fbpx
Nurtisi Kita

Benarkah Kita Bisa Menurunkan Darah Tinggi Dengan Makanan?

Bukan hanya mengandalkan obat-obatan dari dokter saja, tapi Kamu harus mengendalikan tekanan darah dengan cara mengatur pola makan harian. Ya, apa yang Kamu makan nyatanya memengaruhi naik turunnya tekanan darah. Bahkan ada yang mengatakan sesungguhnya beberapa makanan bisa menurunkan tekanan darah. Lalu, benarkah ada makanan penurun darah tinggi? Apa saja jenisnya?

Advertisement

Diet DASH, diet khusus untuk orang dengan hipertensi

Sebuah kajia penelitian yang dipaparkan dalam American Heart Association’s Joint Hypertension 2018 Scientific Sessions menyatakan sesungguhnya pengaturan pola makan yang tepat, mampu menurunkan kebutuhan obat antihipertensi pada pasien selama 16 ahad. Maka itu, para ahli menganjurkan pasien untuk melakukan diet DASH.  

Advertisement

Diet DASH (The Dietary Approaches to Stop Hypertension) adalah diet khusus untuk membuat pasien membatasi asupan lemak, kolesterol, serta natrium yang menjadi penyebab tingginya tekanan darah.

Prinsip diet DASH cukup mudah, kok, untuk dilakukan. Seperti ini pembagian porsi harian ketika Kamu menjalani diet DASH:

  • Sayuran: 4-5 porsi
  • Buah-buahan: 4-5 porsi
  • Daging tanpa lemak: 2 porsi
  • Susu rendah lemak: 2-3 gelas
  • Kacang-kacangan: 4-5 porsi

Tak hanya diet, makanan penurun darah tinggi ini juga harus dipilih

Diet DASH membuat Kamu membatasi asupan lemak, kolesterol, dan garam. Akan tetapi, supaya makin jauh dari risiko penyakit jantung, Kamu dapat mengandalkan beberapa makanan penurun darah tinggi berikut ini.

1. Sayuran berdaun hijau

benarkah kita bisa menurunkan darah tinggi dengan makanan? Benarkah Kita Bisa Menurunkan Darah Tinggi Dengan Makanan? sayuran hijau 700x467

Sayuran hijau mengandung senyawa nitrat anorganik yang terbukti dapat membantu melemaskan dinding-dinding pembuluh darah yang tegang. Ketika pembuluh darah lebih rileks, maka tekanan darah akan cenderung menurun.

Kandungan nitrat ini juga ada di makanan penurun darah tinggi lainnya, yaitu buah bit merah. Di dalam kajia penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 diketahui sesungguhnya minum jus buah bit merah secara rutin, justru lebih mampu menurunkan tekanan darah dibandingkan dengan minum suplemen nitrat.

Makanan penurun darah tinggi lainnya yang berisikan nitrat anorganik adalah bayam, kol, dan lobak.

2. Buah delima

manfaat buah delima untuk kesehatan benarkah kita bisa menurunkan darah tinggi dengan makanan? Benarkah Kita Bisa Menurunkan Darah Tinggi Dengan Makanan? shutterstock 342738881 700x467

Banyak yang sepakat sesungguhnya buah delima adalah sebuah buah paling sehat dan punya banyak kegunaan. Ya, sebuah khasiatnya adalah membantu turunkan tekanan darah yang melonjak. Riset yang dilaporkan dalam Clinical Nutrition membuktikan sesungguhnya jus delima mampu menurunkan tekanan sistolik darah sampai 21 persen.

Kajia penelitian lain juga menemukan yang serupa. Kajia penelitian yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research menyebutkan sesungguhnya 21 pasien hipertensi yang diberikan jus delima selama dua ahad, mengalami penurunan tekanan darah yang cukup drastis.

Makanan penurun darah tinggi ini memiliki zat polifenol yang bersifat antioksidan. Zat tersebut dibutuhkan {tubuh} untuk menangkal terbentuknya radikal bebas. Pasalnya, radikal bebas terbentuk, sel-sel {tubuh} akan rusak dan mengganggu aliran darah. Jika dibiarkan pembuluh darah akan tersumbat dan akhirnya mengakibatkan tekanan darah naik.

Kandungan polifenol tinggi dapat Kamu temukan di cokelat hitam, minyak zaitun, dan teh kembang sepatu.

3. Gandum {utuh}

makanan sumber gandum utuh untuk sarapan benarkah kita bisa menurunkan darah tinggi dengan makanan? Benarkah Kita Bisa Menurunkan Darah Tinggi Dengan Makanan? shutterstock 653741836 700x467

Pada tahun 2010, kajia penelitian pada American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan sesungguhnya gandum {utuh} bisa menjadi sebuah makanan penurun darah tinggi pada kelompok lansia.

Pasalnya, kelompok lansia yang memasukkan gandum {utuh} ke dalam menu hariannya, memiliki tekanan darah yang lebih normal dan terkendali. Sementara, kajia penelitian lain bahkan menunjukkan sesungguhnya makan gandum {utuh} setiap hari mampu menurunkan tekanan darah sampai 73%.

Meskipun begitu,para ahli belum tahu pasti apa sebab mengapa gandum {utuh} menjadi makanan penurun darah tinggi. Akan tetapi, makanan ini memiliki kandungan serat yang tinggi, yang pada akhirnya dapat menangkal kegemukan.

4. Susu dan yogurt

minum susu saat sahur benarkah kita bisa menurunkan darah tinggi dengan makanan? Benarkah Kita Bisa Menurunkan Darah Tinggi Dengan Makanan? Minum Susu Saat Sahur Bisa Kuat Menjalani Puasa Benarkah 700x467

Siapa bilang orang dengan hipertensi tidak bisa minum susu akibat punya kandungan lemak yang tinggi? Saat ini, sudah banyak produk susu yang sudah dipangkas lemaknya, yang pada akhirnya lebih aman bagi orang hipertensi.

Para ahli sepakat sesungguhnya kandungan kalsium yang terdapat pada susu dan yogurt, menjadikan makanan dan minuman ini manjur kendalikan tekanan darah.

5. Minyak ikan

obat nyeri sendi minyak ikan benarkah kita bisa menurunkan darah tinggi dengan makanan? Benarkah Kita Bisa Menurunkan Darah Tinggi Dengan Makanan? Mengobati dan Mencegah Nyeri Sendi Dengan Minyak Ikan 699x467

Minyak ikan sudah terkenal dengan berbagai khasiatnya. Ya, sebuah khasiat yang digadang-gadang banyak orang adalah mampu menangkal tekanan darah tinggi dan baik bagi kesehatan jantung.

Di dalam jurnal Nutrition, dijelaskan sesungguhnya mengonsumsi minyak ikan dari salmon atau sarden setidaknya 3 kali dalam seminggu, terbukti bantu menurunkan tekanan darah.

Kandungan lemak baik, omega-3, membuat minyak ikan menjadi sebuah pilihan makanan penurun darah tinggi. Kamu bisa menemukan lemak baik tersebut di dalam ikan tuna dan makarel.

Jangan lupa, lebih baik memilih ikan segar ketimbang ikan kalengan yang biasanya memiliki kandungan natrium yang tinggi dan dapat membuat tekanan darah melonjak.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

ADBLOCK DETECTED