani jika Kamu sampai mengalami keluhan kesehatan yg tidak tertahankan, seperti nyeri punggung dan sesak napas. Operasi pengecilan payudara dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri.

Jika Kamu berniat atau sedang mempertimbangkan cara mengecilkan payudara dengan operasi, baiknya konsultasi {{dulu}} dengan dokter bedah plastik bersertifikat.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

ADBLOCK DETECTED